Apa Itu Society 5.0? Simak Ulasan dan Manfaatnya di Sini

| 05 Jun 2024 22:27
Apa Itu Society 5.0? Simak Ulasan dan Manfaatnya di Sini
Apa itu society 5.0? (foto: dok. voi)

ERA.id - Apa Itu Society 5.0? Melansir situs Online Learning BINUS University, Society 5.0 merupakan konsep yang mendorong umat manusia memanfaatkan ilmu pengetahuan dengan basis teknologi modern seperti AI dan robot untuk mencukupi kebutuhan dan mempermudah kehidupan manusia.

Konsep Society 5.0 pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan konsep sebelumnya, yaitu Society 4.0. Perbedaannya hanya ada pada konteks yang menjadi fokus. Seperti yang diketahui, Society 4.0 fokus pada konteks pengembangan teknologinya, adapun Society 5.0 lebih fokus pada konteks personal atau manusia.

Sebelum ada konsep Society 5.0 ini, ada juga generasi-generasi sebelumnya yang dimulai dari Society 1.0 sampai Society 4.0.

  • Society 1.0: Era berburu dan manusia baru mengenal konsep tulisan
  • Society 2.0: Era pertanian di mana manusia memahami dan mempraktikkan cocok tanam
  • Society 3.0: Era industri di mana manusia mulai memanfaatkan mesin untuk aktivitas atau kebutuhan sehari-hari
  • Society 4.0: Era teknologi komputer hingga internet sebagai penunjang kegiatan manusia
  • Society 5.0: Era teknologi di mana semua teknologi menjadi bagian dari manusia itu sendiri

Komponen utama Society 5.0 yaitu manusia yang mampu menciptakan nilai baru dengan perkembangan teknologi. Perkembangan ini diharapkan mampu mengurangi kesenjangan sosial dan permasalahan ekonomi.

Sementara itu, salah satu negara yang sudah berhasil menjalankan konsep Society 5.0 adalah Jepang.

Ilustrasi. (Pixabay)

Apa Manfaat Society 5.0?

Perkembangan teknologi mengubah peran manusia dalam setiap hal. Banyak pekerjaan yang saat ini digantikan oleh mesin, tetapi hal tersebut juga diikuti dengan perkembangan kemampuan manusia dalam hal-hal baru.

Seperti contoh dalam dunia marketing, di mana tren berkembang dari sekadar pemasaran biasa menuju era digital marketing, yaitu pemasaran yang memanfaatkan teknologi secara optimal.

Selain itu ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

Menambah Peluang Karier

Jika Anda memiliki skill khusus di bidang teknologi, tentunya akan memperbesar peluang atau kesempatan karier yang lebih luas. Hampir semua pekerjaan saat ini menggunakan teknologi.

Selain itu, dalam hal lapangan pekerjaan, teknologi membuka kesempatan-kesempatan baru yang sebelumnya tidak tersedia.

Sebagai contoh, dulu belum dikenal pekerjaan seperti web developer, digital marketer, web designer, dan sebagainya. Semua jenis pekerjaan tersebut baru muncul setelah adanya era internet, sehingga manusia pada hari ini mendapatkan lebih banyak pilihan karier.

Peningkatan Kualitas Diri

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, dalam Society 5.0, perkembangan teknologi mendorong manusia untuk berkembang pula. Hal tersebut berpengaruh pada peningkatan kualitas diri manusia.

Walaupun teknologi semakin maju, tetapi tetap dibutuhkan peran manusia untuk mengoperasikan teknologi tersebut. Kemampuan manusia pun berkembang ke bidang teknologi. Terlebih banyak lapangan kerja dan perusahaan yang membutuhkan SDM dengan kemampuan teknologi mumpuni pada era ini.

Meningkatkan Kesejahteraan

Society 5.0 memungkinkan manusia meraih kesejahteraan yang lebih besar dan terjamin. Penghasilan SDM pada bidang teknologi bisa sangat tinggi dan akhirnya mampu memenuhi kebutuhan hidup semua pegawai.

Berbeda dengan pekerjaan kasar pada masa sebelumnya, di mana upah yang diberikan bisa jadi sangat rendah meskipun jam kerjanya begitu panjang. Hal itu disebabkan pekerjaan yang dilakukan tidak memerlukan skill khusus dan karyawan bisa digantikan oleh siapa pun dengan mudah.

Menambah Keterampilan dan Mempermudah Pekerjaan

Seperti yang kita ketahui, teknologi hari ini mempermudah hampir seluruh aktivitas manusia. Kegiatan yang dulunya memerlukan waktu lama, saat ini dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan lebih akurat.

Hal tersebut tentunya memberikan kesempatan bagi manusia untuk meningkatkan keterampilan di berbagai bidang selain bidang pekerjaannya sendiri.

Misalnya, dalam bidang pekerjaan digital marketing. Dulunya pekerjaan marketing hanya fokus pada bagaimana cara menjual produk ke konsumen sebanyak mungkin.

Namun, dengan perkembangan teknologi pada Society 5.0, marketer sekarang bisa mengembangkan keterampilan hingga ke bidang psikologi dalam hal memahami perilaku konsumen, atau bidang desain untuk menciptakan konten promosi yang menarik.

Itulah ulasan tentang apa apa itu society 5.0 dan manfaat yang bisa didapatkan. Bagaimana menurut Anda?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi