Mengenal Highway Hypnosis, Kondisi Berbahaya yang Mengintai Pengemudi

| 09 Dec 2023 17:00
Mengenal Highway Hypnosis, Kondisi Berbahaya yang Mengintai Pengemudi
Ilustrasi jalan tol. (Foto: Dok. Antara)

ERA.id - Bagi Anda yang sering menjadi pengemudi pasti pernah mengalami rasa kantuk saat mengemudi. Namun, apakah Anda sudah mengenal highway hypnosis atau hipnotis jalan tol? Jika belum, simak penjelasan di bawah ini.

Kondisi highway hypnosis dapat terjadi pada pengemudi yang menyetir mobil dalam jarak jauh dan kecepatan monoton seperti di jalan tol.

Saat mengalami hal ini, pengemudi akan merasakan sensasi seperti terhipnotis, tidak sadar terhadap sekitarnya, dan berisiko menimbulkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Mengenal Highway Hypnosis

Istilah ini merujuk pada kondisi psikologis saat pengemudi tengah berada dalam pikiran kosong dan hilang konsentrasi saat berkendara. Kondisi ini terjadi pada pengemudi yang berkendara dalam jarak jauh dan monoton seperti di jalan tol.

Pemandangan dan suara mobil yang monoton dapat menjadikan pengemudi merasa seperti terhipnotis dan tidak sadar dengan sekitarnya.

Ilustrasi pengemudi di jalan tol. (Foto: Pixabay)

Bahaya Highway Hypnosis

Hipnosis jalan tol atau highway hypnosis beberapa potensi bahaya yang dapat membahayakan keselamatan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya, antara lain:

Keterlambatan Respons

Dalam kondisi ini, pengemudi tidak mampu merespons situasi lalu lintas dengan cepat dan akurat. Hal ini bisa meningkatkan risiko tabrakan dengan kendaraan lain atau benda yang ada di sekitarnya.

Kehilangan Konsentrasi

Kondisi ini bisa membuat pengemudi kehilangan konsentrasi dan fokus saat berkendara. Selanjutnya, pengemudi tidak dapat merespons situasi lalu lintas dengan cepat dan akurat, sehingga risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas akan lebih meningkat.

Kehilangan Kendali

Seseorang dapat kehilangan kendali atas kendaraannya sebab tidak mampu merespons situasi dengan cepat dan akurat.

Hal ini bisa mengakibatkan kendaraan keluar jalur, menabrak benda atau kendaraan lain, atau mengalami kecelakaan lalu lintas.

Kecelakaan

Highway hypnosis bisa memicu peristiwa kecelakaan lalu lintas yang berisiko membahayakan keselamatan Anda, penumpang, dan pengguna jalan lainnya.

Kematian

Jika kondisi ini tidak dihindari atau tidak diatasi dengan cepat, dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang fatal dan dapat mengancam nyawa pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya.

Bagaimana Cara Mencegah Highway Hypnosis?

Ada beberapa langkah untuk mencegah kondisi highway hypnosis. Langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain:

Berinteraksi dengan penumpang

Saat Anda berkendara dalam jarak jauh, menjalin interaksi dengan penumpang dapat membantu Anda terhindar dari kondisi hipnosis di jalan tol.

Berbicara dan bercanda dengan penumpang bisa membuat pengemudi tetap terjaga dan terfokus pada tugasnya sebagai pengemudi.

Bertukar posisi

Selain istirahat, bertukar posisi dengan penumpang sangat membantu untuk terhindar dari kondisi ini.

Dengan bertukar posisi, Anda dapat beristirahat dan merasakan posisi yang berbeda. Hal ini bisa membantu otak agar fokus kembali dan terhindar dari keadaan pikiran kosong.

Membuka Jendela

Membuka jendela mobil juga dapat membantu meningkatkan oksigen di dalam mobil. Oksigen yang cukup bisa membantu tubuh dan otak untuk tetap terjaga dan dijauhkan dari keadaan pikiran kosong.

Mendengarkan dan Mengganti Musik

Mendengarkan dan kemudian mengganti musik atau menghidupkan radio dengan siaran yang berbeda bisa membantu Anda terhindar dari kondisi ini.

Musik yang berbeda bisa memberikan stimulasi baru pada otak dan membantu mencegah keadaan pikiran kosong.

Memperhatikan Lingkungan Sekitar

Penting bagi pengemudi untuk memperhatikan lingkungan sekitar ketika berkendara dalam jarak jauh dan monoton.

Pengemudi disarankan mengamati pemandangan sekitar, mencari hal-hal menarik untuk diperhatikan, atau memperhatikan kondisi jalan dan kendaraan yang ada di depannya.

Hal ini bisa membantu pengemudi tetap terjaga dan fokus pada tugasnya sebagai pengemudi, dan terhindar dari terjadinya hipnosis selagi Anda mengendarai mobil di jalan tol.

Demikianlah penjelasan tentang highyway hypnosis. Anda disarankan untuk mengikuti cara di atas agar Anda terhindar dari kondisi ini dan tetap terjaga selama perjalanan jarak jauh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi