Aplikasi Cek Kir Mobil dan Cara Menggunakannya

| 04 Nov 2023 06:00
Aplikasi Cek Kir Mobil dan Cara Menggunakannya
Ilustrasi uji kir mobil (antaranews)

ERA.id - Uji kir mobil adalah salah satu hal yang penting dilakukan demi keselamatan. Uji kir merupakan prosedur pemeriksaan kelayakan kendaraan untuk beroperasi di jalan raya, baik hal kondisi teknis maupun keselamatan.

Seiring berkembangnya teknologi, kini hadir aplikasi cek kir mobil sehingga pemilik tak perlu ribet untuk melakukan persiapan sebelum uji kir.

Mengenal Apa Itu Uji Kir

Sebagian dari Anda mungkin masih bingung soal apa itu kir. “Kir” bukanlah singkatan, melainkan kata yang terbentuk dari kata dalam bahasa Belanda, keur. Berdasarkan KBBI, “kir” merupakan kata cakapan yang memiliki makna pemeriksaan (misalnya pemeriksaan kesehatan atau pemeriksaan kendaraan).

Kir mobil merupakan pengujian kelayakan mobil yang diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Peraturan dari Kementerian Perhubungan tahun 2009, No. 22). Kir mobil dilakukan untuk mengetahui apakah mobil terkait layak dikendarai di jalan, aman, dan memenuhi syarat atau belum.

Biasanya, uji kir mobil dilakukan satu kali dalam enam bulan. Biasanya ada beberapa tahapan tes yang dilakukan, antara lain sebagai berikut.

  • Tahap pra uji
  • Smoke tester
  • Play detector
  • Headlight tester
  • Side slip tester
  • Axle road
  • Brake tester
  • Speedometer tester.
Proses uji kir mobil di Purbalingga (situs resmi Kab. Purbalingga)

Aplikasi Cek Kir Mobil

  • Aplikasi e-KIR DLLAJ

E-KIR DLLAJ adalah aplikasi yang disediakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) dan punya berbagai nama tergantung wilayah domisilu pengguna. Pengguna di wilayah Jakarta bisa menggunakan aplikasi e-KIR Jakarta, sementara wilayah lain seperti DI Yogyakarta, Surabaya, dan lainnya punya nama aplikasi yang sesuai wilayah tersebut.

  • Aplikasi SIKIR Online

Ini adalah aplikasi kir mobil yang bisa digunakan oleh semua pemilik kendaraan dari berbagai wilayah di Indonesia. Nantinya, pengguna cukup memilih wilayah domisili saat melakukan pengecekan dengan mengisi provinsi tujuan dan PKB tujuan pada formulir pendaftaran aplikasi.

Aplikasi ini memudahkan pengguna memantau status uji kir mereka, mendakatkan informasi tentang lokasi pengujian, dan melihat hasil uji kir.

Cara Mendaftar Aplikasi Cek Uji Kir

1.    Unduh Aplikasi

Buka platform pengunduhan aplikasi di smartphone, misalnya Play Store. Cari aplikasi cek uji kir yang diinginkan, mislanya e-KIR Jakarta untuk pengguna wilayah Jakarta. Lalu, unduh aplikasi tersebut.

2.    Install Aplikasi

Jika aplikasi telah selesai diunduh, lanjutkan dengan proses penginstalan di smartphone Anda.

3.    Registrasi

Jika sudah terpasang, buka aplikasi dan lakukan registrasi. Masukkan data diri Anda ke kolom-kolom yang diminta oleh aplikasi, misalnya nama, tempat/tanggal lahir, nomor identitas diri, nomor telepon, dan e-mail aktif.

4.    Verifikasi

Jika sudah, tunggu pihak Dishub melakukan verifikasi terhadap registrasi Anda. Hal ini mungkin butuh waktu yang tidak sebentar.

5.    Kunjungi Lokasi Uji Kir

Setelah registrasi Anda diverifikasi, Dishub akan memberikan informasi lokasi pengujian uji kir melalui aplikasi tersebut.

6.    Proses Uji Kir

Bawa mobil ke lokasi pengujian sesuai alamat yang dikirimkan ke aplikasi Anda. Ikuti prosedur uji sampai akhir. Hasil uji kir bisa dilihat melalui aplikasi setelah proses uji selesai.

Itulah beberapa informasi terkait aplikasi cek kir mobil yang bisa Anda gunakan. Untuk mendatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi