Busworld Sea Games 2022 Resmi Dibuka, Pamerkan Bus Listrik yang Terkini dan Inovasi

| 05 Oct 2022 17:50
Busworld Sea Games 2022 Resmi Dibuka, Pamerkan Bus Listrik yang Terkini dan Inovasi
Busworld Sea Games 2022 (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

ERA.id - Pameran bus dunia di Asia Tenggara, Busworld Southeast Asia edisi kedua kembali digelar di JIExpo Jakarta pada tanggal 5-7 Oktober 2023.

Ajang ini memamerkan berbagai bus, salah satunya adalah bus listrik yang terkini dan inovasi.

Beberapa karoseri dan produsen meluncurkan bus listrik dengan konsep ramah lingkungan serta premium.

Para pengunjung Indonesia memiliki kesempatan menyaksikan aneka inovasi, desain, teknologi untuk transportasi bus.

Salah satu merek bus yang ikut serta dalam pameran Busworld Sea Games 2022 adalah Zhongtong. Zhongtong menghadirkan berbagai bus listrik yang pastinya ramah lingkungan.

"Ya, saat ini pemerintah menggunakan zero emisi, green energy, ini salah satunya dengan teknologi bus listrik. Sampai saat ini, bus listrik memang yang kita bawa dengan merek Zhongtong saat ini masih 100 persen di import ke Cina," ujar Triadi, Director PT. Mobil indo Armada Cemerlang saat ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu (5/10/2022).

Busworld Sea Games 2022 (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Busworld Sea Games 2022 (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit) 

Untuk kedepannya, pihak Zhongtong akan melakukan perakitan di Indonesia. Selain itu, kemampuan bus listrik tergantung dari kapasitas baterai yang digunakan.

"Buat kedepannya kami melakukan perakitan di Indonesia. Nah ini ada beberapa model disini, ada yg 6 meter. Di Indonesia setiap kota memiliki kondisi jalan berbeda-beda," jelasnya.

"Kalau kota besar menggunakan 12 meter. Kalau kota kecil yg jalannya enggak lebar itu menggunakan bus lebih kecil. Kemampuan bicara kemampuan bus listrik tergantung baterai yang dipasang," lanjutnya.

Triadi mengatakan kapasitas baterai yang besar berpengaruh terhadap jarak tempuh. Rata-rata bus listrik bisa menempuh 200-300 km.

"Semakin besar baterai dipasang, itu mempengaruhi jarak tempuh. Kedua mempengaruhi lamanya beroperasi. Bus 6 meter menggunakan baterai 105 kwh. kalo besar 12 meter menggunakan 350 kwh. Bisa 3 kali lipat," ungkapnya.

"Selain jumlah penumpangnya lebih besar, waktu tempuh bisa lebih lama. Rata2 bus listrik bisa mencapai 200 - 250 km. Jadi setelah 250 km ada yang 300 km dengan dilakukan pengecasan ulang kembali," lanjutnya.

Rekomendasi