Tips Minum Kopi untuk Penderita Asam Lambung yang Aman

| 19 Apr 2023 04:05
Tips Minum Kopi untuk Penderita Asam Lambung yang Aman
Ilustrasi penderita asam lambung (Foto: ANTARA)

ERA.id - Meskipun mengonsumsi kopi di pagi hari merupakan salah satu cara terbaik untuk memulai aktivitas, namun kopi juga sudah banyak diketahui sebagai pantangan untuk para penderita penyakit asam lambung (GERD) maupun maag. Hal ini dikarenakan oleh kandungan kafein dan asam yang cukup tinggi di dalam kopi. Lalu, bagaimana tips minum kopi untuk penderita asam lambung yang aman?

Melansir Halodoc, penderita maag sebenarnya masih diperbolehkan minum kopi. Namun, hal yang harus digarisbawahi tentunya adalah tidak mengonsumsinya dengan berlebihan. Ada beberapa aturan serta batasan yang harus dilakukan setiap penderita maag jika tetap ingin menikmati minuman kopi. Untuk lebih lanjut, simak tips lebih lanjut di bawah ini.

Dengan cara mengatur porsi

Sebagai seorang penderita maag, Anda harus menyadari bahwa kemampuan Anda minum kopi tidak dapat disamakan dengan orang yang tidak memiliki riwayat penyakit serupa. Asupan kafein yang terlalu berlebih dapat memperparah gejala maag Anda. Akibatnya, Anda tidak dapat beraktivitas dengan nyaman karena nyeri yang meremas perut Anda.

Penderita maag sebenarnya diperbolehkan minum kopi di pagi hari. Namun, pastikan kondisi perut tidak boleh dalam keadaan kosong. Selain itu, dokter juga memberi saran batas aman dalam minum kopi setiap harinya, yaitu maksimal sebanyak satu gelas aja.

Pilih kopi yang difermentasi ganda

Selain faktor-faktor yang disebutkan di atas, teknik fermentasi juga dapat memengaruhi pemilihan kopi agar lebih aman buat asam lambung. Sebaiknya pilihlah biji kopi yang difermentasi lebih dari sekali. Tahukah Anda, teknik fermentasi ganda ternyata dapat menghasilkan kopi yang lebih nyaman bagi perut Anda.

Pilih biji kopi dengan roasting-an dark

Pemilihan kopi yang tepat juga memberikan pengaruh terhadap naiknya asam lambung. Khusus bagi penderita maag, Anda perlu memahami bahwa biji kopi dark roast (dark roast coffee) merupakan biji kopi yang dipanggang pada suhu tinggi dan lebih lama. Jenis biji kopi ini lebih cocok bagi penderita maag ketimbang jenis kopi light roast. Penyebabnya, dark roast coffee mempunyai kandungan kafein yang lebih rendah. Lantas, bagaimana cara mengetahui biji kopi dark roast? Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri kopi dark roast yang dapat Anda amati:

  • Biji kopinya berwarna sangat gelap.
  • Saat diseduh, aroma dan rasa hangus lebih kuat.
  • Biasanya dicampurkan dengan susu, seperti pada menu cappuccino atau latte.
  • Pilih biji kopi dengan tingkat keasaman rendah

Cara minum kopi selanjutnya yaitu dengan memperhatikan tingkat keasaman kopi. Agar lebih aman untuk asam lambung, Anda perlu memilih biji kopi yang memiliki kadar asam rendah. Jenis kopi yang terkenal dengan tingkat keasaman rendah yaitu Kopi Arabika.

Menambahkan susu dalam kopi

Ilustrasi kopi susu (Pixabay)

Menambahkan susu pada kopi sering dijadikan pilihan orang yang tidak suka rasa pahit. Di sisi lain, mereka tetap ingin merasakan nikmatnya kopi. Nah, minum kopi dengan campuran susu juga bisa membantu menurunkan kandungan kafein daripada kopi hitam biasa, dengan demikian perut Anda akan relatif lebih aman.

Cara minum kopi yang sudah dijelaskan di atas dapat Anda pertimbangkan agar lebih aman untuk asam lambung. Namun, hal yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi lambung tiap orang berbeda-beda. Dengan demikian, akan lebih aman jika Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal yang paham dengan keluhan dan kondisi lambung Anda.

Coba produk cold brew

Teknik penyeduhan kopi ternyata juga menjadi parameter dalam cara minum kopi yang lebih aman buat asam lambung. Upayakan Anda memilih bubuk kopi yang direndam selama delapan jam. Teknik penyeduhan ini bermanfaat untuk mengurangi kadar kafein dan asam pada kopi.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi