Mengatasi Tembok Rumah yang Lembab dan Berair? Simak Cara Berikut!

| 02 Apr 2023 08:23
Mengatasi Tembok Rumah yang Lembab dan Berair? Simak Cara Berikut!
Ilustrasi tembok (Pixabay)

ERA.id - Salah satu hal yang mengurangi keindahan rumah Anda adalah dinding yang terkelupas karena lembap. Jika rumah Anda termasuk yang terkendala dengan persoalan ini, sebaiknya ikuti terus ulasan artikel mengenai cara mengatasi tembok rumah yang lembap berikut.

Sebenarnya banyak faktor yang membuat tembok rumah menjadi lembap dan berair. Misalnya, tembok rumah terkena percikan air hujan, ventilasi buruk, terdapat kebocoran, menjemur pakaian basah di dalam rumah, dan sebagainya. Jika Anda memahami penyebab dari tembok rumah yang lembap, tentunya Anda akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Bahaya dari Dinding Lembab

Dinding yang lembab dan basah merupakan penyebab utama dari pertumbuhan jamur. Jika Anda tidak sengaja menghirup ataupun bersentuhan dengan jamur pada tembok rumah Anda, maka akan ada risiko yang bisa saja terjadi.

Ilustrasi tembok rumah yang lembab (Pixabay)

Apalagi jika jamur sudah menjalar terlalu subur di dinding, tidak menutup kemungkinan lama kelamaan jamur akan terkelupas dan jatuh di atas makanan atau barang-barang.

Pertumbuhan jamur tersebut tentunya memberikan risiko untuk kesehatan Anda yang menghuni rumah. Sebut saja alergi, sinusitis, kesulitan bernapas bagi penderita asma, dan juga infeksi bakteri yang berdampak buruk untuk pencernaan.

Cara Mengatasi Tembok Rumah yang Lembab

Setelah memahami penyebab tembok rumah yang lembab, di bawah ini merupakan cara-cara untuk menanganinya jika jamur sudah telanjur tumbuh.

Amplas Permukaan Tembok yang Tumbuh Jamur

Anda bisa menghilangkan jamur dengan cara menyikatnya dengan amplas. Cukup dengan menggosok permukaan dinding yang berjamur hingga semuanya terlepas.

Setelah diamplas, pori-pori yang ada pada tembok rumah sudah tidak akan tertutup lagi. Uap air pun tidak akan terjebak lagi di dalam ruangan, sehingga aroma lembap dan apak akan lenyap secara alami.

Membersihkan Tembok dengan Cuka

Jika jamur yang tumbuh pada area tertentu pada tembok rumah masih sedikit, Anda dapat membersihkannya dengan asam cuka. Caranya adalah dengan mencampurkan asam cuka dengan air. Selanjutnya semprotkan larutan tersebut pada dinding yang berjamur. Kemudian, Anda hanya perlu membersihkan jamur-jamur itu dengan cara menyikatnya sampai terlepas.

Menyusun Keramik pada Area yang Lembab

Keramik merupakan salah satu bahan yang kedap air. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih keramik sebagai opsi untuk mengatasi tembok yang lembab dan berjamur.

Keramik terdiri dari banyak sekali ragam dengan motif-motif yang cantik, sehingga mampu memberi kesan estetika dalam hunian.

Melapisi Dinding dengan Cat Tembok Waterproof

Cara sederhana lain untuk mengatasi tembok yang lembab yaitu melapisinya dengan cat tembok yang mengandung bahan waterproof atau kedap air. Tidak perlu ragu untuk meminta rekomendasi cat dinding yang bermutu kepada ahli bangunan.

Anda hanya harus mencampur cat dengan air dengan perbandingan 50:50. Kemudian oleskan campuran tersebut pada dinding hingga merata dan tunggu hingga kering. Selanjutnya lapisi lagi hingga dua kali untuk perlindungan maksimal.

Memasang Wallpaper pada Dinding yang Lembab

Jika Anda tidak ingin tembok rumah menjadi lembab dan berjamur, salah satu cara penanganannya adalah dengan cara memasang lapisan pada tembok menggunakan wallpaper.

Bahan wallpaper yang bersifat anti-air ini sangat ampuh dalam mengatasi rembesan air pada dinding yang mengakibatkan tumbuhnya jamur. Selain itu, wallpaper juga akan semakin mempercantik tampilan rumah Anda dengan desainnya yang beraneka ragam.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi tembok rumah yang lembab. Tentunya tempat tinggal yang nyaman merupakan impian semua orang. Salah satu kriteria tempat tinggal yang nyaman dalam konteks ini adalah terhindarnya tembok rumah Anda dari kelembapan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi