Privasi Tetap Terjaga, Tips Agar Aman dan Nyaman Saat Berinternet

| 12 Jun 2022 22:07
Privasi Tetap Terjaga, Tips Agar Aman dan Nyaman Saat Berinternet
Ilustrasi laptop (Foto: Pexels/picjumbo.com)

ERA.id - Peran teknologi internet saat ini menjadi penting. Kamu bisa melakukan berbagai hal, seperti transaksi, belanja, berkomunikasi, atau kegiatan lainnya. Sayangnya, kamu haru berhati-hati lantaran sekarang kejahatan cybercrime mulai merajalela.

Kebocoran data-data privasi bisa terjadi penyalahgunaan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. Untuk menghindarinya, kamu perlu mengetahui kiat atau tips berinternet yang aman. Berikut tips agar aman dan nyaman saat berinternet dari rilis TikTok yang diterima oleh Era.id.

1. Berselancar dengan bijak

Hati-hati saat menyambungkan perangkat ke Wi-Fi publik yang tidak terjamin keamanannya. Selalu pakai kata sandi yang kuat dan unik di setiap akun. Aktifkan verifikasi dua langkah untuk lebih amannya.

2. Jaga privasi

Lihatlah fitur kontrol keamanan dan privasi TikTok yang mudah digunakan untuk menyesuaikan pengalaman online kamu.

3. Awas terpancing

Phising adalah taktik yang digunakan untuk mencuri informasi pribadi. Hindari membuka, mengunduh, atau mengklik tautan dan lampiran dari pengirim yang tidak dikenal.

4. Jangan tinggalkan jejak

Perbarui semua perangkat dan aplikasi dengan versi terbaru dan hapus aplikasi yang tidak digunakan. Sebelum hendak menjual perangkat, pindahkan semua data pribadi, foto atau video, lalu hapus semua konten di perangkat tersebut agar aman.

5. Mainkan, tonton, dan pelajari bersama

Unduh aplikasi, tonton video, mainkan game, dan tetap terhubung bersama keluarga. Pelajari lebih lanjut di Panduan Pengguna Baru kami.

Rekomendasi