Komponen Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik Agar Perjalanan Nyaman

| 08 Apr 2023 08:21
Komponen Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik Agar Perjalanan Nyaman
Komponen mobil yang wajib dicek sebelum mudik (unsplash)

ERA.id - Mudik atau perjalanan jauh dengan mobil saat Lebaran menjadi tradisi yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, ada beberapa komponen mobil yang wajib dicek sebelum mudik, apa saja?

Beberapa komponen mobil perlu diperiksa dan dipastikan dalam kondisi yang baik agar perjalanan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Berikut ini adalah beberapa komponen mobil untuk mudik lebaran yang wajib diperiksa.

Komponen Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Mudik

  1. Kondisi Ban

Ban menjadi komponen penting yang harus diperiksa sebelum perjalanan jauh dengan mobil. Pastikan ban dalam keadaan yang baik, tidak kurang angin, tidak bocor, dan tidak ada retak atau sobek pada permukaannya. Selain itu, periksa juga keadaan tapak ban dan pastikan tidak terdapat benda asing seperti batu atau paku yang menempel.

  1. Rem

Rem menjadi bagian yang sangat penting dalam kendaraan bermotor, termasuk mobil. Pastikan sistem rem dalam kondisi yang baik, tidak berbunyi atau terdengar berisik saat ditekan pedal rem. Selain itu, pastikan juga cairan rem dalam kondisi yang cukup dan tidak terlalu rendah.

  1. Sistem Kelistrikan

    Sistem Kelistrikan pastikan bagus, cek lampu-lampu mobil (unsplash)

Periksa semua lampu kendaraan, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan lampu sein.

Pastikan semua lampu dalam keadaan baik dan berfungsi dengan baik. Selain itu, periksa juga kabel-kabel kelistrikan dan pastikan tidak ada kabel yang terkelupas atau rusak.

  1. Kondisi Mesin

    pastikan mesin mobil dalam keadaan prima (unsplash)

Pastikan mesin mobil dalam kondisi yang baik dan sehat. Cek level oli mesin dan pastikan tidak terlalu rendah. Selain itu, periksa juga kondisi air radiator, dan pastikan tidak kurang dan tidak bocor. Pastikan juga selang-selang dan belt dalam keadaan baik dan tidak rusak.

  1. AC Mobil

AC mobil menjadi komponen penting yang harus diperiksa sebelum mudik, terutama jika perjalanan akan melewati daerah yang panas. Pastikan AC mobil dalam kondisi baik dan mampu mendinginkan kabin mobil dengan baik.

  1. Suspensi

Suspensi menjadi komponen penting yang harus diperiksa sebelum mudik. Pastikan suspensi dalam keadaan yang baik, tidak ada suara berisik saat mobil melewati jalan bergelombang atau berlubang. Selain itu, pastikan juga karet-karet suspensi tidak ada yang rusak atau sobek.

  1. Kaca Mobil

Periksa semua kaca mobil, termasuk kaca depan, kaca belakang, dan kaca samping. Pastikan tidak ada keretakan atau retak pada kaca, dan pastikan juga wiper mobil berfungsi dengan baik.

  1. Fuel System

Pastikan bahan bakar dalam tangki cukup untuk perjalanan jauh, terutama jika perjalanan melewati area yang jarang terdapat pom bensin. Selain itu, pastikan juga filter bahan bakar tidak kotor dan periksa selang-selang bahan bakar untuk memastikan tidak ada kebocoran.

  1. Kaki-kaki

Periksa suspensi dan pegas belakang untuk memastikan mobil dalam keadaan stabil. Periksa juga per kondisi per keping rem dan pastikan tidak aus.

  1. Sistem Pendingin

Pastikan sistem pendingin mobil bekerja dengan baik, radiator tidak bocor, kipas radiator berfungsi dengan baik, dan tidak ada kerak atau kotoran yang menempel pada bagian dalam sistem pendingin.

  1. Kabel Busi dan Distributor

Periksa kabel busi dan distributor, pastikan tidak ada yang kendor atau rusak. Cek juga timing ignition dan pastikan dalam kondisi yang tepat.

  1. Sistem Pengapian

Pastikan sistem pengapian dalam keadaan baik, cek tegangan baterai dan pastikan tidak terlalu rendah. Jika perlu, ganti baterai yang sudah aus.

  1. AC Mobil

Pastikan AC mobil dalam kondisi baik dan mampu mendinginkan kabin mobil dengan baik. Jika perlu, lakukan servis AC mobil agar dapat berfungsi dengan optimal.

  1. Sistem Kemudi

Pastikan sistem kemudi mobil dalam kondisi baik, pastikan roda mobil tidak terlalu longgar dan periksa juga keadaan tie rod end dan ball joint.

  1. Wiper Blade

Pastikan karet wiper blade dalam kondisi baik dan tidak ada yang sobek atau rusak. Ganti jika perlu agar dapat membersihkan kaca mobil dengan baik saat hujan.

Itulah beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa sebelum mudik. Pastikan mobil dalam kondisi yang baik dan sehat untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa perlengkapan darurat seperti ban serep, dongkrak, obeng, dan segitiga pengaman mobil. Selamat mudik dan selamat sampai tujuan.

Selain komponen mobil yang wajib dicek sebelum mudik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi