Keunggulan Mesin Turbo dan Cara Kerjanya Menghasilkan Tenaga Besar

| 30 May 2024 12:04
Keunggulan Mesin Turbo dan Cara Kerjanya Menghasilkan Tenaga Besar
Ilustrasi mesin turbo (Freepik)

ERA.id - Teknologi mesin turbo sebenarnya bukan hal baru di dunia otomotif. Dengan kapasitas mesin kecil, mesin turbo digadang-gadang dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat. Selain itu, salah satu daya tarik utama dari mesin turbo adalah tenaganya yang besar. 

Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu keunggulan mesin turbo. Tidak sedikit orang yang mengganggap mesin turbo mudah rewel dan rentan rusak. Padahal hal-hal tersebut bisa dikatakan hanya mitos belaka. 

Dulunya teknologi mesin ini hanya diterapkan pada mobil-mobil sport yang membutuhkan tenaga besar. Saat ini semakin banyak mobil yang dipasangi dengan mesin turbo. Mobil-mobil bermesin turbo cukup menarik bagi konsumen. Lantas apa saja keunggulan mesin turbo pada mobil?

Cara Kerja Mesin Turbo

Perbedaan utama dari mesin turbo dan biasa adalah dari segi tenaganya. Mesin turbo mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar atau powerfull. Mesin ini menggunakan udara dari hasil pembakaran dari saluran buang. 

Turbo memanfaatkan udara yang dihasilkan dari proses pembakaran di saluran buang. Udara ini kemudian dipaksa masuk ke dalam mesin melalui dua turbin. Turbin pertama berfungsi sebagai pemutar, sementara turbin kedua diputar oleh turbin pertama.

Turbin pertama bertugas mengalirkan udara ke dalam ruang mesin dengan lebih cepat. Semakin banyak udara yang masuk ke mesin, semakin besar tenaga yang dihasilkan dari gas buang mesin tersebut. Secara sederhana, turbo berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan gas buang dengan memasukkannya kembali ke ruang bakar dan mengubahnya menjadi tenaga.

Semakin tinggi putaran mesin, semakin besar tenaga yang dihasilkan. Saat turbo beroperasi, suhu pada komponen ini sangat tinggi. Jadi diperlukan pelumas mesin yang mampu menahan panas yang cukup tinggi.

Ilustrasi mesin turbo (Freepik)

Keunggulan Mesin Turbo

Berikut ini sejumlah keunggulan mesin turbo yang akan memanjakan para pengguna mobil bermesi turbo:

Lebih Irit Bahan Bakar

Salah satu kelebihan mesin turbo yang menarik minat banyak orang adalah dari segi irit bahan bakar. Perlu diingat bahwa yang dimaksud di sini adalah mesin turbo standar bawaan pabrik. Jika sudah dimodifikasi, konsumsi bahan bakar bisa lebih boros meskipun menggunakan turbo. Namun pembakaran menjadi jauh lebih optimal.

Hal ini terjadi karena turbo mengembalikan gas buang ke dalam ruang mesin, sehingga membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien. Efisiensi turbo pada mobil bermesin bensin bisa meningkat hingga 20%. Sementara itu pada mobil bermesin diesel, efisiensinya bisa meningkat hingga 40%. Namun perlu diingat bahwa efisiensi ini bisa bervariasi menyesuaikan gaya berkendara.

Menghasilkan Tenaga Lebih Besar

Bagi penggemar kecepatan dan mesin berperforma tinggi, mesin turbo adalah solusi ideal. Selain itu, mesin turbo menawarkan sensasi berkendara yang unik. Pada putaran mesin tertentu ketika turbo aktif, terdengar suara siulan khas yang sangat disukai oleh para penggemar mesin turbo. Mobil yang dilengkapi dengan turbo umumnya memiliki tenaga yang jauh lebih besar. 

Cukup Ramah Lingkungan

Mobil yang menggunakan mesin turbo dapat menghasilkan emisi yang lebih rendah. Contohnya, turbo yang dipasang pada mesin mobil berkapasitas 1.200 cc dapat mengurangi emisi hingga 87 gram per km.

Tanpa turbo, emisinya bisa mencapai sekitar 180 gram per km, atau hampir dua kali lipatnya. Sebagai perbandingan, regulasi di Eropa menetapkan batas emisi untuk mobil hanya sebesar 125 gram per km. Oleh karena itu semua produsen otomotif harus mencari cara untuk mencapai emisi yang sangat rendah.

Demikianlah sejumlah keunggulan mesin turbo yang bakal memanjakan penggunanya. Mobil bermesin turbo dapat menghasilkan tenaga lebih besar dan lebih hemat bahan bakar. Namun di samping kelebihan yang ditawarkan, harganya pun lebih tinggi. Baca juga tips merawat mobil yang tidak terpakai.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi