Mengapung di Marina Bay, Apple Store Terbaru di Singapura Ini Keren Banget

| 08 Sep 2020 19:23
Mengapung di Marina Bay, Apple Store Terbaru di Singapura Ini Keren Banget
Apple Marina Bay Sands di Singapura. Gerai penjualan Apple yang terbaru ini akan dibuka pada Kamis (10/9/2020)

ERA.id - Gerai Apple Store yang akan dibuka di Marina Bay Sands, Singapura, pada Kamis (10/9/2020) akan menjadi bangunan pertama perusahaan teknologi Apple yang dibangun di atas air dan memiliki struktur bangunan kubah (dome) yang dibuat dari bahan kaca.

Gerai yang desainnya diinspirasi oleh gedung Pantheon di Roma, Italia, ini akan menjadi "semacam hadiah bagi dunia arsitektur", seperti ditulis oleh Genevieve Sarah Loh untuk CNA Lifestyle. Pengunjung yang memasuki bangunan kubah ini bisa melihat panorama 360° dari langit kota Singapura.

Apple Marina Bay Sands
Apple Marina Bay Sands di kala malam.

Menurut Deirdre O'Brien, senior vice president dari Apple, gerai Apple Store ini akan terbuat dari 114 potongan kaca dan 10 tiang penyangga sebagai struktur bangunan. Ia menyebut desain arsitektur ini menjadi yang pertama di dunia.

Dari bagian dalam ruangan, pengunjung bisa melihat ujung langit kubah yang transparan (okulus) sehingga sinar matahari bisa masuk secara natural. Ada pula 10 pohon yang ditanam di sekeliling ruangan, sehingga pengunjung bisa 'berteduh' di bawah bayangan pohon tersebut di kala siang.

Di ruang tengah gerai terdapat sebuah panel video raksasa dengan panggung yang kelak akan menampilkan musisi dan pekerja kreatif undangan Apple. Gerai tersebut juga memiliki ruang rapat Boardroom yang berada di bawah permukaan air.

Apple Marina Bay Sands interior
Interior Apple Marina Bay Sands (CNA)

Seluruh gaya desain itu bukan sekadar pemanis, apalagi gimmick, yang diberikan Apple bagi masyarakat Singapura.

"Kami akan berada di Singapura dalam waktu yang lama," kata O'Brien, seperti dilansir CNA Lifestyle.

Gerai bernama Apple Marina Bay Sands ini merupakan Apple Store ketiga di SIngapura. Gerai pertama didirikan di Orchard Road tahun 2017, sementara gerai kedua berada di Bandara Changi.

Gerai di Marina Bay ini akan menjadi Apple Store ke 512 di dunia.

Keberadaan Apple di Singapura sendiri sudah dimulai 40 tahun yang lalu, dengan kantor pertamanya di Ang Mo Kio. Menariknya, pada tahun 1981, tim produksi di Singapura diserahi tanggungjawab untuk memproduksi hampir seluruh kotak sirkuit (printed circuit boards) komputer Apple II yang dipasarkan ke seluruh dunia.

Sejak itu, Apple Singapura berkembang secara institusi dan sisi penjualan, sehingga sekarang bisa menyediakan 55.000 peluang pekerjaan bagi Singapura.

Apple Marina Bay Sands nantinya akan merekrut 148 karyawan yang terdiri dari latar belakang multikultur.

Rekomendasi