Usai Tuai Kritik Pedas, Apple Minta Maaf Soal Kontroversi Iklan iPad Pro

| 10 May 2024 14:00
Usai Tuai Kritik Pedas, Apple Minta Maaf Soal Kontroversi Iklan iPad Pro
Apple minta maaf iklan ipad pro (YouTube/Apple)

ERA.id - Apple menyampaikan permohonan maaf atas iklan iPad Pro terbaru yang menuai kritik publik. Iklan itu dinilai menyimpang dari nilai historis perusahaan.

“Tujuan kami adalah untuk selalu merayakan berbagai cara pengguna mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami melewatkan sasaran dengan video ini, dan kami minta maaf,” kata pembuat iPhone Ad Age, dikutip Reuters, Jumat (10/5/2024).

Iklan berjudul "Crush" ditonton lebih dari satu juta kali di saluran YouTube Apple dan dibagikan oleh CEO Tim Cook di platform media sosial X. Iklan tersebut menunjukkan berbagai alat dan objek kreatif seperti kamera, gitar, piano, dan cat dihancurkan oleh penghancur industri.

Kemudian penghancur tersebut memperlihatkan iPad yang baru diluncurkan, melambangkan seberapa besar cakupan model baru yang lebih tipis.

Iklan itu pun menuai kritik pedas di media sosial, yang dinilai tidak sensitif dan merupakan penyimpangan yang tidak diinginkan dari posisi historis merek perusahaan tersebut sebagai merek yang tidak konformis, ramah terhadap manusia, dan merupakan penangkal dunia distopia dan tidak berwarna.

Dalam sebuah postingan di X, aktor Hugh Grant mengatakan iklan tersebut menunjukkan “penghancuran pengalaman manusia akibat Silicon Valley.”

Raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino-California ini meluncurkan tablet tersebut pada hari Selasa dengan chip baru untuk komputasi kecerdasan buatan (AI) saat perusahaan tersebut berupaya mengejar pesaingnya di bidang Teknologi Besar dalam perlombaan untuk mendominasi teknologi yang sedang berkembang.

Apple mengatakan iPad Pro, yang mulai tersedia untuk dipesan pada hari Selasa, telah meningkatkan tampilan dan merupakan “produk Apple tertipis yang pernah ada.”

Tags :
Rekomendasi