Rekomendasi Outfit Kondangan Pria: Kombinasi Gaya 'Smart Casual'

| 22 Oct 2022 12:10
Rekomendasi <i>Outfit</i> Kondangan Pria: Kombinasi Gaya 'Smart Casual'
Ilustrasi outfit kondangan pria (Unsplash)

ERA.id - Siapa bilang pria tidak peduli dengan penampilannya? Agar selalu tampil maksimal, pria memang harus tidak kalah dengan wanita dalam hal berpakaian terutama menghadiri pesta pernikahan. Artikel ini akan membahas outfit kondangan pria dengan berbagai kombinasi.

Smart casual atau Cerdas dan santai adalah yin-yang dalam fashion Anda. Lantas apa sebenarnya smart casual itu?

Gaya ini pertama kali muncul di tahun 50-an sebagai perpanjangan dari santai dan bisnis. Joe Ottaway, seorang stylist, mendefinisikan smart casual sebagai paduan kemeja, dasi, blazer, dan jeans.

Outfit Kondangan Pria, Pilih Batik Kasual atau Formal?

Kombinasi batik smart casual (Unsplash)

Cara termudah untuk menata kemeja batik agar terlihat kasual adalah dengan membiarkannya terbuka dengan bagian dalamnya ada kaos berwarna putih. Gaya tersebut akan cocok dikombinasikan dengan celana panjang, sepatu kets, atau sepatu formal.

Kemudian apabila Anda memilih gaya formal, bisa mengkombinasikan kemeja batik kasual dengan mengenakan blazer. Tips: padukan motif batik yang halus dengan blazer berwarna gelap.

Memilih Blazer untuk Kondangan

Tidak seperti jas formal pada umumnya, cobalah setelan santai yang memiliki bahu lebih lembut dan fit yang santa. Anda dapat memadukan blazer dengan kaos putih kemeja kerah.

Blazer tanpa alas bahu, tanpa garis, saku tempel, dan kain yang lebih ringan dapat membuat setelan Anda lebih kasual. Memilih blazer yang tidak terstruktur terlihat cukup cerdas, tetapi terasa santai untuk dikenakan.

Memilih Sepatu

Daripada memakai sepatu formal pria yang mewah, memilih sneaker seperti Adidas Stan Smith adalah pilihan bijaksana dan dapat diterima oleh sebagian besar orang. Sneaker merupakan sepatu yang tak lekang oleh waktu, dapat diandalkan, nyaman, dan serbaguna.

Sneakers menjadi pilihat tepat (Unsplash)

Selain itu, Anda dapat memilih derby suede sebagai sepatu kasual yang cocok untuk dikenakan dengan setelan jas atau memberikan efek meninggikan celana jeans atau celana chino.

Selain itu, memilih sepatu derby suede dapat membuat lemari pakaian yang kuat dan tak lekang oleh waktu. Menariknya, hal tersebut tidak terlalu menghabiskan banyak uang untuk membeli pakaian.

Penting juga untuk merawat sepatu suede Anda karena sangat rentan terhadap kerusakan, terutama dari air dan lumpur. Belilah sikat dan sampo suede untuk melakukan pembersihan secara rutin.

Memilih Celana Pria

Jika ada keraguan memakai celana jeans maka celana chino adalah pilihan yang tepat. Memilih celana chino klasik dan slim fit tidak pernah menjadi pilihan yang salah. Keindahan celana chino slim-fit terletak pada keserbagunaannya karena dapat ditata dengan cara apa pun yang Anda inginkan.

Celana chino memiliki potongan tinggi di pergelangan kaki dengan sentuhan modern dan memiliki warna kalem seperti  krem, abu-abu, dan biru tua.

Jika bosan dengan celana chino, celana berpinggang serut yang populer dapat menjadi pilihan cerdas. Celana legwear santai menawarkan semua kenyamanan dengan potongan yang tajam dan tampilan yang cerdas.

Celana ini cocok dikenakan sebagai pakaian sehari-hari dengan kombinasi seperti kaos polos atau sepatu kets minimalis.  Beberapa celana ini juga menyembunyikan tali serut di bagian dalam pinggang dengan penutup kait atau kancing.

Selain outfit kondangan pria, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi