Cara Mudah Download Video dari YouTube Tanpa Aplikasi

Tim Editor

YouTube

ERA.id - Platform YouTube menjadi salah satu layanan streaming favorit dan banyak digunakan masyarakat Indonesia. Tak heran bila penonton dan juga jumlah content creator yang makin meningkat setiap harinya. 

Sayangnya, banyaknya kendala semisal kecepatan internet di Indonesia yang kadang tidak stabil dan mahalnya kuota data internet menjadi "penghalang" perkembangan YouTube di Indonesia.

YouTube sendiri sejatinya adalah layanan streaming yang secara tidak langsung "mendownload" semua file video tadi ke ponsel kamu sehingga bisa ditonton. Data yang dipakai juga tak sedikit.

Banyak yang mengeluh kuota data mereka habis karena menonton video di YouTube. Tahu kah kamu sebenarnya kamu bisa download YouTube dan simpan videonya di ponsel? Begini caranya.

Tangkapan Layar

 

Pertama, pastikan kamu sudah punya aplikasi YouTube di smartphone dengan versi yang paling baru, atau kalian bisa update melalui Google Play Store. Nah, kalo udah kalian bisa membuka aplikasi YouTube tadi, dan masuk ke tab Library yang ada pada bagian kanan bawah layar.

Di sana, akan terdapat pilihan "Offline videos". Ini akan menjadi folder video apa saja yang kalian simpan ke smartphone. Untuk menyimpan video dari YouTube ke smartphone, kalian tinggal buka deh video yang ingin disimpan, dan pilih pada pilihan Save. Nantinya, akan muncul pilihan resolusi yang diinginkan. Semakin tinggi resolusinya, maka file akan semakin besar, dan tekan OK.

Sekarang, kalian udah tahu kan kegunaan fasilitas free Wi-Fi selain buat download games? Salah satunya dengan menyimpan video favorit YouTube kalian! Selamat mencoba! 

Tag: youtube

Bagikan: