Apa itu Shareware? Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan, Serta Contohnya

| 25 Feb 2023 13:35
Apa itu Shareware? Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan, Serta Contohnya
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Dalam keseharian kita yang semakin serba digital, sebagian besar keperluan kita dapat dibantu dengan internet. Berbicara tentang internet, tentu saja tidak terlepas dari teknologi yang ada. Salah satu teknologi yang kita ketahui adalah perangkat lunak atau yang biasa disebut dengan software. Biasanya, software dapat berupa open source, freeware, adware, dan shareware. Lantas, apa itu shareware? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Shareware?

Shareware merupakan salah satu software atau perangkat lunak atau aplikasi yang dapat dibagikan. Shareware merupakan perangkat lunak yang membagikan aplikasi secara cuma-cuma atau gratis dan biasa digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia.

Ilustrasi (foto: dok. unsplash)

Pada umumnya, software mempunyai masa berlaku, adapun penggunaan yang didapatkan secara gratis memiliki batas. Contohnya, Anda mendapatkan gratis penggunaan selama 30 hari, maka fitur-fitur tertentu tidak dapat diakses atau aplikasi tersebut belum lengkap. Ketika masa trialnya sudah habis, maka biasanya software tersebut akan terkunci sehingga Anda tidak bisa lagi menggunakan software tersebut.

Agar kunci tersebut dapat terbuka lagi, maka kita membutuhkan serial number atau lisensi atau mungkin hak cipta yang berasal dari aplikasi atau software tersebut. Dengan demikian, Anda dapat melakukan pembelian dengan cara resmi di seller aplikasi maupun software tersebut. Terkait harga, shareware ini mempunyai harga yang berbeda dengan fitur-fitur yang menarik. Harganya tergantung pada fungsi yang diberikan.

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Shareware?

Setelah memahami apa itu shareware, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan shareware. Sehingga apabila anda sudah membelinya, tidak akan ada penyesalan. Kelebihan-kelebihan shareware antara lain:

  • Menyediakan sebuah peluang bagi yang hendak mencoba berbagai jenis produk dan menawarkan beberapa pilihan terbaik sesuai dengan keinginan anda.
  • Dapat digunakan oleh siapa saja sehingga boleh didistribusikan.

Namun, selain mempunyai kelebihan, shareware juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  • Jika tidak membeli secara utuh, maka ada beberapa fungsi yang kurang lengkap.
  • Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan shareware secara premium, maka hanya dapat menggunakan dalam beberapa hari saja, bisa dalam waktu seminggu, sepuluh hari, dan sebulan atau 30 hari.

Apa Saja Jenis Aplikasi Shareware?

Ada beberapa jenis aplikasi shareware yang dapat Anda gunakan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Winrar

Aplikasi Winrar yang menjadi salah satu jenis aplikasi shareware dimana Anda dapat menggunakannya pada saat mengkompresi data. Biasanya aplikasi ini menyediakan batasan waktu selama 30 hari untuk masa cobanya. Jika Anda hendak menggunakan aplikasi ini secara berkelanjutan setelah waktu uji coba habis, Anda dapat membeli lisensi pada pengembangannya.

IDM atau Internet Download Manager

IDM adalah salah satu aplikasi berbasis shareware yang menggunakan pembatasan terhadap waktu penggunaan. Aplikasi ini menyediakan masa trialnya selama 30 hari. Setelah batasan waktu yang ditentukan sudah habis, maka Anda diharuskan membeli sebuah lisensi agar dapat menggunakan aplikasi ini kembali.

Norton Antivirus

Norton antivirus adalah sebuah jenis shareware yang memiliki fungsi untuk membersihkan serta menangkal ancaman virus yang ada di komputer Anda. Seperti aplikasi sebelumnya, Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis, dengan batasan waktu tertentu hingga 30 hari. Anda dapat melanjutkan penggunaan aplikasi ini tanpa batasan waktu setelah membeli lisensinya terlebih dahulu.

CyberLink PowerDVD

CyberLink PowerDVD merupakan sebuah shareware yang dapat difungsikan pada proses pembuatan film dalam bentuk format Blu-Ray dan DVD. Anda dapat menggunakan shareware yang satu ini dengan cara gratis hanya pada kondisi waktu tertentu. Jika batasan waktu tertentu sudah habis dan Anda masih ingin memanfaatkan aplikasi ini, Anda juga harus membeli lisensinya.

Microsoft Windows

Microsoft windows merupakan salah satu aplikasi yang berjenis shareware dengan memanfaatkan limit pada waktu dalam pemakaiannya. Pada umumnya, aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan gratis, namun sayangnya penggunaannya diberi batasan waktu selama 60 hari. Jika Anda hendak menggunakan aplikasi ini tanpa batasan waktu, maka Anda harus membeli sebuah lisensi Microsoft dan di-instal pada komputer Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu shareware, pada intinya, jika Anda ingin melanjutkan pemakaian semua jenis shareware di atas, Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu. Semoga ulasan ini membantu.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi