Berbagai Cara Mengembalikan Warna Baju yang Luntur secara Mandiri

| 13 Aug 2023 12:02
Berbagai Cara Mengembalikan Warna Baju yang Luntur secara Mandiri
Ilustrasi mengembalikan warna pakaian luntur (pexels)

ERA.id - Anda mungkin sudah mencuci pakaian dengan sangat hati-hati, tetapi kadang warna pakaian masih saja luntur atau pudar. Pakaian yang sering dicuci lebih rentan mengalami pemudaran warna.

Alangkah baik jika Anda melakukan tindakan pencegahan sejak awal agar hal tersebut tidak terjadi. Namun jika terlanjur, Anda bisa mencoba cara mengembalikan warna baju yang luntur. Dikutip Era.id dari Rhythm of the Home, berikut ini beberapa upaya yang bisa dilakukan.

Ilustrasi celana luntur (pexels)

Cara Mengembalikan Warna Baju yang Luntur 

·         Pakai garam 

Garam bisa menghilangkan penumpukan detergen yang memicu pemudaran warna pakaian. Cara melakukannya adalah mencuci pakaian yang pudar menggunakan sekitar 118 mililiter garam yang ditambahkan langsung ke dalam drum.

Garam yang digunakan adalah garam meja standar atau garam halus yang lain. Sebaiknya Anda tidak menggunakan garam kasar sebab tidak bisa larut sepenuhnya.

Garam mampu menghancurkan penumpukan detergen sehingga warna pakaian bisa menjadi lebih cerah. Terkadang, garam juga bisa menghilangkan noda di pakaian. Jika Anda sering mengalami pelunturan warna saat menggunakan deterjen bubuk, cobalah menggantinya dengan deterjen cair karena lebih sedikit meninggalkan residu.  

·         Pakai cuka

Cuka bisa digunakan untuk mengatasi masalah pelunturan warna pakaian akibat penumpukan detergen yang berlebih. Anda cukup menambahkan sekitar 118 mililiter cuka putih ke mesin cuci.

Anda disarankan menambahkan cuka tersebut ke cucian langsung ke drum mesin cuci. Namun, Anda juga bisa menuangkannya ke dispenser untuk pelembut kain. Pakaian yang akan Anda cuci dengan cuka harus dicuci dengan air dingin.

·         Baking soda atau hidrogen peroksida

Baking soda bisa mencerahkan kain putih, tapi tidak untuk pakaian berwarna lain. Jadi, tips ini hanya berlaku bagi pakaian putih. Cara menggunakannya, tambahkan sekitar 118 mililiter baking soda saat Anda mencuci pakaian.

Selain membuat pakaian putih menjadi lebih cerah, baking soda mampu menghilangkan bau tidak sedap pakaian. Cara yang lain adalah menggunakan hidrogen peroksida. Ini bisa mendapatkan pakaian putih yang cerah dengan menambahkan sekitar 236 mililiter hidrogen peroksida ke dalam cucian biasa. Anda bisa menambahkan langsung hidrogen peroksida ke drum mesin cuci atau bersama detergen.

·         Pewarnaan

Jika berbagai cara telah dicoba dan gagal, Anda bisa mengembalikan warna pakaian yang luntur dengan pewarnaan. Pewarnaan direkomendasikan terhadap pakaian yang warnanya memudar karena pemakaian normal.

Ini menjadi solusi yang bagus dan efektif, tetapi hanya bisa diterapkan pada pakaian yang terbuat dari kain yang memang bisa diwarnai. Hasilnya juga bisa bervariasi, tergantung kualitas kain. Contoh kain yang tidak bisa diwarnai dengan baik adalah kain sintetis. Kemudian, pakaian berlabel "Dry Clean Only" tidak bisa

Teknik ini bisa dilakukan pada kain dengan bahan setidaknya sekitar 60 persen serat alami. Jika kain memang bisa diwarnai, pilih pewarna yang punya kecocokan warna yang baik dan berkualitas tinggi. Proses pewarnaan sebaiknya dilakukan di tempat tertentu agar percikan pewarna tidak mengenai kulit atau perabotan lain. Kemudian, baca dan ikuti petunjuk pemakaian pewarna tersebut. 

Rekomendasi