Daftar Mobil Listrik di IIMS 2023, ESEMKA Hadir dengan Dua Varian

| 20 Feb 2023 16:05
Daftar Mobil Listrik di IIMS 2023, ESEMKA Hadir dengan Dua Varian
Pameran IIMS 2023 (antaranews)

ERA.id - Pameran otomotif nasional Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 masih berlangsung hingga hari ini dan berakhir pada 26 Februari 2023. Dalam acara tersebut, berbagai merek mobil listrik di IIMS 2023 mencuri perhatian.

Seperti diketahui, pemeran otomotif yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat ini lebih banyak diikuti oleh merek kendaraan listrik. Tak hanya kendaraan roda empat, ada pula kendaraan roda dua dan industri pendukung kendaraan listrik yang dipamerkan.

Daftar Mobil Listrik di IIMS 2023

Berbagai merek yang telah ternama di Indonesia memajang beberapa mobil mereka. Toyota membawa mobil listrik murni bZ4X, Mitsubishi membawa MiEV, Hyundai memamerkan Hyundai Ioniq 5. Kemudian, ada pula Indomobil yang membawa koleksi mobil listrik Citroen e-C4 dan BMW yang membawa mobil listrik iX.

Selain itu, Wuling dan DFSK juga memarkan mobil listrik masing-masing. Wuling membawa Air EV, sedangkan DFSK memamerkan Gelora E, EC31, Glory E3, dan Mini EV. Produsen asal Inggris, MG, turut meramaikan pameran tersebut dengan mobil listrik MG4 EV. Sementara, importir umum Prestige membawa Tesla model S, Model 3, Renault Zoe, dan Renault Twizy.

Bima EV dalam IIMS 2023 (antaranews)

Salah satu yang menarik dalam pameran tersebut adalah hadirnya PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen mobil ESEMKA. Mereka membawa kendaraan listrik murni Bima EV. Berikut adalah daftar mobil dalam pameran tersebut.

·         Toyota: bZ4x

·         Mitsubishi: MiEV

·         Hyundai: Ioniq 5

·         Citroen: e-C4 BMW : iX

·         Wuling: Air EV

·         DFSK: Gelora e, EC31, Glory E3, Mini EV

·         MG: MG4 EV

·         Prestige: Tesla Model S, Model 3, Renault Zoe, Renault Twizy

·         ESEMKA: Bima EV

Mobil Esemka di IIMS 2023

PT Solo Manufaktur Kreasi turut memakerkan mobil listrik dalam IIMS 2023. Ini menjadi kali pertama produsen mobil Esemka tersebut tampil di IIMS.

PT Solo Manufaktur Kreasi memperkenalkan prototipe ESEMKA Bima EV. Mobil ini terdiri atas varian van pengangkut barang (cargo van) dan van penumpang (passenger van).

"Prototipe mobil listrik ESEMKA yang dipamerkan di IIMS merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri," ungkap Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, di IIMS, Kamis, dikutip Era dari Antara.

Mobil ESEMKA Bima EV memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Bima EV varian passenger van bisa menampung 11 penumpang, sedangkan Bima EV varian cargo van dilengkapi dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

ESEMKA Bima EV ditenagai motor listrik “Permanent Magnet Synchronous Motor”. Motor ini bisa menghasilkan daya hingga 75 kilowatt dengan torsi maksimal 165 newton meter.

Untuk sumber daya, Bima EV menggunakan baterai listrik Terany Lithium dengan kapasitas 49,1 kWh dan 350,4 V. Beterai ini telah didukung sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) selama 8 jam. Dalam kondisi terisi penuh, baterai tersebut bisa digunakan untuk berkendara sejauh 300 km.

"ESEMKA percaya mobil listrik akan menjadi masa depan bagi industri otomotif di Indonesia salah satunya melalui target penurunan emisi," terang Eddy.

Itulah berbagai merek dan jenis mobil listrik di IIMS 2023. Kendaraan listrik mendominasi pameran tersebut. 

Rekomendasi