Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Selama Bulan Puasa Ala Kreator TikTok

| 25 Apr 2021 18:05
Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Selama Bulan Puasa Ala Kreator TikTok
Sally Tanudjaja (@sallytanudjaja)

ERA.id - Saat menjalani bulan puasa yang harus menahan lapar dan haus, banyak yang akhirnya mengurungkan niat untuk berolahraga karena takut merasa lebih lelah. Ada juga yang selama menjalankan ibadah puasa, tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga. 

TikTok, platform distribusi video singkat, memberikan wadah bagi sejumlah kreator yang merupakan profesional di bidang olahraga dan juga kesehatan untuk berbagi tips seputar kebugaran tubuh di bulan Ramadan. Apa saja sih? Berikut tips menjaga kesehatan dan kebugaran selama bulan puasa dari creator berdasarkan rilis dari TikTok yang diterima Era.id.

1. Pilih waktu olahraga yang tepat

Sally Tanudjaja (@sallytanudjaja)

Kreator Sally Tanudjaja (@sallytanudjaja) yang juga seorang ahli gizi menyarankan untuk memilih waktu olahraga yang bisa menghindari kita dari dehidrasi cairan. Oleh karena itulah, malam hari setelah buka puasa, adalah waktu yang sangat disarankan untuk berolahraga. Jika ingin berolahraga sebelum jam buka puasa, sebaiknya di sore hari dan memilih olahraga berintensitas rendah. Tapi yang terpenting, jangan lupa asupan cairan juga harus terpenuhi dengan mengkonsumsi air mineral minimal 2 liter sehari.

2. Gerakan yang mudah dilakukan di rumah

Gilang Seiya (@gilangseiya)

Olahraga di saat bulan puasa tidak perlu yang terlalu berat, cukup dengan yang intensitas ringan hingga menengah, sudah cukup bagus untuk menjaga kebugaran tubuh. Kreator Gilang Seiya (@gilangseiya) yang seorang instruktur olahraga memperlihatkan gerakan olahraga yang bisa dilakukan selama bulan puasa, dan ternyata cukup mudah lho!

3. Mengatur asupan makanan

Riani Yoga (@rianayoga)

Menu makanan saat buka dan sahur juga mempengaruhi tingkat kebugaran kita selama puasa. Kreator Riani Yoga (@rianayoga) yang seorang pelatih yoga membagikan beberapa tips mengenai asupan gizi yang harus ada di setiap sahur dan buka puasa. Ternyata mengonsumsi karbohidrat saat sahur tetap perlu untuk memberikan tenaga, dan memperkaya protein saat buka juga dapat membangkitkan kembali energi tubuh.

Rekomendasi