Cara Memperkuat Sinyal HP yang Mudah Dilakukan

| 11 Jul 2024 08:02
Cara Memperkuat Sinyal HP yang Mudah Dilakukan
Ilustrasi ponsel (Ilustrasi: Freepik)

ERA.id - Sinyal HP yang lemah atau terputus dapat menjadi masalah ketika Anda sedang berkomunikasi melalui ponsel dengan orang lain, khususnya dalam situasi penting. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memperkuat sinyal HP dan menjaga komunikasi secara lancar.

Dikutip dari Analisis Penerimaan Sinyal Ponsel pada Sistem Komunikasi Selular, Mukas Lamina (2013:1), telepon selular (ponsel) adalah media komunikasi yang saat ini paling banyak dipilih oleh masyarakat dunia sebagai alat komunikasi sehingga sistem pemancaran dan penerimaan sinyal yang sangat baik dibutuhkan oleh semua orang.

Terdapat 3 (tiga) faktor utama yang mempengaruhi bagus atau tidaknya level sinyal ponsel, antara lain faktor operator/penyedia jasa layanan selular kehilangan kekuatan sinyal, faktor lingkungan yang tidak mendukung proses penerimaan sinyal, atau kerusakan yang terjadi pada ponsel itu sendiri. Hal yang terakhir lebih sering terjadi.

Ilustrasi. (Freepik)

Cara Memperkuat Sinyal HP

Di bawah ini adalah beberapa cara memperkuat sinyal HP untuk kelancaran komunikasi setiap orang:

Tentukan Posisi yang Tepat

Jika sinyal HP Anda lemah, sebaiknya carilah lokasi yang memiliki sinyal lebih kuat. Anda bisa menghindari dinding tebal, bangunan, atau area terpencil. Berada di tempat yang lebih terbuka dan tinggi adalah saran yang sangat dianjurkan, karena hal ini dapat membantu memperkuat sinyal HP Anda.

Perbarui Peralatan/Hardware

Pastikan ponsel Anda menggunakan perangkat yang mendukung teknologi jaringan terbaru. Memperbarui ponsel atau kartu SIM mungkin Anda butuhkan untuk menerima sinyal yang lebih baik. Anda bisa memeriksa dengan penyedia layanan Anda untuk mencari rekomendasi perangkat terbaru.

Gunakan Mode Pesawat untuk Sementara

Ketika sinyal HP Anda lemah, sebaiknya aktifkan mode pesawat di HP Anda selama beberapa detik, kemudian matikan kembali. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memaksa ponsel mencari jaringan sinyal yang tersedia dengan lebih intens, sehingga dapat membantu memperkuat sinyal HP Anda.

Gunakan Penguat Sinyal

Penguat sinyal atau repeater, merupakan perangkat eksternal yang bisa membantu menguatkan sinyal HP. Anda dapat memasangnya di rumah atau mobil untuk menambah kekuatan sinyal pada area tertentu.

Pastikan Anda memilih penguat sinyal yang kompatibel dengan jaringan yang Anda gunakan.

Cek Kartu SIM Anda

Jika cara di atas masih belum membuahkan hasil, bisa jadi ada yang salah dengan posisi kartu SIM Anda di smartphone. Anda bisa memeriksa kembali apakah pemasangan kartu SIM di slot smartphone sudah tepat atau belum.

Jika memang belum tepat, Anda dapat memperbaikinya. Sebab, posisi kartu SIM yang salah juga berisiko merusak komponen smartphone Anda.

Namun, jika ternyata penempatan kartu SIM aman-aman saja, ada kemungkinan smartphone Anda yang mengalami. Untuk memastikan hal tersebut, Anda dapat mencoba tukar kartu SIM Anda ke HP yang lain.

Jika smartphone tersebut memperlihatkan sinyal yang normal, dapat dipastikan ponsel Anda yang sedang bermasalah. Anda dapat membawa ke service center terdekat dan resmi untuk memperbaiki ponsel Anda.

Itulah ulasan bagaimana cara memperkuat sinyal HP. Memiliki sinyal HP kuat tentunya menjadi kunci bagi kelancaran komunikasi siapapun, terlebih jika terkait dengan keperluan atau situasi penting. Anda dapat mempraktikkan cara memperkuat sinyal HP yang sudah dijelaskan di atas.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi