Bagaimana Cara Merawat Sepatu Suede? Simak Penjelasannya di Sini

| 08 Jan 2023 06:15
Bagaimana Cara Merawat Sepatu Suede? Simak Penjelasannya di Sini
Ilustrasi sepatu suede. (Foto: Pixabay)

ERA.id - Suede merupakan material atau bahan dari bagian bawah kulit hewan yang lebih lembut dan lentur. Suede sering digunakan sebagai material dari jaket, tas, dompet, hingga sepatu. Suede termasuk bahan yang sensitif dalam kondisi baik, terlebih dalam jangka waktu lama terutama jika sedang memasuki musim hujan, suede menjadi lebih lembab. Air dan debu menjadi musuh utama bagi bahan suede. Oleh karena itu, Anda harus memahami cara merawat sepatu suede.

Ilustrasi sepatu bahan suede (Unsplash/ Maxwell Nelson)

Merawat bahan suede merupakan hal yang tricky. Perlu perhatian dan cara khusus untuk merawat bahan suede agar tepat, apalagi sepatu suede yang rawan lembab dan terkena debu serta air.

Cara Merawat Sepatu Suede

Beberapa tips merawat sepatu suede yang perlu diketahui terdapat pada tulisan di bawah ini.

Menggunakan Spray Pelindung

Sama seperti kulit yang berada di bawah panas matahari tanpa sunscreen, sepatu berbahan suede juga perlu perlindungan ekstra sebelum dipakai. Pakai spray pelindung sepatu suede yang bisa didapatkan di toko reparasi sepatu. Aplikasikan secara tipis sudah cukup merawat permukaan bahannya selama beberapa bulan. Perlindungannya pun membuat kotoran tak mudah menempel dan menyerap ke bahan suede.

Menggunakan Sikat

Tips lainnya yang perlu diperhatikan yaitu sebelum dan sesudah disemprot, pastikan untuk menyikatnya. Nail buffer yang sudah tidak terpakai dapat dipakai sebagai pengganti fungsi sikat yang jauh lebih lembut untuk membersihkan permukaan sepatu berbahan suede. Tips menyikat ini akan membuat bahan suede jadi lebih shiny.

Menggunakan Cuka Putih Untuk Noda Membandel

Sayang sekali jika sepatu baru berbahan suede terkena tumpahan kopi. Noda seperti itu membuat kesal karena terlihat bekasnya, menjadikan tampilan sepatu tampak dekil. Untuk membersihkan noda seperti kopi atau soda, gosok dan sikat kotoran dengan penghapus (amplas sepatu). Untuk noda yang lebih berat, hapus noda menggunakan sedikit cuka putih pada handuk bersih. Usap beberapa kali noda tersebut perlahan-lahan memudar.

Menggunakan Tepung Jagung atau Bedak Tabur

Noda berupa cairan juga dapat dibersihkan dengan cara tepuk-tepuk area tersebut dengan kain bersih atau handuk bersih kemudian oleskan satu lapis tepung jagung atau bedak tabur. Diamkan semalaman, kemudian sikat keesokan harinya dengan sikat suede untuk menghapus bubuk yang tertinggal.

Menggunakan Uap Air

Jika suede mulai terlihat lusuh dan tidak bertekstur lagi, dapat menggunakan tips gosok dengan sikat gigi bersih atau handuk bersih berbahan terry cloth (handuk bertekstur). Jika kondisi permukaan sepatu sudah sangat buruk, letakkan sepatu di atas uap (boleh dari panci) selama beberapa detik, kemudian gosok dengan handuk.

Jangan Bersihkan Dengan Air!

Seperti yang sudah dibahas jika musuh utama bahan suede adalah air dan debu, maka jangan pernah mencoba membersihkan suede hanya dengan air saja karena dapat memengaruhi warna dan tekstur sepatu suede. Warna sepatu suede dapat menjadi lebih gelap dan teksturnya dapat menjadi lemah.

Serahkan ke Tangan Ahli

Jika semua cara yang disebutkan di atas telah dicoba tetap gagal, pertimbangkan untuk membersihkan sepatu secara profesional. Tentunya, ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa sepatu suede dapat terlihat baru lagi. Sepatu suede dapat dibawa ke tempat shoes spa yang belakangan ini menjadi tren.

Memiliki sepatu berbahan suede menjadi kesenangan dan kebanggaan tersediri, kualitas suede yang baguspun menjadikan harga tinggi dan berkelas. Merawat sepatu berbahan suede memperlihatkan ketelatenan dari pemiliknya, meskipun beberapa orang justru senang memiliki dan memakai sepatu suede yang sudah belel.

Demikianlah penjelasan mengenai cara merawat sepatu suede. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : Sepatu kopi
Rekomendasi