Bagaimana Menyimpan File yang Sedang Dikerjakan? Simak Langkah yang Wajib Diketahui Ini

| 04 Jul 2024 20:05
Bagaimana Menyimpan File yang Sedang Dikerjakan? Simak Langkah yang Wajib Diketahui Ini
Ilustrasi laptop (TechAdvisor)

ERA.id - Hampir semua aktivitas yang berhubungan dengan tulis-menulis ataupun hitung-menghitung kini sudah diselesaikan menggunakan komputer. Bahkan beberapa tugas sekolah ataupun kantor yang penting dikerjakan dengan komputer yang selanjutnya disimpan dalam bentuk file. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana menyimpan file yang sedang dikerjakan.

Terkadang ada situasi atau kondisi yang tidak terduga saat kita mengerjakan tugas di komputer. Misalnya listrik yang mati secara tiba-tiba. Sedangkan ada beberapa program di komputer yang tidak dapat menyimpan secara otomatis sehingga file berisiko hilang. Sementara itu, menyimpan file secara manual dengan mengetuk menu tentunya akan menghabiskan waktu dan kurang praktis. Oleh karena itu, dibutuhkan shortcut sebagai cara untuk menyimpan file yang tengah dikerjakan.

Bagaimana Menyimpan File yang Sedang Dikerjakan?

Menurut laman www.glosarium.org, definisi shortcut dalam TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) yaitu jalan pintas atau sebuah lintasan yang lebih pendek daripada lintasan yang normal menuju aplikasi atau metode operasi tertentu untuk mempercepat proses.

Shortcut yang diberikan oleh Google di laman www.support.google.com dan Microsoft di laman www.support.microsoft.com sebenarnya sama, yaitu menggunakan Ctrl + s. Kotak yang ditekan yaitu yang ada tulisan Ctrl dan huruf s saja. Lambang + tidak perlu Anda tekan.

Shortcut tersebut bisa Anda terapkan untuk banyak metode operasi di komputer atau laptop. Adapun hal yang membedakannya adalah ekstensi dan tujuan atau ruang penyimpanannya saja. Shortcut ini membantu pengguna komputer yang memerlukan fokus dan cepat, sebagai contoh untuk mengetik artikel atau membuat tabel.

Ilustrasi keyboard Qwerty di laptop (foto: dok. Unsplash)

Cara Menyimpan File di Beberapa Program Komputer

Di bawah ini adalah contoh penggunaan shortcut untuk menyimpan file di beberapa program atau metode operasi yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang.

  • Excel: buka lembar kerja, tekan Ctrl + s, selanjutnya akan terbuka kolom Save As untuk memilih tempat penyimpanan. Ekstensi dapat Anda ganti dengan program yang Anda mau.
  • Microsoft Word: buka lembar kerja, tekan Ctrl + s. Untuk Ms Word, seringkali langkah Ctrl + s tidak merespon karena file sudah tersimpan secara otomatis setiap sekian detik (autosave).
  • Laman: buka halaman yang hendak dibaca, tekan Ctrl +, dan selanjutnya akan terbuka kolom Save As untuk menentukan tempat penyimpanan. Ekstensi dapat Anda ganti, tapi semuanya dalam bentuk webpage. Hal tersebut berlaku pula untuk image atau gambar.
  • PowerPoint: buka lembar kerja atau pada lembar kerja yang sedang Anda buka, selanjutnya tekan Ctrl + s. Anda akan mendapati halaman Save As, selanjutnya pilih lokasi file yang akan disimpan. Ketika sudah tersimpan, cukup tekan Ctrl + s dan file akan tersimpan dalam isi yang terbaru.
  • Photoshop: Ctrl + s juga dapat Anda gunakan untuk menyimpan file yang dikerjakan di Adobe Photoshop. Pada lembar kerja, Anda cukup tekan tombol Ctrl + s, maka akan muncul halaman Save As. Tentukan lokasi untuk menyimpan file, pilih juga format file yang akan disimpan misalnya PSD, PNG, JPG. Hampir semua program di komputer dapat menggunakan shortcut Ctrl + s untuk menyimpan file yang sedang Anda garap.

Tidak perlu khawatir, banyak shortcut yang dapat Anda coba di sistem operasi komputer yang akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan digital. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi