Tak Usah Khawatir, Inilah Beberapa Cara Menghilangkan Cat di Baju

| 23 Oct 2022 09:10
Tak Usah Khawatir, Inilah Beberapa Cara Menghilangkan Cat di Baju
Ilustrasi noda tinta pada baju dan cara menghilangkannya. (Pixabay)

ERA.id - Noda cat yang menempel pada baju kita memang cukup membuat kesal karena begitu sulit dibersihkan. Namun, tak perlu khawatir, dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa cara menghilangkan cat di baju yang dapat Anda lakukan.

Ilustrasi pakaian bersih dari noda membandel. (PIXABAY)

Pada umumnya, baju yang ternoda oleh cat langsung dibuang atau dijadikan kain lap karena pemiliknya tak ingin repot-repot membersihkannya. Tentunya hal ini sangat disayangkan, apalagi jika baju yang terkena noda cat adalah pakaian favorit Anda yang mungkin didapatkan dari orang terkasih.

Nah, untuk menyelamatkan baju Anda dari noda cat, simak cara menghilangkan cat di baju berikut ini.

Mengenal Jenis Cat

Berdasarkan bahan dasarnya, ada dua macam jenis cat, yaitu water-based dan oil-based. Sesuai dengan namanya, cat water-based memiliki bahan dasar air, adapun oil-based berasal dari bahan dasar minyak.

Cat dengan bahan dasar air pada umumnya lebih mudah dibersihkan karena mampu larut dalam air. Sebaliknya, cat dengan bahan dasar minyak lebih sulit dibersihkan sehingga kita membutuhkan bahan-bahan tertentu.

Dengan memahami apakah cat tersebut berjenis water-based atau oil-based, Anda akan bisa memilih cara yang efektif untuk melenyapkan noda cat.

Cara Menghilangkan Cat di Baju

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara menghilangkan noda cat di baju sesuai dengan bahan jenis catnya.

Membersihkan Cat Berbahan Dasar Water-Based dengan Detergen

Cat berbahan dasar air akan lebih mudah Anda bersihkan ketika masih basah. Jadi, sebaiknya Anda tidak menunda-nunda untuk membersihkannya.

Begitu Anda menyadari baju yang dikenakan terkena cipratan cat, segeralah cuci dengan air mengalir. Bila memungkinkan, agar noda cat lebih cepat luntur, cuci noda cat dengan air hangat.

Anda juga dapat memanfaatkan detergen pakaian yang biasa digunakan untuk membersihkan noda cat dengan lebih mudah. Pasalnya, detergen mampu membuka serat kain sehingga noda cat lebih mudah lenyap.

Penggunaan sikat juga dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses mengangkat noda cat, tetapi pastikan terlebih dulu bahan pakaian milik Anda. Jika baju Anda memiliki bahan yang lembut, lebih baik dikucek saja agar permukaannya tidak rusak oleh sikat yang kasar.

Melenyapkan Noda Cat dengan Spiritus

Menghilangkan noda cat di baju juga dapat Anda lakukan dengan bahan spiritus, terutama pada cat jenis oil-based. Cara ini dijamin manjur karena spiritus terdiri dari bahan utama thinner, yaitu produk yang dimanfaatkan untuk mengencerkan cat minyak.

Spiritus bisa Anda dapatkan di toko bangunan. Namun, sebelum melanjutkan dengan menggunakan spiritus, Anda perlu memahami jika spiritus merupakan senyawa yang beracun dan memiliki bau yang tajam.

Jika terminum, spiritus akan berisiko besar untuk keselamatan nyawa dan jika terkena kulit sensitif, kemungkinan akan menimbulkan iritasi. Selain itu, penggunaan spiritus mungkin juga terlalu keras bagi jenis pakaian tertentu.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan menggunakan spiritus, ada baiknya Anda melakukan uji coba sederhana. Caranya adalah dengan menyiramkan sedikit spiritus pada bagian baju yang tersembunyi.

Jika aman, berarti Anda dapat menggunakan spiritus untuk menghilangkan noda cat. Cara penggunaannya bisa Anda lakukan seperti menggunakan bahan bensin, yaitu dengan menggosokkan spiritus pada noda cat.

Melenyapkan Cat Oil-based dengan Bensin

Jika baju Anda terkena noda cat jenis oil-based, Anda dapat menyelamatkannya dengan menggunakan bahan bensin. Bahan bakar ini memiliki kemampuan untuk melarutkan minyak sehingga noda cat dapat terangkat dengan mudah.

Caranya adalah dengan memanfaatkan spons yang sudah dibasahi bensin. Gosokkan spons tersebut pada bagian yang terkena noda cat hingga noda menghilang.

Namun, bensin meninggalkan bau menyengat, jadi setelahnya Anda harus mencucinya dengan detergen. Jika masih ada noda yang tersisa, Anda dapat merendam baju dengan larutan detergen dan juga air panas.

Gunakan Cuka

Jika Anda kurang cocok dengan cara-cara di atas karena memanfaatkan bahan kimia, Anda juga bisa menggantinya dengan menggunakan cuka.

Walaupun mengeluarkan aroma asam, penggunaan cuka lebih aman karena cairan ini adalah bahan makanan yang aman. Penggunaan cuka cocok untuk membersihkan noda pada pakaian anak-anak yang terkontaminasi cat dan aman bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif.

Anda dapat melakukannya dengan mengoleskan cuka pada noda cat, selanjutnya diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya, gosok menggunakan sikat atau kucek seperti biasa.

Nah, demikianlah beberapa cara menghilangkan cat di baju yang bisa Anda lakukan. Pilihlah salah satu cara yang sekiranya membuat Anda nyaman dan aman. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : cat minyak pakaian
Rekomendasi