Belasan Kucing Mati Terpanggang dalam Insiden Kebakaran di Penampungan Hewan Orlando

| 17 Sep 2021 11:01
Belasan Kucing Mati Terpanggang dalam Insiden Kebakaran di Penampungan Hewan Orlando
Ilustrasi (Алексей Боярских dari Pixabay)

ERA.id - Puluhan kucing mati akibat kebakaran yang menghanguskan tempat penampungan hewan di Florida, Rabu (15/9/2021). Sebanyak 17 kucing mati sementara 26 anjing berhasil diselamatkan.

Kebakaran besar terjadi di Pet Alliance of Greater Orlando di Conroy Road, Rabu (15/9/2021) sekitar pukul 22:30 waktu setempat. Kebakaran itu dilaporkan menghanguskan 75 persen bangunan dan menewaskan 17 kucing yang berada di penampungan.

"Ini benar-benar hal terburuk yang bisa terjadi. Saya tahu staf saya, kami akan trauma untuk waktu yang lama," kata Steve Bardy, direktur eksekutif Pet Alliance dikutip The Orlando Sentinal, Jumat (17/9/2021).

Kebakaran Penampungan Hewan (Dok: Twitter/Orange County sheriff's office)

Petugas pemadam kebakaran Orange County dan deputi Sheriff Orange County berhasil menyelamatkan 26 anjing di tempat penampungan dalam kondisi aman. Awalnya, tim penyelamat juga berhasil mengeluarkan sekitar selusin kucing, yang kandangnya lebih dekat ke bagian depan gedung, tempat api mulai menyala.

Tetapi ketika api mulai menyebar, para penyelamat dicegah untuk menjangkau hewan-hewan lainnya. Sehingga 17 kucing gagal diselamatkan. Menurut catatan Pet Alliance of Greater Orlando, kucing yang berada di penampungan berjumlah 23 ekor.

"Anda tahu, kesejahteraan dan penyelamatan hewan adalah apa yang kami lakukan," kata Bardy.

Lalu, kata Brady, insiden kebakaran yang menewaskan 17 kucing dipenampungan itu merupakan mimpi terburuk yang pernah ada. Apalagi ketika sudah merawat dan membesarkan hewan-hewan tetapi tidak bisa menyelamatkan ketika api melahap habis bangunan tempat mereka berteduh.

The Pet Alliance adalah agen kesejahteraan hewan tertua dan terbesar di Florida Tengah, didirikan sebagai Orlando Humane Society pada tahun 1937 dan kemudian menjadi SPCA Florida Tengah sebelum diubah namanya pada tahun 2014.

Kebakaran Penampungan Hewan (Dok: Twitter/Orange County sheriff
Kebakaran Penampungan Hewan (Dok: Twitter/Orange County sheriff's office)

Tahun lalu, organisasi tersebut membantu menemukan rumah bagi 5.260 anjing dan kucing, dan itu merawat hampir 28.000 hewan peliharaan di tiga klinik hewan berbiaya rendah.

Penyidik belum menentukan penyebab kebakaran, namun Steve Sherrill kepala batalyon OCFR yang pertama tiba mengatakan bangunan itu seperti labirin sehingga menyulitkan petugas pemadam untuk bernavigasi di tengah kobaran api.

"Ada beberapa pintu masuk dan keluar untuk lokasi ini, dan beberapa bangunan yang terhubung dengan koridor kecil. Ada kandang di belakang sana dan dinding beton yang terkadang menemui jalan buntu, sehingga memberikan sedikit hambatan," kata Sherrill.

Diperkirakan kerusakan bangunan mencapai 75 persen yang sebagain besar adalah beton dengan atap kayu yang baru diganti enam bulan lalu.

Keesokan harinya tiga ekor kucing berhasil ditemukan dalam kondisi hidup. Lalu unit K9 Kantor Sherriff Orange County mulai menyusuri gedung dan menemukan 16 kucing lainnya di antara puing-puing bangunan. Empat kucing dari 16 kucing yang ditemukan dalam kondisi selamat.

Bardy mengatakan organisasinya tidak akan membangun kembali di lokasi yang sama. Properti itu dimiliki oleh Orange County, meskipun bangunan itu sendiri dimiliki oleh Pet Alliance, yang memiliki asuransi atas fasilitas tersebut.

Rekomendasi