Rekomendasi Cara Menjernihkan Mata dengan Teknik Sederhana

| 14 Jan 2023 07:10
Rekomendasi Cara Menjernihkan Mata dengan Teknik Sederhana
Ilustrasi mata jernih (freepik)

ERA.id - Mata yang tampak merah bisa menjadi tanda bahwa mata sedang kelelahan. Mata lelah bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya kebiasaan begadang, dehidrasi, radiasi gawai, masalah kesehatan, dan asap rokok. Cara menjernihkan mata bisa dilakukan agar mata kembali segar.

Mata yang segar dan sehat membuat indra penglihatan lebih nyaman dan optimal. Selain itu, penampilan semakin menarik jika mata tampak segar dan sehat. Beberapa hal berikut ini bisa dilakukan untuk mengembalikan kesegaran mata yang lelah.

Cara Menjernihkan Mata yang Lelah

Dikutip Era dari alodokter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata atau mengembalikan kesegaran mata, salah satunya adalah berkonsultasi ke dokter spesialis mata. Ada pula hal lain yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

·         Mengonsumsi sayuran dan buah berwarna

·         Minum sebanyak 8 hingga 10 gelas air putih/benih per hari

·         Tidur cukup, sekitar 7 hingga 8 jam per hari

·         Tidak menggosok mata saat mata terkena asap atau debu

·         Tidak terlalu lama melihat TV, komputer, dan ponsel

Itu merupakan gaya hidup yang perlu Anda lakukan sehari-hari dan terus-menerus. Gaya hidup sehat dapat membuat mata Anda kembali segar dan jernih. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk segera mendapatkan hasil mata yang lebih segar.

1. Latihan mata

Latihan mata bisa membuat mata Anda lebih tenang dan meningkatkan sirkulasi darah. Ada beberapa latihan mata yang bisa Anda coba.

Salah satu contoh latihan mata adalah menutup, mengeratkan, dan membuka mata. Anda bisa melakukannya dengan menutup mata, kemudian mengeratkan mata tertutup tersebut, kemudian membukanya dengan cepat. Ulangi hal tersebut beberapa kali agar mata kembali segar. Anda bisa melakukan latihan tersebut atau mencoba latihan-latihan lain yang membuat mata lebih segar.

2. Kompres dengan kantong teh celup

Anda bisa mendapatkan manfaat dari kantong teh celup bekas. Sebelum membuangnya karena sudah terpakai, manfaatkan kantong teh celup bekas untuk menyegarkan mata dengan cara pengompresan.

Teh memiliki antioksidan yang bisa memberikan manfaat pada mata, misalnya mengurangi pembengkakan. Perlu diperhatikan, pastikan kantong teh celup tersebut tidak tercampur dengan gula.

3. Kompres dengan mentimun atau kentang

Ilustrasi kompres mata dengan mentimun (freepik)

Mentimun dan kentang juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mata, terutama untuk menyegarkan, mengurangi bengkak, dan menghilangkan kantong mata.

4. Menjaga mata tetap terhidrasi

Cara menjernihkan mata yang terakhir adalah dengan menjaga mata agar tetap terhidrasi. Percikan air bersuhu ruangan beberapa kali setiap hari. Jika Anda menatap layar gawai, berkediplah lebih sering untuk mencegah mata kering. Selain itu, alihkan pandangan ke objek yang jauh selama beberapa menit seteleh beberapa menit melihat gawai.  

Rekomendasi