Dekorasi Imlek di Rumah? Coba dengan Pernak-Pernik Ini Agar Semakin Meriah

| 20 Jan 2023 20:05
Dekorasi Imlek di Rumah? Coba dengan Pernak-Pernik Ini Agar Semakin Meriah
Ilustrasi imlek (Unsplash)

ERA.id - Hari Imlek atau Tahun Baru Cina adalah salah satu perayaan yang paling dinantikan dan cukup meriah. Selain dijadikan momen berkumpul bersama keluarga, tradisi memasang dekorasi Imlek di rumah juga merupakan pengalaman yang menyenangkan. Dalam artikel ini akan dibahas dekorasi imlek di rumah.

Dekorasi imlek di rumah seperti lampu hiasan dinding, lampion Imlek, dan pohon angpau yang didominasi warna merah dan emas bisa semakin mempercantik sekaligus membuat hari perayaan Imlek lebih meriah.

Ilustrasi foto Imlek (Sumber: Commons Wikimedia)

Nah, jika Anda berniat menyempurnakan suasana Imlek di rumah, Anda dapat mencoba beberapa ide dekorasi Imlek di bawah ini.

Dekorasi Imlek di Rumah

Pohon Angpau

Hari perayaan Imlek juga sangat identik dengan angpau, yaitu amplop warna merah yang penuh hiasan berwarna emas dan berisi sejumlah uang. Angpau pada umumnya dibagikan kepada anak kecil dan yang masih lajang.

Nah, untuk dekorasi Imlek di rumah, Anda bisa mengkreasikannya dengan membuat pohon angpau yang unik. Pohon angpau merupakan simbol rezeki dan kesejahteraan di Tahun Baru Cina. Anda bisa pilih angpau dengan motif ranting dan bunga musim semi untuk menambah kesan klasik.

Lampion

Lampion merupakan salah satu ornamen penting dalam dekorasi Imlek yang identik dengan warna merah. Anda dapat menggantung lampion di area ruang keluarga maupun ruang makan.

Selain untuk membuat meriah suasana Imlek, lampion juga mengandung filosofi yang mendalam. Warna nyala merah disimbolkan sebagai bentuk pengharapan akan rezeki, keberuntungan, dan kebahagiaan yang akan menghampiri Anda.

Pernak Pernik Meja Makan

Acara utama dalam Tahun Baru Imlek tentu saja adalah makan bersama keluarga. Oleh sebab itu, Anda perlu mendekor ruang makan dengan aksesori meja makan seperti taplak meja berwarna pastel dengan detail warna merah, alas piring dan gelas yang dapat menampilkan kesan cerah.

Anda juga dapat menikmati santapan bersama keluarga dengan nyaman dan hari perayaan pun semakin meriah dengan adanya pernak pernik di meja makan.

Pohon Mei Hua

Dekorasi Imlek juga identik dengan keberadaan pohon Mei Hua yang terdapat ranting cokelat dan bunga berwarna merah muda keputih-putihan. Pohon ini dihiasi dengan angpau dan lampion kecil, dan juga hiasan kertas berwarna emas.

Pohon Mei Hua ini bisa Anda letakkan di depan rumah atau di ruang tamu untuk menampilkan kesan elegan dan keren. Selain itu, pohon ini juga disimbolkan sebagai kebahagiaan, keuletan, dan kesejahteraan.

Lilin Imlek

Ide dekorasi Imlek di rumah selanjutnya adalah lilin besar dengan warna merah yang dapat menambah kesan elegan di dalam rumah.

Lilin Imlek sendiri identik dengan simbol rezeki yang terang di tahun yang baru dan juga sebagai lambang syukur atas doa yang terkabul.

Jeruk Mandarin

Jeruk mandarin juga dapat menjadi salah satu ide dekorasi Imlek di rumah. Anda dapat memanfaatkan imitasi pohon yang dipenuhi jeruk mandarin di samping pintu maupun di meja ruang tamu.

Buah khas Imlek ini biasa disebut dengan ‘chi zhe’, buah yang disimbolkan sebagai pengharapan pendatang rezeki. Selain itu, masyarakat Tionghoa juga meyakini bahwa warna oranye dianggap sebagai simbol emas.

Hiasan Dinding

Agar hari perayaan semakin meriah, Anda juga dapat memasang berbagai hiasan dinding dengan tema Imlek di ruang keluarga dan ruang tamu.

Anda dapat memilih kertas dengan beragam gambar tumbuhan atau hewan yang berbau khas Tahun Baru Cina maupun ukiran doa dalam bahasa mandarin. Dekorasi Imlek di rumah ini dapat dikatakan cukup praktis dan wajib ada pada setiap perayaan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : imlek lampion tips
Rekomendasi