Berbagai Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dan Komputer

| 22 Jan 2023 16:04
Berbagai Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dan Komputer
Ilustrasi perempuan kaget karena tidak sengaja menghapus file di laptop (freepik)

ERA.id - Performa laptop dan komputer bisa meningkat dengan penghapusan file-file yang tidak digunakan. Namun, terkadang ada file penting yang tidak sengaja ikut terhapus. Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dan komputer bisa menjadi jawaban atas masalah tersebut.

Jadi, Anda tak perlu khawatir kehilangan file tertentu karena tidak sengaja terhapus. Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file-file itu. Dikutip Era dari eraspace, berikut adalah berbagai cara untuk melakukannya. 

Beberapa Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

1.    Recycle Bin

Fitur recycle bin pada laptop dan komputer bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan file yang terhapis. File-file yang dihapus tidak langsung lenyap, melainkan tersimpan di recycle bin.

 Ilustrasi recycle bin (freepik)

Meski demikian, Anda perlu segera melakukan pengembalian file tersebut. Ada batas waktu terkait file yang tersimpan di recycle bin, yaitu 30 hari. Setelah itu, file tersebut benar-benar tidak ada di laptop dan komputer. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengembalikan file dari recycle bin.

·         Masuk ke menu recycle bin

·         Cari file-file yang ingin dikembalikan dengan memilih opsi restore

·         File akan kembali ke folder yang menjadi tempat penyimpanan terakhir

2.    Restore Previous Versions

Cara lain yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan restore previous versions. Ini adalah cara alternatif saat file sudah benar-benar terhapus (tidak ada di recycle bin). Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

·         Masuk ke menu Start

·         Klik kanan bagian folder yang menyimpan data terhapus

·         Pilih restore previous versions, kemudian akan masuk ke beberapa pilihan versi

·         Pilih versi berisi file-file yang ingin dikembalikan, lalu klik OK

·         Masuk ke folder untuk menemukan file yang dikembalikan

3.    Command Prompt

Ada banyak fitur yang bisa diakses melalui command prompt, misalnya mengecek kondisi internet dan mengembalikan data yang hilang. Untuk mengembalikan file yang hilang, lakukan langkah-langkah berikut.

·         Masuk ke kolom search, lalu ketik cmd.

·         Setelah muncul opsi command prompt, klik kanan opsi tersebut dan pilih run as administrator.

·         Ketikkan [chkdsk X: /f] (tanpa bracket/tanda kotak) dengan huruf X diganti dengan nama drive pada folder yang ingin dikembalikan. Contoh: jika file ada di drive D, kamu ketikkan chkdsk D: /f.

·         Setelah itu, ketik [ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.*] (tanpa bracket/tanda kotak) dengan mengganti X dengan drive tempat kamu menyimpan data terhapus.

4.    File History

Laptop dengan sistem operasi Windows 10, terdapat fitur file history. Fitur ini memungkinkan Anda melihat file-file, lalu mengembalikannya. Namun, jika ingin melakukannya Anda harus melakukan back up file terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

·         Masuk ke menu settings, pilih opsi update & security dan klik backup. Setelah itu, pilih add a drive.

·         Muncul daftar partisi hard drive eksternal yang digunakan dalam menyimpan backup.

·         Klik partisi atau drive yang bisa dipilih. Jika tidak ada drive untuk dipilih, Anda bisa menggunakan hard disk eksternal.

·         Perlu diingat, Anda perlu melakukan back up file terlebih dahulu sehingga file yang terhapus bisa dikembalikan.

5.    Recuva

Ini merupakan software yang cocok digunakan oleh Anda yang tidak ingin repot mengembalikan file terhapus. Hal yang perlu dilakukan adalah meng-install Recuva, kemudian ikuti arahan untuk mengembalikan file-file terkait, seperti memilih lokasi penyimpanan file terhapus untuk mengembalikannya.

Itulah berbagai cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Meski ada beberapa hal yang bisa dilakukan, Anda tetap perlu berhati-hati dalam memilah file saat pembersihan laptop dan komputer sehingga tidak menyebabkan kerepotan dan kekhawatiran. 

Rekomendasi