Penyebab Mobil Mogok Tidak Bisa Starter, Cek Bagian Ini!

| 30 Jul 2023 13:06
Penyebab Mobil Mogok Tidak Bisa Starter, Cek Bagian Ini!
Penyebab mobil mogok tidak bisa starter (unsplash)

ERA.id - Mobil mogok dan tidak bisa di-starter adalah situasi yang bisa membuat siapapun merasa frustasi dan khawatir. Lantas apa penyebab mobil mogok tidak bisa starter?

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa penyebab umum mengapa mobil mogok dan tidak bisa distarter. Selain itu, juga akan diberikan beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk mencoba memulai mobil kembali sebelum memutuskan untuk mencari bantuan profesional.

Penyebab Mobil Mogok Tidak Bisa Starter

Ada tujuh langkah yang dapat diambil untuk mengatasi mobil yang tidak bisa distarter, beberapa di antaranya dapat kita lakukan sendiri di rumah.

  1. Periksa kesehatan komponen fuel pump

Cek apakah dinamo starter mobil tidak bisa distarter karena adanya kerusakan pada komponen fuel pump. Fuel pump berperan sebagai pengatur aliran bahan bakar. Jika fuel pump bermasalah, mobil mungkin tidak dapat distarter.

Periksa multi information display atau MID di bagian dashboard mobil untuk melihat informasi terkini tentang fuel pump. Jika ada masalah, bawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk diperiksa lebih lanjut oleh teknisi.

  1. Bersihkan atau ganti busi mobil

Periksa apakah masalah mobil yang tidak bisa distarter terjadi karena busi mobil kotor. Jika iya, bersihkan busi mobil menggunakan kain. Namun, jika busi sudah berkarat, rusak, atau aus, bawa mobil ke bengkel untuk diganti dengan busi mobil baru.

  1. Bersihkan karburator mobil

    Bersihkan karburator mobil (unsplash)

Kotoran, debu, dan noda yang menempel di karburator mobil bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Membersihkan karburator di bengkel mobil adalah cara mengatasinya.

Jangan menunda pembersihan karburator karena fungsi karburator yang terganggu akan menyebabkan mobil tidak dapat di-starter meski lampu menyala.

  1. Periksa kondisi aki mobil

Aki mobil bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Periksa kabel koneksi aki dan pastikan tidak ada kabel yang kendur. Bersihkan kutub aki dari kotoran dan periksa indikator panel instrumen untuk mengetahui apakah aki mobil menyala. Jika tidak, ganti aki mobil dengan yang baru.

  1. Periksa suhu koil secara rutin

Rutin memeriksa suhu koil penting untuk menghindari masalah mobil tidak bisa distarter. Jika suhu koil terlalu tinggi, mesin mobil akan sulit dinyalakan. Apabila mobil bisa distarter tetapi tetap diam, bisa jadi koil mobil rusak dan harus segera diganti.

Dengan mengetahui beberapa langkah di atas, diharapkan para pembaca dapat mencoba mengatasi masalah mobil mogok dan tidak bisa di-starter dengan lebih percaya diri.

Namun, jika masalah tidak dapat diatasi dengan langkah-langkah sederhana tersebut, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel profesional untuk diperiksa lebih lanjut dan menghindari masalah yang lebih serius di masa depan.

Selain penyebab mobil mogok tidak bisa starter, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi