Sebelum Diambil, Pahami 6 Tips Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran Berikut Ini

| 06 Apr 2023 06:15
Sebelum Diambil, Pahami 6 Tips Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran Berikut Ini
Ilustrasi mobil untuk mudik Lebaran (pexels)

ERA.id - Lebaran tidak lama lagi, berarti waktu untuk mudik juga semakin dekat. Ada baiknya mudik dilakukan dengan kendaraan umum. Namun, jika ingin menyewa mobil, sebaiknya Anda tahu tips sewa mobil untuk mudik Lebaran agar tidak terjadi kendala.

Mudik melibatkan manusia dalam jumlah yang sangat besar. Kemacetan adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Oleh sebab itu, persiapan perlu dilakukan dengan baik, apalagi jika mudik dilakukan dengan mobil sewaan. Dikutip Era.id dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tips Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran

·         Waktu pemesanan

Usahakan agar pemesanan mobil dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Setidaknya, Anda bisa melakukan pemesanan sejak dua minggu atau paling singkat satu minggu sebelum berangkat.

Ini adalah hal yang penting sebab saat Lebaran permintaan sewa mobil meningkat. Jjika Anda tidak segera memesan, Anda mungkin tidak akan mendapatkan mobil.

·         Pembandingan harga

Sebelum memutuskan untuk menyewa, pastikan Anda tahu harga pasaran penyewaan mobil saat Lebaran. Masing-masing tempat penyewaan bisa memiliki harga yang berbeda-beda sehingga Anda bisa mencari tempat yang paling menguntungkan.

Pastikan pembandingan harga disertai dengan penggalian informasi jenis mobil dan layanan yang diberikan. Dikhawatirkan, Anda memilih tempat penyewaan yang murah, tetapi ternyata mobil yang diberikan tidak seperti yang diharapkan, atau bahkan tidak layak untuk perjalanan jarak jauh.

·         Jenis mobil yang tepat

Ini berkaitan dengan harga. Anda harus tahu dan bisa memilih mobil yang tepat untuk digunakan mudik. Salah satu hal yang paling mudah adalah soal kapasitas, baik jumlah tempat duduk maupun ruang untuk menaruh barang.

Beberapa jenis mobil yang cocok diambil untuk perjalanan mudik berbanyak adalah SUV (sport utility vehicle), MPV (multi purpose vehicle), atau jenis van. Meski demikian, disarankan untuk tidak terlalu memenuhi mobil sebab hal tersebut tidak hanya berkaitan dengan kenyamanan, tetapi juga keamanan.

Pertimbangan yang lain adalah kemampuan dari mobil tersebut. Jika Anda mau mudik ke tempat dengan trek yang cukup berat, pastikan mobil yang Anda pilih punya kemampuan untuk menundukkan trek tersebut.

·         Kondisi mobil

Ilustrasi pengecekan kondisi mobil (pexels)

Ini kadang tak diperhatikan oleh penyewa mobil karena terburu-buru percaya bahwa mobil yang disewa sudah dalam kondisi prima. Jika Anda ingin menyewa mobil untuk mudik, Anda harus memastikan performa mobil dan kondisinya karena akan digunakan untuk perjalanan jauh.

Anda bisa meminta izin kepada pihak penyewa untuk mengecek beberapa hal penting, seperti mesin, fitur mobil, ban, suspensi, pengereman, dan lain sebainya. Pastikan semua hal utama berada dalam kondisi prima sehingga perjalanan mudik bisa dilakukan dengan aman.

Jika Anda kurang memahami kondisi mobil, Anda bisa mengajak teman yang lebih paham. Kemudian, Anda bisa meminta izin kepada penyewa untuk melakukan test drive.

·         Bengkel rekanan dan asuransi

Anda bisa bertanya kepada tempat penyewaan mobil mengenai bengkel yang menjadi rekanan atau mitra atau kenalan dari tempat tersebut. Diharapkan, penyedia jasa penyewaan punya mitra bengkel di daerah yang akan Anda tuju.

Anda juga bisa meminta nomor ponsel dari bengkel tersebut. Dengan demikian, Anda bisa lebih tenang saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Anda juga perlu tahu bahwa mobil yang Anda sewa telah di-cover dengan asuransi agar kecelakaan kecil, misalnya terserempet, tidak menggangu perjalanan Anda.

·         Durasi sewa dan denda

Anda sebaiknya memastikan perihal biaya sewa. Berapa lama mobil tersebut bisa dibawa? Kemudian, bagaimana jika Anda terlambat dalam pengembalian?

Hal lain yang perlu diketahui adalah denda atau sanksi. Apa yang harus dilakukan jika ada hal-hal yang terlanggar, misalnya tidak tepat waktu. Kemudian, apa yang harus dilakukan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, kerusakan mesin sehingga Anda harus mengeluarkan uang perbaikan, terdapat goresan kecil pada bodi mobil, atau hal-hal yang lainnya.

Itulah berbagai tips sewa mobil untuk Lebaran yang perlu Anda ketahui. Semoga perjalanan Anda lancar dan sampai di tujuan dengan selamat. 

Rekomendasi