Trending Nomor 1, Berikut Keistimewaan Video YouTube Rewind Indonesia 2020

Tim Editor

YouTUbe Rewind Indonesia 2020 (Foto: Instagram/@chandraliow)

ERA.id - Usai absen setahun, YouTube Rewind Indonesia 2020 akhirnya kembali lagi. Video ini disutradarai oleh Chandra Lion dan Aulion. Selain itu, Rewind Indonesia 2020 diinisiasi oleh Andovi de Lopez, Jovial de Lopez dan Nessie Judge. Video durasi 14:21 menit ini merangkum peristiwa viral yang terjadi sepanjang tahun ini.

"Video ini menunjukkan bahwa dalam segala keterbatasan, anak-anak muda Indonesia tetap mampu berkarya dengan berbekal spirit Tidak Ada Yang Tidak Bisa," tulis channel Indonesia Youtube.

Video Rewind Indonesia 2020 dibuka dengan kemunculan seorang gadis di sebuah koridor bercat merah. Setiap membuka pintu, dia akan pindah tempat ke ruangan berbeda. Di ruangan itu terpampang televisi terpasang di tembok dengan menghadirkan video viral sepanjang 2020.

Selanjutnya, gadis itu bertemu dengan Chandra, Nessie, Edho Zell dan Atta Halilintar. Mereka mengajak si gadis tersebut untuk menengok ke ruangan lain berwarna biru, hingga ke video dengan berbagai warna lainnya, kuning, merah muda hingga merah.

Dari sinilah 'petualangan' Rewind 2020 dimulai. Semua topik trending sepanjang tahun 2020 ditampilkan, seperti game Among Us, makanan odading, minuman kopi susu lit, pass the brush challenge, uang baru Rp75 ribu, film Tilik, eSport, dan masih banyak lainnya. 

Selain itu, video terdapat lagu-lagu hits seperti lagu Bunga ciptaan Thomas Arya yang dikenal dengan jargon "tarik sis semongko", lagu Lathi yang dibawakan Werid Genius ft Sara Fajira, Dynamite milik boyband Korea BTS, Blackpink dengan How You Like That, dan masih banyak lagi. 

Tak lupa, musik Indonesia yang viral di media sosial, seperti "Haredang", "Bang Jago", hingga "Aku Bukan Boneka" milik Kekeyi yang sempat menjadi kontroversi. Semuanya, dijahit sebagai latar musik oleh Eka Gustiwana dan rekan musik lainnya.

Pembahasan menarik seputar isu viral di YouTube Rewind Indonesia 2020 juga dimunculkan. Ditandai dengan kehadiran Deddy Corbuzier, pesulap yang kini terkenal dengan podcast-nya. Ada juga kartun terkenal kebanggaan Indonesia yang menghibur penonton, seperti Tahi Lalat hingga Nopal dan Cute Girl.

Video juga mengandung haru dengan menampilkan kondisi pandemi corona. Haru semakin terasa saat video memperlihatkan masyarakat saling bahu membahu membantu sesama di tengah bencana. Akibat pandemi Covid-19, pernikahan dan proses wisuda yang harus berjalan virtual. 

Para tenaga kesehatan juga mengalami berbagai rintangan demi menyembuhkan pasien. Tahun 2020 dianggap menjadi momen yang berat bagi beberapa orang, khususnya dengan pandemi Covid-19. Penonton dibuat bergetar saat lagu "Ibu Pertiwi" terdengar. Namun tetap semangat melalui tahun 2020.

Rewind Indonesia 2020 ditutup dengan kolase puluhan YouTuber yang membentuk bendera merah putih raksasa. Disusul Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez menuju pintu keluar, sebagai visualisasi kepergian mereka dari dunia YouTube.

Banyak netizen yang memuji video Rewind Indonesia 2020. "Untung semua yang terlibat di project ini terimakasih. This is masterpiece," tulis Lancelot MI

"KAPAN BISA IKUT YTREWIND HMM , KEREN BANGET SIH REWIND TAHUN INI WALAUPUN 2019 GA ADA 2020 TEROBATI JUGA. SALAM KENAL BUAT YOUTUBERS PEMULA," ungkap Taufiq Anshari Channel

"Ini bener-bener keren gue nonton dari detik pertama sampe habis. Iklan ga gue skip sama sekali mulai dari iklan yg 10 detik - 1 menit gue biarin dia lewat gapake skip skipan. Rewind Indonesia 2020 beneran keren!!!!! Bikin merinding" kata Nurul Pebrianti

"GILAAAAA KEREN BANGETTTT!!! Terima kasih banyak kepada semuanya yg terlibat dalam produksi video ini! Maju terus perYTan Indonesiaaa!!! #RI2020," komentar Leonardo Edwin. Kini video YouTube Rewind Indonesia 2020 berhasil menjadi trending nomor satu di YouTube dan ditonton 12 juta kali pada Rabu (30/12/2020).

Tag: Rewind Indonesia 2020 kaleidoskop 2020 YouTube Rewind Indonesia 2020

Bagikan: