Tips Menyimpan Sayur Agar Tahan Lama, Ibu-ibu Harus Tahu

| 05 May 2023 17:20
Tips Menyimpan Sayur Agar Tahan Lama, Ibu-ibu Harus Tahu
Ilustrasi sayur (Pixabay)

ERA.id - Sayuran merupakan bahan makanan yang menyehatkan dan memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Namun jika Anda salah meyimpannya, sayuran akan lebih mudah busuk. Agar kondisi sayur tetap baik, maka Anda harus memahami cara menyimpan sayur di kulkas agar awet dan tetap segar. Lantas bagaimana tips menyimpan sayur agar tahan lama?

Pada umumnya sayuran memiliki kadar air yang cukup tinggi di dalamnya, oleh sebab itu, bila menyimpannya terlalu lama di dalam kulkas dan tidak menggunakan cara yang benar dapat mengakibatkan sayuran cepat membusuk dan rusak.

Ilustrasi menyimpan sayur agar tahan lama (Pixabay)

Agar terhindar dari hal tersebut, ada beberapa cara menyimpan sayuran di dalam kulkas yang harus diketahui. Tujuannya agar sayuran yang sudah dibeli dapat bertahan lebih lama dan kualitasnya tidak menurun karena ditaruh dengan sembarangan. Simak beberapa cara menyimpan sayuran di kulkas di bawah ini:

1. Sortir Sayuran sebelum Disimpan

Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet yaitu dengan memilah sayuran yang dibeli. Jika mendapatkan bagian yang rusak atau mulai menguning, segera potong bagian tersebut dan pisahkan dari sayuran yang masih bagus. Bagian yang rusak dapat menjalar ke area lainnya, sehingga sayuran jadi cepat busuk. Selain itu, perlu juga untuk memisahkan sayuran dengan buah-buahan. Kandungan zat etilen dalam buah dapat mempercepat kematangan sayuran di sekitarnya. Inilah yang membuat sayuran menjadi lebih cepat rusak atau busuk.

2. Buah dan Sayuran Harus Dipisahkan

Bila sering belanja sayuran dan buah-buahan sekaligus, ada baiknya memisahkan keduanya ketika sudah dimasukkan ke dalam kulkas. Hal itu dikarenakan buah-buahan menghasilkan zat etilen yang membuat bahan makanan lain cepat matang. Dalam kasus ini, sayuran akan cepat busuk ketika bercampur dengan buah-buahan karena zat etilen tersebut.

Oleh sebab itu, selalu pisahkan sayuran dan buah-buahan ketika akan dimasukkan bersamaan ke dalam kulkas. Kalau perlu, gunakan plastik berbeda saat akan memasukkan buah dan sayuran sehingga tidak terjadi kontak di dalam kulkas.

3. Cuci Bersih dan Keringkan sebelum Disimpan

Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet selanjutnya adalah cuci terlebih dahulu. Saat anda selesai belanja sayuran, ada baiknya langsung cuci bersih setiap bagiannya memakai air mengalir. Lebih baik lagi jika sayuran dicuci dengan sabun antibakteri. Hal tersebut dilakukan agar semua bakteri di dalam sayuran cepat mati.

4. Usahakan Tidak Memotongnya Terlebih Dahulu

Usahakan untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas dalam bentuk utuh. Beberapa sayuran atau buah dapat menghitam atau oksidasi setelah dipotong dan dimasukkan ke dalam kulkas. Bila memotongnya terlebih dahulu, sayuran dan buah yang disimpan di dalam kulkas lebih cepat kering dan membusuk. Saat menyimpan sayuran hanya perlu memotong bagian akar agar lebih bersih. Apabila terpaksa menyimpan sayuran yang sudah terpotong, letakkan wadah di area freezer.

Demikianlah tips menyimpan sayur agar tahan lama, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi