Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Adem dan Sejuk, Hindari Warna-Warna Ini

| 26 Aug 2022 18:06
Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Adem dan Sejuk, Hindari Warna-Warna Ini
Warna Cat Rumah yang Sejuk (Unsplash)

ERA.idWarna cat rumah memiliki dampak besar pada keseluruhan tampilan dan nuansa hunian Anda. Nah perlu Eramania tahu, ternyata ada lho cara memilih warna cat rumah yang sejuk.

Melalui artikel ini akan dibahas beberapa warna cat rumah yang terbaik yang membantu mendinginkan rumah. Nah, biasanya adalah cat yang lebih terang yang memantulkan panas.

Warna cat sebenarnya memiliki sifat yang berbeda, salah satunya adalah seberapa banyak cat memantulkan cahaya. Cat dengan lebih banyak partikel reflektif akan memantulkan lebih banyak cahaya dan menjaga cat tetap dingin.

Tips Memilih Warna Cat Rumah yang Sejuk

Warna yang lebih terang, termasuk biru pucat dan hijau, biasanya lebih dingin. Tapi, warna putih merupakan salah satu warna cat yang paling keren untuk membantu menyejukkan sebuah rumah.

warna putih dapat memantulkan cahaya dengan sempurn (Unsplash)

Faktanya, cat putih akan menjadi pilihan terbaik Anda karena memantulkan 100 persen cahaya yang tersedia. Perlu diketahui, warna putih memiliki kecenderungan untuk memantulkan cahaya alami di sekitar rumah Anda alih-alih menyerapnya, selain itu akan membuat ruangan kecil terlihat lebih besar.

Contoh lain dari warna yang lebih terang atau dingin untuk digunakan dalam cat atau pelapis Anda adalah biru muda. Selain itu, biru muda juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk banyak rumah karena memiliki karakteristik warna yang sama kerennya dengan putih namun tetap memberikan kesan mendalam.

Kemudian ada warna abu-abu yang juga sejuk karena memantulkan 90 hingga 95 persen cahaya yang tersedia. Warna cat abu-abu dingin biasanya lebih terang. Contoh warna cat abu-abu untuk membantu menyejukkan rumah adalah Grey Clouds karya Sherwin Williams, Shadow Grey karya Benjamin Moore, dan Loft Space karya Behr.

Tidak hanya itu, Anda dapat memilih warna hijau dan biru-hijau untuk memantulkan panas dan menciptakan perasaan yang lebih sejuk dibandingkan rona warna lainnya.

Terakhir kuning pucat juga dapat mendinginkan rumah. Kuning seperti halnya abu-abu muda yang dapat memantulkan 90 hingga 95 persen cahaya dan panas.

Cat Eksterior Terbaik untuk Iklim Panas

Selanjutnya, apa warna rumah terbaik untuk cuaca panas? Warna cat yang lebih terang cenderung lebih dingin daripada warna yang lebih gelap. Warna cat atap yang terang akan memantulkan panas dan cenderung menciptakan lingkungan yang lebih sejuk.

Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki kelembapan tinggi, semakin gelap warnanya, semakin besar kemungkinannya untuk menyerap kelembaban dan jamur/jamur yang tumbuh di dinding.

Warna Cat Apa yang Harus Dihindari?

Perlu dicatat! Jauhkan rumah Anda dari warna yang lebih gelap karena dapat benar-benar memanaskan ruangan. Warna-warna gelap  tersebut akan menyerap cahaya dan panas dari matahari yang membuat rumah Anda lebih panas.

Warna cat yang memiliki sifat reflektif paling sedikit adalah cat merah tua. Contoh warna gelap yang harus Anda hindari adalah Rosy Red, Dark Red, dan Black Iron.

Selain warna cat rumah yang sejuk, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman.

Rekomendasi