Hal yang Harus Dipahami Para Lelaki dari Motornya, Inilah Penyebab Busi Cepat Mati

| 09 Oct 2022 10:01
Hal yang Harus Dipahami Para Lelaki dari Motornya, Inilah Penyebab Busi Cepat Mati
Ilustrasi motor. (Dok Honda)

ERA.id - Bagi Anda yang hobi dalam bidang otomotif, tentunya sangat memahami bahwa busi merupakan salah satu komponen penting yang ada pada sepeda motor. Tanpa adanya busi, tentu motor tidak akan mampu dihidupkan dan dikendarai. Namun, tahukah Anda, ternyata masih banyak pemilik kendaraan yang lupa memberi perawatan kepada peranti ini.

Ilustrasi Busi Motor (Foto: Wahanahonda.com)

Seperti komponen penting lainnya, busi juga perlu dirawat dan jika perlu diganti dengan barang yang baru jika busi sudah memperlihatkan tanda-tanda kerusakan. Oleh sebab itu, Anda harus terus aktif memperhatikan kondisi busi dan jangan sampai rusak terlalu parah.

Sebab, banyak pemilik sepeda motor yang lalai dan tidak memberi perhatian terhadap peranti busi. Maka, sering kali sepeda motor mati mendadak dan salah satunya diakibatkan oleh busi yang bermasalah.

Hal yang perlu Anda ketahui, ada beberapa faktor yang menjadikan busi sepeda motor Anda menjadi cepat rusak. Mengutip laman Suzuki, berikut adalah beberapa hal yang dapat mengakibatkan kerusakan pada busi.

Kebocoran Kompresi Mesin

Kompresi mesin yang bocor dapat menjadi penyebab dari hilangnya tekanan di silinder ruang pembakaran atau combustion chamber. Salah satu ciri khas jika terjadi kebocoran pada kompresi mesin yaitu busi yang cepat mati.

Oleh karena itu, upayakan Anda rajin mengecek kembali mesin pada sepeda motor Anda. Bisa jadi kerusakan pada mesin juga berefek pada busi motor.

Korsleting pada Jalur Pengapian

Salah satu ciri terdapat korsleting di jalur pengapian yaitu motor tidak meluncur secara maksimal saat digas dengan kecepatan tinggi, atau istilah lainnya ngadat. Selain itu, ketika sedang berkendara, motor juga sering mendadak mati.

Selain mengakibatkan busi cepat mati, korsleting di jalur pengapian juga dapat menyebabkan komponen lain pada motor cepat mati seperti halnya CDI, koil ataupun spul. Untuk memperbaikinya, Anda dapat mengecek jalur pengapian dan meninjau adakah ada kabel yang terbakar karena korsleting. Jika memang benar, Anda dapat membawa motor ke bengkel terdekat.

Setelan Bahan Bakar Tidak Pas

Faktor selanjutnya yang bisa terjadi adalah setelan bahan bakar yang salah, hal ini mengakibatkan hisapan bensin terlalu banyak. Selain sepeda motor menjadi lebih boros, busi juga akan cepat mati sebab terlalu sering disiram dengan bensin.

Untuk memeriksanya, Anda dapat meninjau bagian elektroda pada busi. Jika setelan bahan bakar terlalu boros, selanjutnya bagian atas busi akan terlihat basah oleh bensin.

Anda dapat menanganinya dengan segera melakukan setting ulang setelan bahan bakar motor Anda. Pada umumnya, masalah ini kerap menimpa motor yang masih memanfaatkan sistem karburator.

Pemasangan Busi Kurang Tepat

Pemasangan busi yang kurang tepat ternyata juga dapat mengakibatkan busi motor menjadi cepat rusak. Contohnya busi terlalu longgar, atau posisi busi yang tidak tepat karena jalur baut (jalur ulir) sudah mulai rusak.

Dengan demikian, Anda harus memastikan busi terpasang dengan posisi yang tepat. Karena jika tidak, busi akan menjadi cepat rusak dan memberikan efek buruk pada performa motor Anda.

Nah, demikianlah beberapa faktor penyebab busi cepat mati, dengan adanya pengetahuan mengenai busi motor ini, tentunya Anda akan lebih waspada dan semakin rajin memperhatikan komponen motor Anda. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi