Berikut Kelebihan Telegram daripada WhatsApp yang Kamu Perlu Ketahui

Tim Editor

Ilustrasi WhatsApp dan Telegram

ERA.id - Setelah persyaratan terbaru mengenai kebijakan privasi WhatsApp ramai dibincangkan, aplikasi perpesanan Telegram jadi primadona usai banyak diunduh publik.

Itu sudah dibuktikan dengan laporan yang beredar bahwa Telegram mendapat peningkatan pengguna secara signifikan dengan tiba-tiba. Dilansir dari Reuters, Telegram memperoleh hampir 2,2 juta unduhan, menurut perusahaan analis data Sensor Tower.

Fenomena ini menarik untuk disimak, soal kenapa sih Telegram banyak diunduh? Memang apa kelebihannya dibanding WhatsApp? Simak yuk kelebihannya!

1. Cloud

Telegram punya layanan penyimpanan Cloud. Ini berarti semua pesan teks, gambar, video, dokumen dan file lainnya dapat disimpan di sana. Kita bisa bebas log-in atau log-out beberapa kali dari sejumlah perangkat secara bersamaan, tanpa perlu kehilangan data.

Bedanya dengan WhatsApp, kita tak perlu khawatir soal pencadangan dan pengembalian file sesudah kita log-in atau log-out. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan kontak, voice/video notes, GIF hingga link. Namun, layanan Cloud ini dibatasi hanya 1,5 GB untuk tiap file. Wah, keren kalau begitu!

2. Mengirim file

Jika kita mengirim foto di WhatsApp, ukuran foto, resolusi dan kualitas foto akan mengecil otomatis. Sehingga, jika kita perlu mengirim file asli, kita harus mengirimnya lewat fitur dokumen.

Berbeda dengan Telegram, pengguna bisa memilih apakah file video dan foto dikirim versi original atau justru mengirim foto dan video dalam versi terkompres.

3. Kapasitas grup

WhatsApp punya kapasitas maksimal anggota grup hingga 256 orang. Itu sudah terbilang banyak. Tapi, kapasitas grup Telegram mengalahkannya. Walau standar umumnya hanya bisa menampung 200 orang, kamu bisa memperbesar kapasitas hingga 5.000 orang dengan fitur Super Group!

4. Chat rahasia

Ada fitur Secret Chat atau pesan rahasia di Telegram. Semuanya untuk membuat percakapanmu lebih privat. Fitur Secret Chat dibuat di antara dua perangkat, sehingga pesan ini tidak dapat diakses di perangkat lain dan tidak tersedia di Cloud.

Selain itu, fitur Secret Chat juga terkait dengan sesi log-in kita di perangkat tersebut. Jika kita keluar dan masuk lagi, maka kita bisa kehilangan semua percakapan di Secret Chat sebelumnya. Pesan juga bisa dihapus otomatis oleh timer dan tidak bisa diretas!

5. Nomor telepon

Kamu bisa berganti nomor atau menambahkan beberapa nomor sekaligus di Telegram tanpa khawatir risiko kehilangan obrolan atau kontak. Jadi, kita tak perlu repot-repot mentransfer semua kontak pada nomor baru, tak seperti WhatsApp.

Untuk mengubah nomor Telegram, cukup buka pengaturan (setting) dan ketikkan nomor. Lalu klik ubah nomor dan ikuti instruksi selanjutnya. Nantinya, semua pesan akan dipindahkan ke nomor baru dan Telegram akan menambah semua kontak ke nomor baru tersebut.

6. Foto profil

Tak seperti WhatsApp yang hanya punya satu opsi foto profil. Telegram malah memungkinkan kita untuk mengunggah beberapa foto profil sekaligus. Bahkan, kita bisa mengunggah foto profil sebanyak yang kita inginkan. Foto terbaru adalah foto yang dilihat oleh kontak kita, namun kita bisa menggeser ke samping untuk melihat foto-foto selanjutnya.

7. Chat bot

Bagi sebagian orang, fitur chat bot ini mungkin akan dipandang remeh. Padahal, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan chat bot. Seperti mendapatkan pemberitahuan dan berita, menerima pembayaran dari pengguna Telegram, mengetahui ramalan cuaca dan menerjemahkan bahasa. Selain itu, bot bisa menghubungkan kita dengan orang yang memiliki minat atau kedekatan yang sama.

Tag: whatsapp teknologi Telegram

Bagikan: