Tak Perlu Ribet, Cara Merawat Cat Motor Warna Hitam Bisa Dilakukan dengan Mudah

| 20 Nov 2022 08:05
Tak Perlu Ribet, Cara Merawat Cat Motor Warna Hitam Bisa Dilakukan dengan Mudah
Ilustrasi motor hitam (unsplash)

ERA.id - Sepeda motor bersih dan terawat lebih menyenangkan untuk dilihat. Pengendaranya pun jadi lebih percaya diri. Namun, membersihkan saja ternyata tidak cukup, apalagi yang berwarna hitam. Cara merawat cat motor warna hitam juga perlu dipahami.

Ilustrasi parkir motor hitam (unsplash)

Meski tampak bersih, motor dengan warna cat yang kusam membuat penampilannya tidak maksimal. Seberapa mahal pun motor Anda, jika tidak dirawat dengan baik maka penampilannya tetap kurang menarik. Tak hanya itu, jika cat motor kusam atau rusak, harga jual dari motor tersebut bisa mengalami penurunan.  

Tanpa mengesampingkan kualitas mesin, penampilan tetap perlu diperhatikan. Salah satu komponen yang butuh perawatan dengan benar adalah warna. Ini menjadi bagian yang paling mudah dilihat dari sebuah motor. Dikutip Era dari hargamotor.co.id, berikut adalah beberapa cara untuk merawat cat motor, terutama hitam.

Cara Merawat Cat Motor Warna Hitam

1.    Mencuci motor

Pencucian dan pembersihan adalah hal dasar yang perlu dilakukan untuk menjaga penampilan sepeda motor. Cara mencuci motor hitam dan motor warna lain pada dasarnya relatif sama.

Pencucian body motor hitam harus menggunakan sampo dan peralatan kebersihan yang khusus digunakan untuk sepeda motor. Jika motor berwarna hitam jarang dicuci, hal tersebut bisa membuat penampilannya mudah tampak kotor. Hal tersebut mungkin tak terlalu kentara pada sepeda motor dengan warna lain.

2.    Mengeringkan dan memoles dengan cairan khusus

Setelah Anda selesai mencuci motor dengan baik dan benar, keringkan motor tersebut dengan cara yang benar pula. Setelah itu, Anda bisa menggunakan cairan pembersih dengan mengoleskannya pada body motor secara merata.

Pemolesan body motor dengan cairan khusus ini bisa membuat motor lama tampak kembali baru. Pemolesan dan pengeringan cairan khusus sebaiknya dilakukan menggunakan kain yang lembut. Dengan demikian, body motor tidak rawan mengalami baret.

Pemberian cairan khusus sebaiknya dilakukan saat body motor sudah kering, tetapi tidak terlalu kering. Anda sebaiknya tidak mengeringkan sepeda motor yang baru saja dicuci di tempat dengan paparan sinar matahari secara langsung. Pengeringan bisa dilakukan dengan menganging-anginkannya kemudian mengelapnya menggunakan kain kering yang lembut.

Jika pengeringan tidak dilakukan dengan baik, sisa air bisa membekas di body motor dan terjadilah bercak-bercak. Bercak tersebut bisa terjadi jika sisa air di body motor kering karena terpapar sinar matahari. Oleh sebab itu, penggunaan lap kering lembut disarankan.

3.    Memarkirkan motor dengan tepat

Body motor bisa mengalami kerusakan atau tergores saat pemarkiran dilakukan dengan tidak benar. Selain itu, aktivitas sehari-hari juga bisa menyebabkan kerusakan pada body motor. Pemarkiran yang tidak tepat juga bisa menyebabkan cat hitam pada motor menjadi tampak kusam.

Jaga warna hitam motor Anda dengan menghindarkannya dari sorotan sinar matahari dalam waktu yang lama. Sebaiknya, Anda memarkirkan sepeda motor di tempat yang teduh. Tak hanya terlindung dari hujan, body motor juga tak terpapar sinar matahari secara langsung.

Anda pasti tahu, warna hitam lebih menyerap panas dibandingkan warna lain. Hal tersebut juga berlaku pada warna hitam sepeda motor. Oleh sebab itu, pemarkiran termasuk salah satu cara merawat cat motor warna hitam. Dengan demikian, warna hitam tidak akan cepat kusam atau tampak pudar. 

Rekomendasi