5 Tips Agar Resolusi Tahun Baru Dapat Terwujud

| 16 Dec 2022 23:01
5 Tips Agar Resolusi Tahun Baru Dapat Terwujud
Ilustrasi bunga api (Unsplash)

ERA.id - Setiap tahunnya, jutaan orang akan membuat resolusi Tahun Baru dan berharap memicu perubahan positif. Apakah Anda salah satu orang yang selalu membuat daftar resolusi?

Terdapat beberapa tema yang berulang setiap tahunnya, mencakup pendekatan yang lebih aktif terhadap kesehatan dan kebugaran, peningkatan keuangan, dan mempelajari hal-hal baru untuk pengembangan pribadi dan profesional.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychology, hanya 46% orang yang membuat resolusi Tahun Baru dan berhasil. Itu berarti lebih dari separuh orang yang menetapkan tujuan untuk tahun baru akan gagal!

Studi juga melibatkan non-resolvers, yaitu orang-orang yang tidak membuat resolusi tahun baru tetapi memiliki tujuan yang ingin dicapai pada tahun tersebut. Hanya 4% dari mereka yang berhasil mencapai tujuan mereka, hasil yang jauh lebih suram daripada mereka yang membuat resolusi Tahun Baru.

Tentu saja, kami tidak ingin Anda berada di kelompok orang-orang yang gagal mencapai impian mereka untuk tahun 2023, jadi kami telah menyusun beberapa rencana lengkap untuk menindaklanjuti resolusi Anda.

Cara Agar Resolusi Tahun Baru Tercapai

  1. Persiapkan mental untuk perubahan

Mengubah kebiasaan yang sudah mendarah daging bukanlah tugas yang mudah, jadi sebelum terjun lebih dulu ke tujuan Tahun Baru Anda, penting untuk mengambil langkah mundur dan bersiap untuk perubahan yang akan datang itu.

Terobosan pertama dalam perubahan adalah melakukan inventarisasi pribadi. Karena ini adalah akhir dari satu tahun dan awal tahun berikutnya, ini adalah waktu yang tepat untuk mencatat pencapaian tahun lalu. Pikirkan hal-hal berikut:

●        Apa yang ingin dilakukan di tahun lalu?

●        Di mana saya membuat kemajuan?

●        Di mana saya tidak melihat kemajuan?

  1. Menikmati Kemajuan

    Nikmati segala kemajuan yang Anda lakukan (Unsplash)

Secara alami, resolusi Anda mungkin berfokus pada area yang kurang kemajuan, tetapi jangan lupa untuk menikmati kemajuan yang dibuat dan temukan cara kecil untuk merayakannya.

Perasaan bahagia berguna! Jika memungkinkan, coba kaitkan dengan objek atau kata yang berkaitan dengan pencapaian Anda. Anda pasti ingin tetap optimis dengan resolusi baru Anda, sehingga Anda dapat menggunakan asosiasi positif tersebut dengan pencapaian tahun lalu untuk mengingatkan Anda tentang perasaan baik itu saat Anda merasa tertantang.

  1. Memikirkan Perubahan

Kemudian saat Anda mulai memikirkan tentang perubahan yang ingin diterapkan, pastikan untuk melakukan hal berikut:

●        Tetap positif

●        Cobalah untuk tidak membuat perubahan besar/cepat

●        Perubahan harus bertahap

●        Membangun perubahan yang lebih kecil

●        Berikan sedikit ruang untuk kesalahan

  1. Tetapkan tujuan yang memotivasi Anda

    Tetapkan tujuan yang membuat Anda termotivasi (Unsplash)

Anda akan terkejut betapa seringnya orang menetapkan tujuan yang bukan untuk dirinya sendiri. Tujuan ini biasanya didikte atau dipaksa oleh manajer, pasangan, atau tekanan orang tua/teman sebaya.

Meskipun bagus memiliki beberapa dukungan eksternal, jika Anda tidak memiliki minat yang sama maka resolusi memiliki peluang kecil untuk berhasil dan bahkan bisa mati saat tiba waktunya.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memastikan tujuan yang Anda tetapkan penting bagi Anda dan hanya Anda dan ada nilai atau manfaat bagi Anda dalam mencapai tujuan tersebut.

  1. Pikirkan Apa Resolusi Anda

Setidaknya apa yang Anda pertaruhan untuk resolusi, setidaknya akan aman jika resolusi Anda selaras dengan beberapa hal berikut ini:

●        Tujuan Anda

●        Prioritas Anda

●        Mimpimu

●        Aspirasi Anda

Dengan demikian, Anda tidak hanya harus menyelaraskan keinginan terdalam, tetapi Anda juga harus memastikan resolusi selaras dengan prioritas utama. Pada titik ini akan mengarah pada sikap "harus melakukan".

Jika sasaran Anda berpusat pada karier, cobalah hal seperti meningkatkan keterampilan Excel Anda, dan membuat rencana pengembangan profesional sendiri adalah cara yang bagus untuk tetap termotivasi di jalur menuju sasaran Anda.

Selain resolusi tahun baru, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi