HP dengan Radiasi Tertinggi, Ini Daftarnya

| 16 Apr 2024 23:02
HP dengan Radiasi Tertinggi, Ini Daftarnya
Ilustrasi (foto: Mateusz Tworuszka / Unsplash)

ERA.id - Berbicara mengenai HP dengan radiasi tertinggi tentunya kita juga akan menyinggung specific absorption rate (SAR). Hal ini merupakan ukuran laju di mana energi diserap oleh tubuh manusia saat terpapar frekuensi radio elektromagnetik. Selain didapat dari HP, SAR juga bisa berasal dari MRI scanner ataupun USG.

Pengukuran SAR dalam handphone dilakukan dengan cara meletakkan telepon di kepala manusia seperti dalam posisi menelepon. Selanjutnya, nilai SAR diukur di lokasi yang mempunyai tingkat penyerapan tinggi di kepala. Pada umumnya, batas SAR dalam handphone yaitu 2W/kg, adapun Federal Communications Commission (FCC) mensyaratkan SAR berada di bawah 1,6W/kg. Lantas apa saja jenis HP dengan radiasi tertinggi? Simak daftarnya di bawah ini. 

Ilustrasi (Pixabay)

HP dengan radiasi tertinggi

Anda tentunya dapat mempertimbangkan lagi beberapa daftar hp dengan radiasi tertinggi di bawah ini. Pasalnya, jenis-jenis HP di bawah ini dapat mengganggu kesehatan dalam jangka waktu lama.

Xiaomi Mi Mix 3

Dilansir dari laman Statista, beberapa smartphone Xiaomi termasuk HP dengan radiasi tertinggi. Salah satunya yaitu Xiaomi Mi Mix 3 dengan kadar SAR 1,45 W/kg. Padahal, handphone ini mempunyai fitur yang unggul, misalnya RAM 10 GB, konektivitas yang mendukung hingga 5G, desain slide, dan menyediakan 4 kamera (dua di belakang dan dua di depan).

HTC U12 Life

Selanjutnya, ada HTC U12 Life dengan kadar SAR 1,48 W/kg. Dalam list yang dirilis Statista, hanya terdapat dua handphone HTC yang tercatat di daftar. Padahal, HTC U12 Life ini diperkuat dengan memori internal dengan kapasitas 64 GB, 4 GB RAM, dan dual kamera 16 MP (belakang) dan 5 MP (depan). Jika ini smartphone Anda, sebaiknya berhati-hati.

OnePlus 6T

Ponsel ini populer dengan OS Android Pie 9.1 dan layar Corning Gorilla Glass 6, tetapi jenis ponsel ini juga tak luput dari persoalan radiasi. Laman Statista menjelaskan bahwa OnePlus 6T ini mempunyai kadar SAR hingga 1,55 W/kg. Nah, yang cukup menjadi perhatian yaitu ada empat seri handphone OnePlus dalam daftar yang mempunyai tingkat radiasi tinggi.

Xiaomi Mi Max 3

Daftar handphone dengan tingkat radiasi tertinggi berikutnya yaitu Xiaomi Mi Max 3. Tercatat, kadar SAR dalam Xiaomi Mi Max 3 ini adalah 1,58 W/kg. Padahal, smartphone ini sangat dikenal tangguh untuk gaming. Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya pun cukup mengagumkan, dengan diperkuat Android 8.1 (Oreo), 128 GB memori internal dan RAM hingga 6 GB.

OnePlus 5T

Dengan SAR 1,68 W/kg, OnePlus 5T ini jelas menduduki level lebih dari di ambang batas yang direkomendasikan oleh Federal Communications Commission (FCC). Masih dari laman Statista, disebutkan bahwa OnePlus 5T ini berada di peringkat dua handphone dengan radiasi yang paling tinggi. Anda dapat mempertimbangkan baik-baik jika ingin memiliki smartphone ini.

Xiaomi Mi A1

Urutan pertama smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi adalah Xiaomi Mi A1. Handphone ini mempunyai kadar SAR 1,75 W/kg, jauh lebih tinggi dari yang dianjurkan yaitu 1,6 W/kg. Dengan kadar radiasi yang tinggi, jenis ponsel ini dikhawatirkan akan memengaruhi kesehatan dan keamanan penggunanya.

Demikianlah daftar HP radiasi paling tinggi yang sebaiknya Anda jauhi. Sebab, seperti yang Anda ketahui, HP dengan radiasi tinggi berisiko memicu sakit kepala hingga tumor. Namun, jika Anda sudah telanjur menggunakan HP ini, sebaiknya kurangi penggunaannya dan jauhkan jangkauannnya saat Anda sedang tidur.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi