Google Keep Adalah Catatan yang Terintegrasi dengan Berbagai Platform, Simak Fitur-fiturnya

| 25 Feb 2023 09:05
Google Keep Adalah Catatan yang Terintegrasi dengan Berbagai Platform, Simak Fitur-fiturnya
Ilustrasi catatan digital (pexels)

ERA.id - Smartphone memungkinkan para pengguna untuk membuat berbagai catatan di ponsel yang mudah dibawa. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah Google Keep.

Google Keep adalah layanan gratis yang diberikan oleh Google untuk memudahkan para penggunaka membuat catatan penting. Tak hanya teks, Google Keep bisa merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan catatan gambar, daftar, bahkan, audio.

Apa Itu Google Keep?

Google Keep merupakan aplikasi atau layanan bawaan Google, seperti halnya Google Docs dan Spreadsheet. Dengan demikian, Google Keep yang dimiliki oleh pengguna yang memiliki akun Google otomatis terintegrasi dengan akun Google yang dimiliki tersebut.

Ilustrasi berbagai layanan yang terhubung dengan Google Keep (pexels)

Akun Google juga memberi akses kepada pengguna ke layanan Google yang lain, seperti Gmail, Kalender, Play Store, Drive, dan sebagainya. Google Keep bisa diakses dengan Android, iPhone, ataupun browser, seperti Chrome atau Mozilla Firefox.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Google Keep bisa digunakan untuk menyimpan berbagai catatan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasadari Era.id berikut ini.

Kemampuan atau Fitur Google Keep

1. Penyimpanan catatan berbagai bentuk file

Dalam menggunakan Google Keep untuk membuat catatan, pengguna bisa menggunakan fitur ketik (teks) seperti cara pada umumnya. Kedua, Google Keep menawarkan fitur gambar yang bisa digunakan untuk membuat catatan menggunakan coretan gambar. Fitur ini cukup menggunakan jari secara langsung, tidak membutuhkan stylus pen.

Ketiga, ada fitur mikrofon untuk membantu pengguna mengetik dengan suara dan bisa digunakan pula untuk menyimpan rekaman audio. Fitur ini terintegrasi dengan Google Assistant.

Keempat adalah fitur catatan dengan gambar. Pengguna bisa menyimpan gambar dari galeri atau mengambil gambar dengan kamera untuk menyimpannya sebagai catatan penting.

2. Terintegrasi dengan akun Google

Google Keep bisa terintegrasi dengan akun Google pengguna yang terpasang di perangkat apa pun. Anda juga bisa membuka penyimpanan tanpa menggunakan perangkat yang telah Anda daftarkan ke Google, yaitu dengan membuat browser dan masuk ke alamat https://keep.google.com/.

Selain itu, pengguna Gmail bisa mengakses Google Keep melalui e-mail. Berbagai fitur ini memudahkan pengguna untuk memanfaatkan Google Keep di mana pun dan kepan pun.

3. Pengingat

Terdapat fitur Reminder atau ‘Pengingat’ yang bisa digunakan untuk membuat catatan yang dinilai penting terkait degan waktu. Jadi, pengguna akan mendapatkan tanda pengiat saat sudah tiba masa catatan tersebut sehingga jadwal tidak akan terlewatkan.

Fitur ini bisa Anda temukan di bagian menu, yaitu sebelah kiri ikon garis vertikal tiga. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan catatan dengan pengingat.

a.    Ketuk ikon “+”

b.    Tulis catatan Anda

c.    Klik ikon “lonceng” pada bagian pojok kanan atas

d.    Atur waktu sesuai keinginan

4. Berbagi catatan

Anda juga bisa melakukan pembagian catatan dengan Google Keep. Selain itu, catatan tersebut bisa langsung diubah oleh pengguna lain. Hal yang bisa dilakukan untuk membagikan catatan di Google Keep adalah menambahkan nama atau alamat e-mail milik pengguna lain.

5. Label

Google Keep juga menyediakan fitur label. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mengklasifikasikan berbagai catatan penting. Dengan demikian, catatan yang diinginkan bisa lebih mudah ditemukan berdasarkan label yang digunakan.

Itulah berbagai kemampuan atau fitur dari Google Keep yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Google Keep hadir untuk lebih memudahkan para pemilik akun Google. 

Rekomendasi