Mengenal Crumple Zone pada Mobil, Fitur yang Mengamankan Penumpang saat Tabrakan

| 16 Feb 2023 21:10
Mengenal Crumple Zone pada Mobil, Fitur yang Mengamankan Penumpang saat Tabrakan
Ilustrasi crumple zone mobil (Unsplash/Clark Van Der Beken)

ERA.id - Pemilik mobil perlu memahami istilah crumple zone demi keamanan dan keselamatan saat berkendara. Crumple zone adalah sebuah fitur keamanan yang terpasang dalam mobil. Namun masih banyak pengendara roda empat yang tidak tahu fungsi dan kegunaan dari crumple zone. 

Crumple zone pada mobil merupakan bagian penting yang menunjang keselamatan pengendaranya. Fitur keamanan ini berguna untuk mengurangi risiko fatal yang terjadi saat kecelakaan. Tanpa adanya crumple zone maka kerusakan bodi mobil bisa lebih parah ketika mengalami kecelakaan. 

Seringkali bodi mobil yang mudah ringsek atau remuk saat terkena benturan bukan karena materialnya yang jelek atau murah. Namun kerusakan tersebut memang sengaja diadakan melalui fitur crumple zone untuk menyerap kinetik saat kecelakaan. Seperti apa fungsi dan kerja crumple zone pada mobil?

Apa Itu Crumple Zone?

mengendarai mobil (Freepik/bublikhaus) 

Crumple zone merupakan area pada mobil yang didesain khusus untuk menerima dan menyerap gaya kinetik dari benturan. Crumple zone merupakan fitur keamanan yang berfungsi meredam gaya kinetik akibat benturan dari arah berlawanan. 

Salah satu bagian pada bodi mobil memang dirancang untuk mudah rusak atau disebut area crumple zone. Meski demikian penerapan fitur ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan bagi pengendara. Dengan adanya fitur ini, dampak benturan akibat kecelakaan bisa diminimalisir tingkat keparahannya. 

Fitur crumple zone diterapkan pertama kali tahun 1959 pada mobil Mercedes Benz. Lantaran efektif mengurangi dampak kecelakaan, fitur ini pun digunakan pada mobil-mobil modern. Selain itu, teknologi ini juga dipakai untuk kereta api yang mengakut penumpang. 

Fungsi dan Cara Kerja Crumple Zone

Poros penggerak crumple zone terbuat dari serat karbon dan polimer sehingga dirancang mudah pecah menjadi fragmen serat kecil saat terkena benturan. Crumple zone diterapkan pada bagian mobil yang rawan benturan, yaitu di sasis bagian depan dan belakang mobil. 

Crumple zone atau area benturan ini memang dirancang untuk mudah hancur saat mengalami kecelakaan. Kondisi tersebut berfungsi untuk menyerap energi kinetik dari benturan, sehingga mengurangi dampak yang bisa menimpa pengendara di dalamnya. 

Teknologi ini dibuat berdasarkan teori Isaac Newton. Dalam teori Newton menyebutkan bahwa sebuah benda akan tetap bergerak dengan kecepatan dan arah yang sama kecuali ada kekuatan tidak seimbang yang mengganggunya. 

Crumple zone mampu membuat energi dari benturan menjadi mengalir ke dalam kabin mobil sehingga meminimalisir cedera penumpang. Misalnya saat mobil melaju dalam kecepatan 80km/jam dan mengalami tabrakan secara mendadak. Dengan sistem dari crumple zone, mobil akan berdiri kokoh dan tubuh penumpang tetap bergerak dengan arah dan kecepatan yang sama saat melaju. 

Apabila bagian depan mobil terlalu kuat atau keras, energi dari benturan akan terdorong ke dalam kabin mobil. Kondisi ini justru bisa membahayakan penumpang di dalam mobil sehingga bisa berdampak parah. 

Fitur crumple zone akan membuat negeri benturan menjadi mengecil bahkan habis saat mencapai kabin mobil. Dengan adanya peredaman benturan tersebut, maka penumpang mobil bisa menjadi lebih aman saat terjadi kecelakaan. 

Pada mobil mewah contohnya, posisi crumple zone berada di bagian mounting atau peningkat mesin dan transmisi. Jadi saat terjadi tabrakan, mesin dan transmisi tersebut akan langsung jatuh dan tidak terdorong ke belakang. Dengan demikian, pengemudi bisa terhindar dari risiko terjepit mesin mobil yang merangsek masuk. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu crumple zone dan fungsinya. Crumple zone adalah area di bagian mobil yang dirancang untuk mudah rusak agar bisa mengurangi dampak benturan akibat kecelakaan. Meski teknologi ini bisa meminimalisir risiko kecelakaan terhadap pengemudi, namun bukan berarti penumpang sepenuhnya aman dari tabrakan. Jadi keselamatan penuh tetap menjadi tanggung jawab pengemudi saat berkendara. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi