Cara Buat Channel WhatsApp Seperti di Telegram dengan Mudah

| 29 Sep 2023 07:05
Cara Buat Channel WhatsApp Seperti di Telegram dengan Mudah
Cara buat channel whatsapp (unsplash)

ERA.id - Membuat saluran WhatsApp (WA) menjadi cara efisien dan efektif untuk berkomunikasi dengan sekelompok orang atau audiens Anda. Penasaran, simak cara buat channel Whatsapp berikut.

Namun, sebelum Anda dapat memanfaatkannya, Anda perlu tahu bagaimana membuat saluran WhatsApp dengan benar. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah sederhana untuk membuat saluran WhatsApp dan berbagi tips tentang cara mengelolanya dengan baik.

Cara menggunakan fitur Channel di WhatsApp menarik untuk diperhatikan. Pasalnya, WhatsApp baru-baru ini memperkenalkan fitur Saluran atau Channel.

Seperti namanya, Channel adalah sarana satu arah untuk berbagi dan menerima informasi dari individu tertentu seperti influencer atau tokoh publik serta organisasi secara langsung di dalam WhatsApp.

Apapun jenis kontennya yang dapat dikirim, mulai dari teks, foto, video, stiker, hingga polling.

Kemudian, Anda dapat memilih Channel yang ingin diikuti berdasarkan direktori yang telah disediakan. Ini mencakup berbagai topik, seperti hobi, tim olahraga, dan banyak lainnya.

Channel adalah sarana satu arah untuk berbagi dan menerima informasi dari individu tertentu (unsplash)

Cara Buat Channel Whatsapp

Dilansir dari laman FAQ WhatsApp, sebenarnya channels WA sudah mulai diluncurkan sejak lama, tetapi belum tersedia untuk semua  pengguna. Untuk itu pihak penyedia meminta Anda untuk bergabung dalam daftar tunggu untuk mendapatkan notifikasi ketika WhatsApp Channels tersedia.

Anda juga dapat mengakses Channels melalui aplikasi WhatsApp Business, dan pastikan akun WhatsApp Anda diperbarui ke versi terbaru.

Kemudian untuk menambahkan keamanan pada saluran Anda, aktifkan verifikasi dua langkah untuk akun WhatsApp yang membuat saluran dan untuk akun admin lainnya. Berikut beberapa langkahnya:

●        Buka WhatsApp Web, dan buka Channels dengan mengklik ikon Channels.

●        Klik > Buat saluran.

●        Klik Lanjut dan ikuti panduan yang muncul di layar.

●        Tambahkan nama saluran untuk menyelesaikan pembuatan saluran Anda (Namun jangan khawatir, Anda dapat memilih untuk mengubah nama tersebut kapan saja).

●        Sesuaikan saluran Anda: Anda dapat memilih untuk menyesuaikan saluran Anda  dengan menambahkan deskripsi dan ikon, atau tunggu sampai proses selesai.

●        Tambahkan deskripsi saluran: Tuliskan beberapa kata untuk membantu calon pengikut memahami saluran Anda berisi tentang apa saja.

●        Tambahkan ikon saluran: Tambahkan gambar dari ponsel Anda atau dari Google yang sesuai dengan channel Anda.

●        Klik Buat saluran, dan selamat Anda memiliki channel baru!

Sekarang ketika Anda sudah siap dengan channel baru Anda, langkah berikutnya adalah pelajari cara berbagi pembaruan. Anda juga dapat menemukan dan berbagi tautan ke saluran Anda dari halaman info saluran. Untuk mencapai halaman info saluran Anda berikut beberapa caranya:

●        Buka Channels dengan mengklik ikon Channels.

●        Klik saluran Anda, lalu nama saluran Anda.

●        Klik Salin tautan.

Kemudian untuk mendapatkan bantuan dengan saluran Anda, hubungi dukungan melalui: Pengaturan WhatsApp > Bantuan > Hubungi kami.

Selain cara buat channel whatsapp, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : tips whatsapp
Rekomendasi