Cara Sembunyikan Nomor HP di GetContact agar Tidak Dilacak Orang Lain

| 08 Jan 2024 20:45
Cara Sembunyikan Nomor HP di GetContact agar Tidak Dilacak Orang Lain
Ilustrasi cara menyembunyikan nomor HP di GetContact (Freepik)

ERA.id - Banyak orang memanfaatkan aplikasi GetContact untuk mengetahui identitas pemilik nomor telepon. GetContact menyediakan fitur yang memungkinkan Anda atau orang lain untuk mengidentifikasi nomor telepon yang tidak tersimpan di kontak. Apabila Anda merasa terganggu dengan aktivitas ini, ada cara menyembunyikan nomor HP di GetContact. 

Beberapa orang merasa terganggu ketika nomor teleponnya dilacak orang lain. Mereka merasa aktivitas tersebut cukup mengganggu privasinya karena bisa mengetahui informasi nama lengkap hingga tempat bekerja. Lantas bagaimana cara menyembunyikan nomor HP di GetContact agar tidak terdeteksi oleh orang lain?

Ilustrasi cara menyembunyikan nomor HP di GetContact (Freepik)

Cara Menyembunyikan Nomor HP di GetContact

Aplikasi GetContact menyediakan fitur ‘Visibility’ yang bisa digunakan untuk menyembunyikan nomor telepon. Apabila fitur ini diaktifkan maka nomor telepon pengguna tidak akan muncul atau terdeteksi oleh pengguna lainnya yang memakai GetContat untuk melacaknya. 

Bagi Anda yang ingin menyembunyikan nomor HP di GetContact, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Silakan masuk ke laman resmi GetContact melalui tautan https://getcontact.com/en/manage.
  2. Kemudian login menggunakan nomor WhatsApp Anda.
  3. Anda akan diminta untuk melakukan scan kode QR yang ditampilkan di layar.
  4. Selanjutnya Anda akan diarahkan menuju aplikasi WhatsApp untuk mengirim teks yang tertera ke akun WhatsApp GetContact.
  5. Setelah proses login berhasil, Anda akan diarahkan ke laman ‘Home’.
  6. Kemudian gulir ke bawah, lalu klik menu ‘Visibility Settings’.
  7. Silakan nonaktifkan fitur ‘Visibility’ dengan menggeser toggle di bagian kiri opsi ‘Search visibility On’ hingga warnanya berubah menjadi abu-abu.
  8. Pada jendela notifikasi yang muncul, silakan tekan tombol ‘Yes’.
  9. Apabila semua langkah di atas sudah Anda lakukan, Anda bisa mengecek apakah nomor HP sudah benar-benar tersembunyi di GetContact. Cara melakukannya dengan mencari nomor HP Anda di aplikasi GetContact menggunakan nomor lain. 

Apabila nomor HP Anda sudah berhasil disembunyikan dari aplikasi GetContact, maka pengguna yang mencoba mencari atau melacak nomor Anda bakal menerima notifikasi pemberitahuan bahwa nomor Anda tidak bisa diakses. 

Berikut keterangan pemberitahuan bahwa nomor Anda tidak dapat diakses: Sayangnya, kami tidak bisa membagikan hasil pencarian karena pemilik nomor ini menolak untuk ditampilkan dalam Getcontact! Jika Anda melakukan pencarian terhadap nomor ini untuk tujuan komersial, silakan minta orang terkait untuk mengatur agar ditampilkan di Getcontact.

Cara Menghapus Tag di GetContact

Selain untuk menyembunyikan nomor HP dari pencarian, pengguna juga bisa menghapus tag atau nama kontak di GetContact. Cara ini dapat Anda lakukan untuk menghilangkan tag atau penamaan pada nomor pribadi Anda. 

Beberapa pengguna ponsel kerap merasa tidak nyaman dengan pemberian tag atau penamaan atas nomor ponselnya. Misalnya karena penamaan kontak dinilai tidak sesuai dengan keterangan atau informasi pribandinya. 

Bagi Anda yang ingin menghapus tag di GetContact, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Silakan buka aplikasi Getcontact di ponsel Anda
  2. Kemudian masuk atau login menggunakan nomor HP Anda
  3. Lalu gulir ke bawah dan pilih ‘Tag Saya’ atau ‘My Tags’.
  4. Selanjutnya pilih ‘Tampilkan semuanya’ dan pilih nama tag atau penanda yang ingin Anda hapus supaya tidak muncul di pencarian GetContact.
  5. Klik tag tersebut sampai muncul ikon tempat sampah untuk menghapusnya.
  6. Selanjutnya geser ke kiri dan pilih alasan penghapusan, seperti ‘Konten tidak layak’, ‘Penanda ini tidak mewakili saya’, atau opsi ‘Lainnya’.
  7. Lalu pilih ‘Laporkan’.
  8. Kemudian Anda menerima pemberitahuan yang menerangkan bahwa pengguna akan menghapus penanda tersebut.
  9. Jika sudah yakin ingin menghapusnya, silakan klik ‘Ok’.

Demikianlah informasi cara menyembunyikan nomor HP di GetContact agar tidak terdeteksi atau dilacak oleh orang lain. Anda juga bisa menghapus tag atau penamaan kontan yang menurut Anda tidak sesuai keinginan atau salah informasi. Baca juga tips agar aman dan nyaman saat berinternet.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi