Penyebab Warna Mobil yang Cepat Kusam jika Sering Terjemur Matahari dan Tips Mencegahnya

| 23 Nov 2023 06:05
Penyebab Warna Mobil yang Cepat Kusam jika Sering Terjemur Matahari dan Tips Mencegahnya
Warna mobil kusam terjemur Matahari (pexels)

ERA.id - Pancaran langsung sinar Matahari bisa berdampak buruk pada warna cat mobil, salah satunya menjadi kusam. Apa yang perlu dilakukan pada warna mobil yang cepat kusam jika sering terjemur Matahari?

Penyebab Warna Mobil Cepat Kusam jika Sering Terjemur Matahari

Hal pertama yang perlu diketahui adalah penyebabnya. Panas sinar Matahari berpengaruh pada warna cat mobil karena ada inframerah dan ultraviolet. Hal tersebut dijelaskan oleh Singsing Tani, Chief Operating Officer Mothers Polish Indonesia.

"Paparan sinar matahari mengandung radiasi inframerah dan ultraviolet," terang Sing.

Cat pada mobil mendapatkan paparan radiasi tersebut saat mobil terjemur di bawah sinar Matahari. Jika cat mobil terpapar radiasi inframerah dan ultraviolet, terjadi oksidasi pada permukaan cat mobil.

"Oksidasi ini akan bereaksi terhadap lapisan pernis cat mobil," terang Sing.

Dia mengatakan, oksidasi akan berpengaruh terhadap unsur kimia pada lapisan pernis yang menyelimuti bodi mobil. Secara perlahan, lapisan pernis kehilangan konstruksi yang mengikat pada lapisan base coat cat mobil. Akibatnya adalah lapisan pernis cat mobil menipis dan kehilangan fungsi proteksi cat mobil.

"Cat mobil lebih terekspos dari cuaca dan partikel air atau hujan, jadi lebih cepat rusak," kata Sing.

Selain itu, warna cat mobil akan menjadi kusam atau pudar karena pengaruh jamur atau radiasi Matahari itu terhadap perubahan pigmen warna cat.

Memarkirkan mobil di tempat teduh (pexels)

Tips Mencegah Cat Mobil Kusam

Jika mobil digunakan atau dibiarkan di tempat terbuka seharian, kondisi kekuatan cat lama-lama bisa menurun dan menjadi kusam. Dampak tersebut memang tidak terjadi dalam waktu singkat, tapi hal ini perlu jadi perhatian, apalagi saat musim kemarau. Musim kemarau memungkinkan cuaca panas selama beberapa bulan.

Saat ini cat mobil sudah punya zat pelindung (coat), tapi warnanya tetap bisa memudar jika mobil berada di bawah terik Matahari secara terus-menerus. Pemilik mobil bisa melakukan antisipasi dengan melakukan perawatan menggunakan obat poles khusus. Pemberian obat poles khusus dilakukan sebagai perlindungan tamabhan bagi lapisan coat.

Perawatan cat mobil dapat dilakukan tiga bulan sekali pada cuaca apa pun. Itu karena faktor pemicu cat mobil mudah rusak bukan hanya terik Matahari, tapi juga air hujan dan kotoran binatang.

Lalu, apa obat poles yang bisa digunakan. Disarakan untuk tidak menggunakan bahan poles berbahan dasar silikon. Silikon mengandung oli sehingga pelindung kurang tahan terhadap suhu tinggi. Dengan kata lain, obat poles berbahan silikon tidak melindungi cat mobil untuk jangka waktu lama.

Selain itu, Anda perlu segera melakukan perbaikan jika muncul retakan pada cat mobil sebab hal tersebut bisa merembet ke bagian lain. Hal ini sebaiknya dikerjakan oleh bengkel khusus.

Satu cara paling sederhana untuk mencegah warna mobil cepat kusam jika sering terjemur Matahari adalah memarkirkan mobil di tempat teduh. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi