Cat Powder Coating, Bahan Dasar dan Cara Aplikasinya

| 21 Nov 2022 09:25
Cat Powder Coating, Bahan Dasar dan Cara Aplikasinya
Cat powder coating (Freepik)

ERA.id - Cat powder coating adalah cat dengan lapisan bubuk yang dapat memberikan hasil akhir yang tahan lama untuk bahan. Bahan ini biasanya digunakan dalam berbagai industri.

Terlepas dari kekokohannya, cat powder coating lama-kelamaan dapat mengalami lecet atau kerusakan lainnya. Namun, untuk mengecat lapisan bubuk membutuhkan persiapan dan pemilihan bahan yang tepat.

Cat Powder Coating Terbuat dari Apa?

Untuk memahami cara terbaik mengecat lapisan bubuk maka terlebih dahulu memahami terbuat bahannya dari apa. Dilansir dari tomburn, lapisan bubuk adalah alternatif untuk cat cair dan tersedia dalam bentuk bubuk kering.

Velg mobil yang dicat menggunakan cat powder coating (Twitter)

Sebagai pelapis cat bahan ini sangat cocok untuk logam seperti aluminium dan baja galvanis karena dapat menempel pada berbagai permukaan substrat lainnya.

Cat powder coating adalah senyawa yang terdiri dari resin khusus, pengisi dan pigmen, termasuk poliester termoseting, epoksi, dan poliester epoksi. Anda dapat menerapkannya menggunakan pistol semprot bertenaga udara berkecepatan rendah.

Setelah diterapkan, proses pengawetan menyatukan berbagai elemen dalam lapisan untuk menciptakan hasil akhir yang dicat.

Mengapa Anda tidak langsung mengaplikasikan cat saja? Lapisan bubuk menciptakan hasil akhir yang halus dan rata. Maka dari itu akan sangat menantang saat mengaplikasikan cat cair karena akan kesulitan mengikat dengan benar ke permukaan yang dilapisi bubuk.

Masalah lainnya adalah pada kinerja cat powder coating. Lapisan bubuk adalah solusi cat berkinerja tinggi yang menawarkan ketahanan abadi terhadap keausan, goresan, lecet, dan kondisi cuaca.

Jika bahan yang ingin Anda gunakan untuk mengecat powder coating tidak memenuhi standar yang sama, maka akan gagal menyamai performa powder coating. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengecat lapisan bubuk Anda harus melakukan persiapan yang matang.

Cara Menyiapkan Cat Powder Coating untuk Melukis

●        Pertama, bersihkan permukaan yang ingin Anda cat.

●        Anda harus membersihkan semua kotoran, kotoran, dan minyak. Hapus semua bahan yang lepas dengan kuas.

●        Selanjutnya, pertimbangkan bagaimana Anda bisa memastikan cat baru Anda akan menempel ke permukaan.

●        Gunakan kertas abrasif kelas halus. Biasanya, powder coating memiliki permukaan licin yang tidak memungkinkan cat menempel. Mengamplasnya dengan hati-hati akan memungkinkan Anda mengecatnya secara efektif.

●        Bersihkan area yang akan Anda lukis dengan pembersih pelarut yang sesuai.

●        Terakhir, bilas dengan air hangat, lalu biarkan hingga kering.

Cara Menyiapkan Cat Powder Coating untuk Memoles permukaan

Hal pertama yang harus Anda terapkan adalah primer, dan yang akan bekerja dengan bahan apa pun yang terbuat dari permukaan Anda. Primer yang berbeda paling cocok untuk aluminium atau baja, misalnya.

Primer juga memungkinkan Anda menguji daya rekat.

Oleskan sedikit primer terlebih dahulu. Tunggu 20 hingga 30 menit lalu coba bersihkan. Jika mudah terhapus, kotor atau kotor, ini berarti tidak ada cukup daya rekat antara cat dan permukaan.

Jika noda sudah stabil, Anda dapat melanjutkan dengan melapisi seluruh permukaan yang ingin Anda cat dengan primer.

Menggunakan Powder Coating Sebagai Cat

Terdapat beberapa langkah menggunakan powder coating  sebagai cat, berikut ini beberapa di antaranya:

●        Setelah cat primer mengering, Anda bisa mengaplikasikan cat.

●        Penting untuk memilih jenis yang tepat untuk tugas tersebut.

●        Produk berbasis epoksi akan menempel pada sebagian besar permukaan, tetapi cat enamel cenderung lebih hemat biaya.

●        Mereka juga menempel dengan baik pada primer yang paling cocok untuk permukaan paduan logam.

●        Saat Anda mengaplikasikan cat, pertimbangkan lapisan apa yang tepat untuk produk Anda dan hasil akhir seperti apa yang ingin Anda capai.

Anda akan membutuhkan beberapa mantel. Waktu pengeringan antar lapisan, dan setelah Anda selesai mengecat, akan bergantung pada jenis cat dan sifat permukaan yang Anda aplikasikan.

Selain cat powder coating, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi