Tips Mengelola Uang THR Lebaran dengan Cermat, Simak Poin-poinnya!

| 12 Apr 2023 18:20
Tips Mengelola Uang THR Lebaran dengan Cermat, Simak Poin-poinnya!
Ilustrasi uang THR (Irfan Meidianto/VOI)

ERA.id - Selain berkumpul dengan keluarga dan kerabat terdekat, hal yang paling dinantikan saat hari Lebaran tiba adalah penerimaan uang Tunjangan Hari Raya atau THR. Saat Anda menerima uang THR, bisa jadi ingin sekali membelanjakannya dengan segera. Namun, tentunya penggunaan uang THR harus tetap dibatasi agar tidak boros dan menghindari penggunaan uang untuk barang-barang yang tidak diperlukan. Dengan demikian, Anda perlu memahami tips mengelola uang THR Lebaran. Simak penjelasannya di bawah ini.

Ilustrasi uang baru (Foto: Istimewa)

Tips Mengelola Uang THR Lebaran

Agar uang THR Anda tidak terpakai secara sia-sia dan tetap bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, Anda dapat menerapkan beberapa tips mengelola uang THR Lebaran berikut.

Sisihkan untuk Berbagi dengan Keluarga

Jika kewajiban dan alokasi dana THR Anda sudah terpenuhi, maka uang THR Anda bisa digunakan untuk berbagi bersama sanak saudara. Nominalnya dapat disesuaikan dengan kemampuan pembayaran, asalkan sanak saudara bisa menerima pemberian Anda secara merata.

Sisihkan Uang untuk Ditabung

Tips mengelola uang THR berikutnya yaitu memisahkan uang untuk ditabung. Dengan demikian, uang THR bisa Anda gunakan untuk menambah jumlah tabungan Anda. Sisihkan sejumlah uang THR yang didapatkan ke dalam rekening tabungan. Uang THR untuk tabungan ini tentunya sangat berguna di hari depan jika Anda pandai dalam mengelolanya.

Menyiapkan Uang untuk Zakat

Membayar zakat fitrah adalah kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam ketika bulan Ramadan. Dengan demikian, Anda harus memanfaatkan uang THR atau dana yang Anda miliki untuk menunaikan kewajiban ini. Aturan zakat mal yaitu memberikan uang tunai sesuai nominal harga bahan pokok makanan, beras atau gandum, sebanyak 2,5 kg kepada mustahik atau badan pengurus zakat yang ditunjuk di lingkungan Anda.

THR untuk Karyawan

Tips mengelola uang THR selanjutnya adalah menyediakan uang THR untuk karyawan. Jika Anda mempunyai asisten rumah tangga atau supir di rumah, Anda dapat menyiapkan uang THR untuk mereka. Sebab, jatah uang THR yang diberikan untuk mereka sangatlah bermanfaat, terlebih jika mereka hendak mudik atau pulang kampung.

Dana Darurat

Menyisihkan uang THR untuk dana darurat adalah tips mengelola uang THR yang harus dilakukan. Anda dapat menyisihkan uang THR untuk menambah simpanan dana darurat. Tentunya Anda mengerti, bahwa kebutuhan mendadak bisa terjadi kapan saja, dengan biaya yang tidak bisa diprediksi. Oleh sebab itu, Anda harus siap mengeluarkan dana untuk keperluan darurat.

Menentukan Rencana Pengeluaran

Menentukan perencanaan pengeluaran adalah salah satu tips mengelola uang THR yang sangat berguna. Manfaatkan THR dengan bijak dengan cara tidak menghabiskan uang THR seluruhnya. Mulailah merancang anggaran pengeluaran terlebih dahulu. Tentukan pengeluaran yang diprioritaskan hingga pengeluaran yang dapat Anda kurangi.

Berbagi kepada yang Membutuhkan

Anda juga dapat mengelola uang THR dengan cara menggunakannya untuk berbagi. Bisa jadi cara ini tidak terdengar seperti tips mengelola uang THR yang baik, tapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk membantu orang yang juga membutuhkan uang di sekitar Anda. Dengan berbagi dan membantu orang yang kurang mampu, uang THR akan bermanfaat untuk hal yang bermakna bagi orang lain.

Demikianlah penjelasan mengenai tips mengelola uang THR Lebaran dengan tepat. Setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah bisa merencanakan hal terbaik yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi