Ketahui Apa Itu Market Place dan Situs Marketplace untuk Toko Bangunan

| 10 Aug 2022 16:11
Ilustrasi material bangunan (Unsplash/@mybbor)

ERA.id - Sebelum membuka toko bangunan di Marketplace ukur, sebaiknya ketahui dahulu apa itu marketplace. Seperti yang diketahui, marketplace adalah sebuah situs berjualan online. Akhir-akhir ini marketplace memang menjadi  suatu hal yang populer. Terdapat berbagai macam marketplace yang tersedia di Indonesia dengan berbagai branding terbaiknya.

Semakin maraknya Marketplace di Indonesia membuat semakin mudahnya kita dalam memenuhi kebutuhan. Baik bagi para penjual maupun pembeli, kita bisa dengan mudah melakukan transaksi penjualan. Terlebih di Marketplace anda bisa menemukan berbagai jenis produk baik keseharian hingga material di toko bangunan, hal inilah yang membuat banyak orang lebih menyukai berbelanja di Marketplace. Hal ini pula yang mendukung banyaknya para pemilik toko bangunan untuk membuat toko secara online, selain lebih hemat juga lebih praktis.

Tetapi, sebelum Anda membuka Toko Bangunan secara online, ada baiknya ketahui dulu tentang pengertian marketplace hingga perbedaannya dengan e-commerce, berikut adalah beberapa penjelasan terkait marketplace:

Beberapa Jenis Marketplace yang Digunakan di Indonesia

Marketplace adalah hal yang sudah cukup umum dan banyak digunakan di Indonesia. Tetapi, ternyata marketplace juga memiliki jenis yang berbeda dalam pengelolaannya. Ada 2 macam marketplace yang terdapat di bagian Indonesia, berikut adalah jenis dari marketplace tersebut beserta penjelasannya:

1. Jenis Marketplace Murni

Jenis marketplace yang pertama dan paling sering ditemui adalah jenis marketplace murni. Jenis ini dikatakan murni karena tidak adanya campur tangan dari pihak marketplace. Pihak marketplace hanya akan menyediakan platform atau tempat dimana anda bisa membuka toko bangunan ataupun toko lainnya dan menyediakan fitur untuk melakukan transaksi antara penjual dan pembeli di toko bangunan yang Anda miliki.

Disini, anda akan bisa bebas mengatur toko bangunan tempat Anda berjualan. Setiap penjual bisa langsung berkomunikasi dengan para pembelinya tanpa adanya pihak ketiga. Selain itu, proses transaksi dan kesepakatan pun akan dilakukan langsung oleh sang penjual. Anda juga bisa memberikan penawaran harga untuk para pembeli di toko bangunan Anda sebagai strategi penjualan, untuk contoh Marketplace Konstruksi yang menerapkan sistem ini adalah ukur, disini anda bisa membuka toko bangunan dan mengelolanya dengan bebas.

2. Jenis Marketplace Konsinyasi

Jenis marketplace yang kedua adalah jenis konsinyasi. Jenis marketplace yang satu ini juga sering dimanfaatkan di Indonesia, berbeda dengan jenis yang sebelumnya, marketplace yang satu ini menerapkan sistem orang ketiga atau pihak marketplace yang juga ikut campur dalam melakukan bisnisnya. Dalam sistem ini pihak marketplace akan ikut campur dalam proses penjualan bisnisnya. Seperti penyediaan gudang untuk bahan material apabila anda membuka toko bangunan, foto produk untuk toko bangunan Anda, hingga proses transaksi yang terjadi di toko Anda.

Apabila dalam marketplace berjenis murni, Anda bisa langsung melakukan tawar menawar dengan calon pembeli di toko online yang sudah Anda miliki, di sistem ini Anda tidak akan bisa melakukannya. Dalam jenis konsinyasi, penjualan tidak akan bisa melakukan interaksi secara langsung kepada pembeli. Yang perlu Anda lakukan disini, hanyalah menyediakan produk yang akan dijual di toko bangunan yang Anda miliki di Marketplace tersebut.

Ketahui Terlebih Dahulu Perbedaan Marketplace dan e-Commerce Sebelum Membuka Toko Bangunan Di Salah Satunya

Selama ini banyak orang yang mengira bahwa marketplace dan e-commerce adalah sebuah situs jual beli yang sama. Tetapi, nyatanya di dalam praktek penjualannya hal itu berbeda, seperti yang sudah sempat dijelaskan secara singkat sebelumnya, bahwa marketplace adalah suatu platform jual beli yang difungsikan seperti pasar secara online. Sama seperti pasar tradisional dimana semua penjual dan toko baik toko pakaian ataupun toko bangunan tersedia, marketplace pun juga sama. Disini, anda akan bisa menemukan berbagai macam produk jualan mulai dari konstruksi, bahan makanan, peralatan kantor, hingga fashion di toko pakaian.

Sedangkan untuk e-commerce, mereka adalah sebuah situs website yang dimanfaatkan oleh seorang penjual untuk menjual produknya. Dalam e-commerce hanya akan ada toko 1 toko, sehingga apabila Anda membuka toko bangunan di suatu e-commerce, produk yang dijual juga hanya selingkup produk material. Apabila Anda ingin membuat toko bangunan melalui e-commerce, maka situs itu hanya akan menyediakan produk dari toko yang Anda miliki. Meskipun begitu, e-commerce tetap masih banyak digunakan di Indonesia, hanya saja penggunaannya akan sedikit rumit karena anda juga harus memikirkan terkait strategi marketing yang ada.

Membuka Toko Bangunan Di Marketplace Atau Menggunakan Online Shop

Marketplace dan online shop merupakan situs yang memiliki fungsi sama yaitu sebagai tempat untuk menjual produk. Tetapi, dua situs ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apabila di Marketplace Anda bisa membuka toko bangunan karena marketplace adalah sebuah pasar online yang sengaja dimanfaatkan untuk membuat toko online. Di Online shop Anda tidak akan bisa melakukan hal itu, karena online shop biasanya dimanfaatkan oleh para pemilik toko yang sudah memiliki toko bangunan secara fisik untuk memasarkan atau mempromosikan produknya.

Di Online shop, mereka biasanya bukan hanya mempromosikan produknya menggunakan situs website, tetapi juga bisa menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, ataupun yang lainnya. Untuk proses transaksi di situs online shop ini, biasanya pemilik bangunan akan menyiapkannya sendiri secara manual. Karena tidak akan disediakan secara otomatis oleh platfrom yang digunakan. Situs online shop sebenarnya juga sudah banyak digunakan di Indonesia, baik untuk toko bangunan ataupun toko yang lainnya.

Situs Marketplace Konstruksi Ukur Menyediakan Berbagai Toko Bangunan

Salah satu contoh situs marketplace khusus untuk konstruksi atau material bangunan adalah Ukur. Situs ini menyediakan berbagai macam toko bangunan yang lengkap dan juga berkualitas. Di situs ini, Anda akan bisa mendirikan toko online Anda dan menjual berbagai produk konstruksi. Disini, ada banyak sekali penjualan konstruksi yang sudah bergabung, sehingga menjadi situs marketplace konstruksi yang cukup lengkap.

Di situs ukur ini mereka buka  hanya menyediakan platform marketplace melalui web browser atau website, tetapi juga sudah memiliki aplikasi khususnya. Anda bisa mendapatkan aplikasi ukur baik di PlayStore maupun di AppStore. Di Marketplace ini, mereka juga sudah menyiapkan segala keperluan yang anda butuhkan seperti platfrom, desain website, hingga strategi marketing.

Ukur Sebagai Situs Marketplace Yang Membantu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Sebagai salah satu situs marketplace yang dibuat asli oleh Indonesia. Situs ini juga bekerja sama dengan berbagai pemilik toko konstruksi di Indonesia. Dengan hal itu, maka situs ini secara tidak langsung sudah membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan menyediakan platform untuk para pemilik toko konstruksi agar bisa menjajakan produknya dengan mudah, Ukur juga sudah membantu para penjual agar memiliki peluang lebih untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Hal ini dikarenakan, dengan adanya situs marketplace, penjual bisa langsung memasarkan produknya dan pembeli bisa langsung membelinya tanpa perlu repot datang ke toko asli, sehingga proses jual beli menjadi lebih praktis dan mudah.

Sehingga, apabila Anda membeli salah satu produk di Marketplace Ukur.com ini, Anda akan bisa berpartisipasi dalam membangun perekonomian Indonesia dan membantu Indonesia untuk tumbuh.

Itulah sekiranya artikel terkait penjelasan mengenai marketplace serta situs marketplace yang bisa Anda gunakan untuk berjualan produk konstruksi, semoga artikel ini akan bisa memberi manfaat untuk Anda dan menambah wawasan. (ADV)

Rekomendasi