Aplikasi untuk Cek Kualitas Udara di Smartphone yang Harus Diinstal

| 16 Aug 2023 17:05
Aplikasi untuk Cek Kualitas Udara di Smartphone yang Harus Diinstal
Aplikasi untuk cek kualitas udara (unsplash)

ERA.id - Kini kesadaran akan kualitas udara yang kita hirup menjadi semakin penting. Untuk membantu mengakomodasi kebutuhan ini, teknologi telah membawa kemudahan kepada kita salah satunya melalui aplikasi untuk cek kualitas udara yang akan dibahas dalam artikel ini.

Mari kita telusuri bersama beberapa aplikasi yang secara efektif membantu kita mengawasi kualitas udara, sehingga kita dapat mengambil tindakan yang sesuai untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi diri kita sendiri dan masyarakat di sekitar.

Aplikasi untuk Cek Kualitas Udara

  1. IQAir AirVisual

Aplikasi ini menawarkan pemeriksaan kualitas udara dengan jangkauan luas, mencakup lebih dari 10 ribu lokasi dari berbagai stasiun pemantauan pemerintah dan sensor tervalidasi yang dimiliki oleh AirVisual.

Memiliki cakupan global yang meliputi banyak negara seperti Cina, India, AS, Kanada, dan sejumlah besar negara lainnya, aplikasi ini menjadi salah satu yang memiliki jaringan sensor polusi udara terluas.

Fitur-fitur yang tersedia di IQAir AirVisual mencakup informasi historis, real-time, dan prakiraan kualitas udara, termasuk peta polusi dunia dalam dimensi 2D dan 3D. Aplikasi ini juga memberikan rekomendasi kesehatan, data cuaca, pemantauan kualitas udara dalam ruangan, serta informasi mengenai polutan utama.

Dengan IQAir AirVisual, pengguna dapat lebih bijaksana dalam menjaga kesehatan dan berbagi informasi kualitas udara dengan masyarakat.

  1. Air Quality

    Air Quality memberikan tips kesehatan khusus (unsplash)

Aplikasi memungkinkan para pengguna dapat memperoleh informasi kualitas udara yang jelas dan dapat diandalkan. Aplikasi ini menyajikan data waktu nyata tentang indeks kualitas udara (AQI), serta tingkat PM2.5, PM10, NO2, CO, SO2, dan O3.

Keuntungan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk membagikan informasi kualitas udara saat ini melalui berbagai platform media sosial. Fitur yang dapat diandalkan tersebut hadir tanpa gangguan iklan dan menjadikannya pilihan ideal bagi pengguna yang ingin terinformasi dengan cepat dan akurat mengenai kondisi udara di sekitar mereka. Aplikasi ini juga memberikan tips kesehatan khusus untuk kelompok yang lebih rentan terhadap dampak polusi udara.

  1. Aplikasi Nafas

Nafas dirancang oleh mantan Chief Marketing Officer Gojek, Piotr Jakubowski, bersama Nathan Roestandy, bertujuan memberikan informasi tentang tingkat polusi udara di lokasi pengguna.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menerima notifikasi ketika kualitas udara di sekitarnya memburuk. Namun, fitur yang lebih penting adalah kemampuan aplikasi Nafas memberikan saran praktis tentang langkah-langkah yang harus diambil oleh pengguna guna menghindari paparan polusi, yang pada gilirannya dapat menjaga kesehatan mereka.

  1. UdaraKita

Aplikasi ini dikembangkan oleh Greenpeace Indonesia dan menjadi sarana untuk memantau dan mengantisipasi ancaman polusi udara di sekitar pengguna. Namun lokasi pemantauan utama saat ini hanya mencakup wilayah seperti Jakarta beserta sekitarnya, Bandung, Semarang, Bali, dan Pekanbaru.

Menariknya kini Greenpeace sedang merencanakan ekspansi ke kota-kota lain. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mendapatkan pemahaman tentang kualitas udara saat ini serta mendapatkan panduan tentang tindakan yang sebaiknya diambil dalam menghadapi situasi polusi.

Sebagai tambahan, aplikasi ini juga memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melaporkan kualitas udara di sekitar mereka melalui fitur pengaduan yang disediakan.

Selain aplikasi untuk cek kualitas udara, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi