Menghasilkan Potret Terbaik, 5 Cara Memaksimalkan Kamera Smartphone di Pencahayaan Ekstrem

| 29 Sep 2023 20:35
Menghasilkan Potret Terbaik, 5 Cara Memaksimalkan Kamera Smartphone di Pencahayaan Ekstrem
Ilustrasi memotret (Foto: Pexels/Kaique Rocha)

ERA.id - Masalah pencahayaan dalam pengambilan foto maupun video masih sering kali menjadi kendala dalam mengabadikan momen berharga. Pada berbagai situasi seperti pada festival musik malam hari, pameran instalasi seni di museum, lampu-lampu indah di malam hari, atau rooftop café, cenderung memiliki pencahayaan yang sulit dan kompleks. 

Hasil foto potret terkadang terlihat kurang alami atau terlalu gelap. Kesulitan ini dijawab oleh vivo melalui generasi terbaru dari V Series, yaitu vivo V29, yang hadir untuk menjadi game-changer dunia fotografi smartphone terutama pengambilan portrait pada kondisi pencahayaan ekstrem

Dengan menyematkan teknologi Aura Light Portrait with Smart Lighting Control pada kamera vivo V29, vivo memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengatur pencahayaan pada subjek yang ingin diabadikan, dan menghasilkan potret terbaik di mana pun dan kapan pun. 

Simak tips di bawah ini yang dapat diaplikasikan untuk memaksimalkan penggunaan vivo V29 untuk menghasilkan ultimate portraits:

1. Hindari Penggunaan Flash dan Pencahayaan Berlebih

Menggunakan flash ketika mengambil gambar maupun video pada pencahayaan ekstrem seringkali menghasilkan foto dengan level keterangan yang tidak merata. 

Hasilnya pun cenderung menunjukkan potret wajah yang kurang alami seperti terlalu putih, terlalu pucat, atau terkadang mata menjadi menyala. 

Tak perlu khawatir, dengan mengandalkan fitur canggih vivo V29 seperti Aura Light Portrait with Smart Lighting Control, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan pencahayaan pada objek dan pencahayaan sekitarnya untuk menghasilkan foto maupun video yang terlihat lebih terang dan natural layaknya sebuah studio.

2. Pahami Cara Penggunaan Aura Light Portrait with Smart Lighting Control 

Penyesuaian pencahayaan oleh fitur Aura Light Portrait with Smart Lighting Control  diproses dengan cara menyeimbangkan kontras antara warna yang hangat (kemerahan) dengan warna yang dingin (kebiruan). Fitur ini dapat diatur dalam mode otomatis sehingga fokus pencahayaan subjek dapat lebih mudah dilakukan ketika pengguna mengambil portrait di berbagai kondisi cahaya. Tak perlu diragukan, fitur ini didesain untuk menjadi perancang pencahayaan pribadi khusus untuk kamu.

3. Maksimalkan Aura Light Portrait Sesuai Keinginan

Tidak hanya secara otomatis, fitur Aura Light Portrait juga dapat berfungsi secara manual sesuai dengan kebutuhanmu ketika ingin mengambil gambar dan menyesuaikan pencahayaan subjek menjadi lebih natural. 

Kamu hanya perlu menggeser spektrum warna Aura Light sesuai yang diinginkan dan mengarahkan kamera pada objek-objek foto yang berada di lingkungan pencahayaan ekstrem seperti pada pencahayaan yang mayoritas merah maupun biru.

Dengan mengatur fitur ini ke dalam mode manual, pencahayaan yang dihasilkan dapat menjadi lebih halus sehingga menghasilkan efek yang mampu memaksimalkan keindahan kontur kulit dan menyamarkan ketidaksempurnaan objek foto secara natural.

4. Ambil Lebih Banyak Foto dari Berbagai Angle 

Untuk meningkatkan peluang mendapatkan ultimate portraits yang sempurna dalam kondisi pencahayaan yang kompleks, sebaiknya Anda mengambil lebih banyak foto sebagai opsi pilihan. Anda dapat mengeksplor beberapa angle baru sehingga hasil foto potret juga semakin beragam. 

Ketika menghadapi gerakan subjek yang tidak terduga, kamu juga dapat mencoba mengambil beberapa foto dari adegan yang sama secara cepat berturut-turut. 

Untuk memberikan kemudahan dalam menyimpan dan mengumpulkan lebih banyak foto, vivo V29 sudah memiliki opsi memori penyimpanan yang besar yaitu 12GB + 8GB Extended RAM dengan 512GB ROM. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir melewatkan berbagai momen berharga dan dapat mengabadikannya dalam foto dengan kualitas terbaik.

5. Hasilkan Kreasi Konten Terbaik di Situasi Apa pun

Tidak hanya foto portrait, Anda juga dapat berkreasi membuat konten food photography yang kian populer di situasi apa pun. Untuk pertama kalinya, vivo menghadirkan fitur Food Mode untuk memudahkan kamu menangkap jepretan makanan dengan hasil yang memukau dan semakin menggugah selera. 

Momen spesial di bawah pencahayaan ekstrem juga bisa diabadikan dengan kreasi video untuk mengabadikan momen agar lebih hidup. Stabilitas menjadi salah satu kunci dalam pengambilan video. 

vivo V29 telah didukung oleh Ultra Stable Video, sehingga perekaman konten akan tetap menghasilkan video yang stabil dan minim guncangan, meskipun dengan mobilitas gerakan yang tinggi. Kedua fitur ini membantu Anda menghasilkan kreasi konten yang mudah, lebih hidup, dan mendetail hanya dalam satu genggaman.

Rekomendasi