Kemampuan Fitur Dinamic Island Milik iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

| 14 Sep 2022 13:02
Kemampuan Fitur Dinamic Island Milik iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max
Ponsel iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max (apple.com)

ERA.id - Dalam acara Apple Event bertajuk “Far Out” yang digelar pada Kamis, 8 September, pukul 00.00 WIB, Apple merilis iPhone 14 Series. Salah satu yang menarik dalam perilisan ini adalah fitur Dynamic Island yang dimiliki iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Apple merilis empat model iPhone 14 Series yang terdiri dari iPhone 14 versi reguler, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Dari keempat model tersebut, desain dua model “pro” dibuat dengan lebih menarik dan segar.

Desain Poni Terbaru iPhone

Fitur Dynamic Island (Apple.com)

Perusahaan berlambang buah cuil ini melakukan perombakan besar pada desain poni (notch) yang ada di layar iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Poni dari kedua model iPhone ini berbentuk oval atau menyerupai pil. Posisinya tampak mengambang pada bagian atas layar.

Poni desain baru dari yang dimiliki iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max disebut Dynamic Island. Secara resmi, Dynamic Island menggantikan desain poni "menempel" yang telah menjadi ciri khas iPhone sejak perilisan iPhone X (2017) hingga iPhone 13 Series (2021).

Fitur Dynamic Island menampung komponen Face ID dan kamera depan TrueDepth 12 MP (f/1.9). Selain itu, Dynamic Island dirancang sebagai poni yang interaktif dan dinamis.

Kemampuan Fitur Dinamic Island iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

Ponsel iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max didukung chip terbaru Apple A16 Bionic dan iOS 16. Dengan sokongan tersebut, Dynamic Island bisa menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background), misalnya musik, timer, peta (maps), perekam audio, dan aplikasi pihak ketiga.

Fitur Dynamic Island saat memutar musik (Apple.com)

Animasi yang ditampilkan menyesuaikan dengan aplikasi yang sedang dibuka. Dengan demikian, bentuk Dynamic Island bisa melebar, bahkan memunculkan animasi "lingkaran" baru di samping poni.

Jadi, ketika pengguna menyalakan musik di latar belakang, animasi gambar sampul musik yang sedang diputar akan terlihat di bagian Dynamic Island. Jika animasi tersebut ditekan lama, pengguna bisa melihat informasi mengenai musik yang sedang diputar, lengkap dengan menu pengaturan musik (next, previous, stop).

Saat ada panggilan masuk, bentuk pil dari fitur Dynamic Island akan meluas, bahkan hampir memenuhi bagian atas layar ponsel. Hal tersebut memungkinkan pengguna mengetahui siapa yang meneleponnya. Di bagian tersebut tampak pula pilihan untuk menerima atau menolak panggilan.

Fitur Dynamic Island juga memungkinkan pengguna melihat informasi navigasi secara langsung saat menggunakan aplikasi peta. Sementara, jika pengguna menggunakan dua aplikasi sekaligus di latar belakang, misalnya memutar musik dan menggunakan timer, Dynamic Island menampilkan animasi pil memanjang untuk musik dan animasi lingkaran untuk timer.

Animasi-animasi tersebut bisa ditekan sehingga pengguna bisa melihat lebih banyak soal aplikasi yang sedang berjalan atau kembali ke aplikasi utama. Fitur Dynamic Island tak hanya bekerja untuk aplikasi bawaan, tetapi juga aplikasi pihak ketiga.

Poni terbaru iPhone ini juga akan menampilkan animasi untuk beberapa pemberitahuan. Beberapa contoh kondisi terkait hal tersebut adalah saat iPhone terhubung ke airpods, ponsel diubah ke mode silent, dan pengecasan, seperti dikutip Era dari laman resmi Apple, Kamis 8 September.

Perlu diketahui, saat ini fitur Dynamic Island hanya tersedia untuk seri iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Kedua model ini juga juga dibekali fitur Always-On Display.

Rekomendasi