YouTube Putuskan Berhenti Buat Kompilasi Video Rewind Akhir Tahun, Kenapa?

| 08 Oct 2021 13:38
YouTube Putuskan Berhenti Buat Kompilasi Video Rewind Akhir Tahun, Kenapa?
Youtube rewind dihentikan (Dok: YouTube)

ERA.id - YouTube memutuskan untuk berhenti membuat kompilasi video rewind atau rekap akhir tahun. Keputusan itu dibuat pada apa yang akan menjadi peringatan 10 tahun Rewind.

Keputusan berat ini akhirnya disampaikan oleh YouTube setalah tahun lalu mengalami kesulitan akibat adanya pandemi. YouTube akhirnya memilih untuk meninggalkan proyek tersebut dan menegaskan bukan karena menerima kritik luas yang beredar.

Salah satu alasan YouTube berhenti membuat kompilasi YouTube Rewind adalah platform media sosial tersebut kini sudah bertumbuh semakin besar. Sehingga hal ini lah yang tidak mungkin untuk dilakukan YouTube untuk merangkum luas keragamannya dalam kompilasi berdurasi beberapa menit.

Belum lagi semakin banyak konten kreator yang setiap tahunnya membuat sendiri YouTube Rewind dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, YouTube memilih untuk menyerahkan tongkat estafek kepada para pembuat konten.

"Sejak Rewind dimulai pada tahun 2011, kami telah melihat pembuat konten dari MrBeast (54 juta tampilan), elrubiusOMG, dan Slayy Point, hingga lebih banyak lagi, membuat video akhir tahun mereka sendiri, secara unik menangkap tahun dari masing-masing perspektif mereka," kata juru bicara YouTube dilansir Tubefilter, Jumat (8/10/2021).

"Ini akan terus menginspirasi untuk melihat segudang cara produsen konten paling kreatif di dunia, pembuat YouTube kami merangkum akhir tahun dalam rekap video mereka, saat YouTube menghentikan video Rewind-nya sendiri," lanjutnya.

Meskipun mengakui bahwa pembuat konten adalah cara terbaik bagi Rewind untuk melangkah maju, YouTube tidak akan mendanai upaya tersebut, meskipun akan mempromosikannya di saluran sosialnya.

Selain itu, perusahaan juga tidak sepenuhnya keluar dari bisnis rekap akhir tahun. Ini akan terus menghasilkan daftar tren tahunan, yang memberi peringkat pada video dan pembuat konten penting di berbagai kategori.

YouTube juga menunjuk ke Streamy Awards, yang diproduksi bersama oleh Tubefilter, sebagai sarana lain yang akan terus memperingati tahun ini dalam video online.

Tahun itu menandai titik balik, karena YouTube Rewind 2018 dengan cepat menjadi video yang paling tidak disukai sepanjang masa, dengan pemirsa meratapi bahwa pembuat konten dan momen viral telah ditinggalkan.

Dalam sebuah surat terbuka, CEO YouTube Susan Wojcicki mengakui bahwa klip itu meleset dari sasaran. Padahal tahun-tahun sebelumnya, Rewind telah diantisipasi secara luas dan umumnya dianggap baik, dengan 'cinta' jauh melampaui 'tidak suka' untuk acara 2014, 2015, dan 2016.

Pada tahun 2019, YouTube mengambil kebijaksanaan yang sedikit berbeda dengan Rewind, meninggalkan format tradisionalnya demi serangkaian daftar berdasarkan data.

Meskipun secara teknis masih bermerek 'Rewind', versi ini melepaskan platform dari kritik dengan menghapus pengawasan editorial dan seolah-olah menempatkan konten video di tangan pemirsa YouTube.

Baru-baru ini, YouTube mengatakan sedang "beristirahat dari Rewind" pada tahun 2020, mengacu pada pandemi virus corona dan perhitungan masyarakat luas dengan rasisme sistemik yang dipicu oleh pembunuhan George Floyd.

Sementara Rewind semakin ditinggalkan, YouTube berharap untuk terus merilis daftar tren tahunan termasuk 10 video tren teratas, pembuat konten, dan lagu populer tahun ini.

Rekomendasi