Efek Pandemi Berkurang, Zoom PHK Ribuan Karyawan hingga Potong Gaji CEO

| 08 Feb 2023 14:40
Efek Pandemi Berkurang, Zoom PHK Ribuan Karyawan hingga Potong Gaji CEO
Zoom phk karyawan (Unsplash/Chris Montgomery)

ERA.id - Zoom mengumumkan akan memberhentikan sekitar 1.300 karyawan atau 15 persen dari total stafnya. Perusahaan ini bergabung dengan sejumlah raksasa teknologi terbaru yang mengumumkan pemutusan kerja.

Dalam sebuah memo kepada karyawan, CEO Zoom Eric Yuan mengatakan PHK akan bedampak pada setiap bagian organisasi. Yuan juga mengatakan dia dan eksekutif launnya akan melakukan pemotongan gaji yang signifikan. Keputusan ini dibuat setelah dia mengakui telah melakukan kesalahan perhitungan terkait masa depan perusahaan selama pandemi.

"Sebagai CEO dan pendiri Zoom, saya bertanggung jawab atas kesalahan ini dan tindakan yang kami ambil hari ini, dan saya ingin menunjukkan tanggung jawab tidak hanya dalam kata-kata tetapi juga dalam tindakan saya sendiri," kata Eric Yuan, dikutip CNN, Rabu (8/2/2023).

"Untuk itu, saya mengurangi gaji saya untuk tahun fiskal yang akan datang sebesar 98 persen dan melepaskan bonus perusahaan FY23 saya," lanjutnya.

Yuan mengatakan anggota tim kepemimpinan eksekutif akan mengurangi gaji pokok mereka sebesar 20 persen untuk tahun fiskal mendatang. Selain itu para petinggi juga akan kehilangan bonus tahun fiskal 2023 mereka.

Diketahui saham Zoom naik hampir 9 persen pada perdagangan setelah pengumuman tersebut.

Zoom, lebih dari kebanyakan perusahaan menentukan hari-hari awal pandemi karena banyak yang beralih ke platformnya untuk melakukan obrolan melalui video selama penguncian.

Pada pertengahan 2020, Zoom melaporkan pendapatan mereka meroket didukung oleh lonjakan pelanggan bisnis dari banyak perusahaan yang terpaksa beralih bekerja jarak jauh.

Yuan mengatakan perusahaan menambah jumlah satf dengan cepat selama hari-hari awal pandemi lantaran lonjakan permintaan. Bahkan pertumbuhan itu diakui Yuan mencapai tiga kali lipat.

"Dalam 24 bulan, Zoom tumbuh 3x lipat untuk mengelola permintaan ini sekaligus memungkinkan inovasi berkelanjutan," ungkapnya.

Namun setelah pandemi mulai mereda, saham Zoom menurun secara signifikan tahun lalu. Hal ini karena banyak pekerja kantoran yang sudah kembali bekerja tatap muka.

Zoom bukanlah satu-satunya pandemi yang mengalami penurunan tajam. eBay (EBAY) mengatakan dalam pengajuan peraturan bahwa mereka akan memangkas sekitar 500 pekerjaan secara global atau sekitar 4 persen dari karyawannya dalam 24 jam ke depan.

Rekomendasi