Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran dengan Dana Terbatas

| 23 Jun 2024 06:35
Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran dengan Dana Terbatas
Cara mengatasi sepatu kebesaran (freepik)

ERA.id - Pernahkah Anda membeli sepatu yang ternyata terlalu besar untuk kaki? Jangan terburu-buru menukarkan, karena terdapat beberapa cara mengatasi sepatu kebesaran yang mudah diaplikasikan.

Sepatu yang kebesaran tidak hanya membuat penampilanmu kurang menarik, tapi juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat dipakai, bahkan bisa menimbulkan lecet atau cedera.

Bagaimana Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran?

Dilansir dari laman Liberty Zeno, berikut ini terdapat beberapa tips bagi Anda yang memiliki sepatu dengan ukuran terlalu besar:

  1. Mengecilkan Sepatu dengan Air

Sepatu yang terlalu besar ternyata dapat digunakan setelah Anda mengecilkan dengan air. Namun, metode ini bisa merusak sepatu, terutama jika terbuat dari kulit. Untuk itu, periksa kotak sepatu untuk petunjuk sebelum mencoba trik ini.

Alat yang Dibutuhkan:

  • Air
  • Botol semprot atau ember kosong
  • Kaos kaki
  • Pengering rambut

Langkah-Langkah:

  •  Basahi sepatu: Gunakan semprotan jika terbuat dari kulit, kemudian rendam dalam ember air selama satu jam jika terbuat dari kanvas.
  • Keringkan dengan pengering rambut atau sinar matahari (gunakan pengering rambut untuk sepatu kulit).
  • Coba sepatu setelah kering. Ulangi langkah diatas jika sepatu masih terlalu besar.
  • Setelah pas, poles atau kondisikan sepatu, terutama jika terbuat dari kulit. Sepatu kulit yang dikeringkan saat dipakai juga dapat memberikan hasil yang lebih pas.
  1. Pakai Kaos Kaki Tebal

Memakai kaos kaki tebal bisa membantu jika sepatu Anda lebih besar satu ukuran. Cara ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Anda bisa mengganti kaos kaki tipis dengan kaos kaki yang lebih tebal atau menggabungkan beberapa pasang kaos kaki.

Meskipun demikian, trik ini hanya cocok untuk sepatu atletik, bukan sepatu resmi. Kemudian hindari trik ini jika cuaca panas karena akan membuat tidak nyaman.

Pakai Kaos Kaki Tebal (freepik)
  1. Coba Insole Baru

Insole bisa digunakan untuk mengatasi sepatu yang terlalu besar. Berbagai jenis insole tersedia dan menjadi pilihan yang paling hemat. Anda bisa menggunakan dua hingga tiga insole berbahan busa untuk mendapatkan ukuran yang lebih pas.

  1. Gunakan Stuffing

Jika tidak ada opsi kaos kaki atau insole, maka Anda dapat menggunakan kapas, tisu, kain tipis, atau kertas toilet di sekitar kaki atau bagian depan sepatu agar pas.

Namun stuffing cocok untuk sepatu boot, flat, dan sepatu tertutup. Selain itu, hHindari stuffing untuk berjalan jauh atau berolahraga.

Sebelum melanjutkan membaca, bagi Anda yang tidak mau ribet dan tidak mengulangi kesalahan pemilihan ukuran sepatu di kemudian hari, baca juga artikel yang membahas Cara Pilih Ukuran Sepatu

  1. Gunakan Balls of Footpads

Balls of footpads sama baiknya dengan insole dan akan membuat lebih nyaman ketika dipakai. Selain itu, cara ini menjadi yang lebih murah dan mudah didapatkan. Namun balls of footpads hanya cocok untuk sepatu hak tinggi dan flat yang lebih besar.

  1. Tambahkan Pita di Dalam

Anda bisa menjahit pita elastis di bagian belakang sepatu untuk mengencangkan sepatu yang terlalu lebar. Untuk itu, minta bantuan tukang sepatu jika perlu. Namun cara ini hanya cocok untuk sepatu sneaker dan sepatu bot ankle-length.

  1. Gunakan Shoe Fillers

Berbagai shoe fillers terbuat dari silikon, polyurethane, dan lainnya biasa dimasukkan ke dalam toe box. Benda ini juga dapat memendekkan panjang sepatu beberapa sentimeter.

Coba gabungkan fillers dengan heel liners untuk kenyamanan lebih. Menariknya, cara ini dapat digunakan dengan berbagai jenis sepatu dan menjadi trik yang paling hemat biaya.

Selain cara mengatasi sepatu kebesaran, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi