Motor Honda yang Pakai Rangka eSAF, Simak Daftarnya di Sini

| 22 Aug 2023 22:05
Motor Honda yang Pakai Rangka eSAF, Simak Daftarnya di Sini
Honda BeAT 2023 dengan tampilan warna kuning terbaru. (Dok. Paultan)

ERA.id - Akhir-akhir ini, diketahui Honda menjadi sorotan karena adanya peristiwa rangka motor yang patah di jalan. Diduga, rangka motor ini sangat mudah karatan, keropos, sehingga berpotensi patah kapan pun. Lantas apa saja jenis motor Honda yang pakai rangka eSAF? Simak penjelasannya di bawah ini.

Peristiwa patahnya rangka motor di jalan tersebut, menimbulkan dugaan bahwa Honda menggunakan rangka eSAF yang ternyata produknya lebih rapuh.

Honda menggunakan rangka baru yakni eSAF khusus motor-motor skuter matik (skutik). Penerapan rangka eSAF pertama kali dilakukan oleh Honda pada motor Honda Genio keluaran tahun 2019.

Honda menggunakan rangka eSAF pertama kali di Indonesia dengan tujuan untuk menyesuaikan pasar dan kebutuhan.

New Honda Vario 160 Grande Matte Black. (Dok. AHM)

Motor Honda yang Pakai Rangka eSAF

Honda sendiri tercatat sudah mengeluarkan empat model motor yang mengimplementasikan rangka eSAF. Keempat motor tersebut antara lain Honda Genio, Honda Scoopy, Honda Beat, dan Honda Vario 160.

Jika motor umumnya menggunakan pipa besi, berbeda dengan pembuatan rangka eSAF yang memanfaatkan lembaran pelat baja yang di-press dan juga dilas.

Proses pengelasan pelat baja juga berbeda, jika umumnya di-press, rangka eSAF digabungkan dengan alat las laser yang disebut mampu meminimalisir deformasi.

Rangka eSAF merupakan singkatan dari "Enhanced Smart Architecture Frame," yang menjadi konsep rangka yang dikembangkan oleh Honda untuk sepeda motor.

Konsep ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 2021 oleh Honda sebagai bagian dari upaya mereka untuk meningkatkan keamanan, performa, dan kenyamanan bagi setiap pengendara.

Rangka eSAF memanfaatkan pendekatan desain yang canggih dan berbasis teknologi untuk meningkatkan kekuatan, stabilitas, dan respons sepeda motor.

Tujuan dari penggunaan rangka eSAF sendiri yaitu untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan memaksimalkan distribusi berat, meningkatkan torsi torsi dan kekakuan, serta mengurangi getaran dan goncangan selama berkendara.

Honda sendiri sudah menerapkan konsep rangka eSAF pada beberapa model sepeda motornya, dengan harapan konsep ini akan membantu meningkatkan daya tarik dan daya saing produk mereka di pasaran.

Tanggapan AHM Terkait Rangka Motor Patah

Direktur Pemasaran PT AHM Octavianus Dwi Putro menyebutkan keluhan soal rangka motor Honda yang keropos hingga patah harus dipandang dari kasus demi kasus. Sebab, menurut Octa, tidak semua konsumen Honda mengajukan keluhan atau komplain yang sama.

"Kita melihatnya mesti case by case ya. Itu case-nya dilaporkan saja, nanti kita akan dalamin lebih lanjut. Karena sejauh ini tidak ada keluhan yang berarti mengenai hal itu dari konsumen-konsumen yang lain. Jadi mungkin mesti dilihat case by case-nya," kata Octavianus.

Menurut Octa, beberapa kasus harus diinvestigasi lebih lanjut. Apakah kasus rangka patah tersebut berhubungan dengan pemakaian, atau karena dekat pantai, menjadi salah satu variabel yang perlu ditelusuri.

Sebab, lanjut Octavianus, terkadang motor yang dioperasikan di daerah pesisir memiliki risiko korosif yang lebih besar. Alhasil, terdapat kemungkinan besi-besinya akan mengalami pengeroposan lebih cepat.

Demikianlah ulasan tentang motor honda yang pakai rangka esaf, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi